Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

5 Menu Sarapan Pagi Terbaik Sebelum Vaksinasi

April 1, 20203 min readHealthy Foodie

Program vaksinasi COVID-19 sudah makin masif dilaksanakan. Nakes, lansia 60 tahun ke atas, tenaga pendidik, pedagang pasar, hingga pekerja media tercatat sebagai kelompok prioritas penerima vaksin. Nah, buat kalian yang dijadwalkan akan menerima vaksinasi dalam waktu dekat, jangan lupa persiapkan diri dengan makan menu sarapan pagi sehat sebelumnya, ya!

Ya, prosedur vaksinasi ini memang gak boleh asal. Untuk menghindari efek samping yang gak diinginkan, seseorang yang akan menjalani vaksinasi wajib dalam keadaan yang sehat supaya antibodi bisa melawan virus dengan baik. Jadi, tujuan vaksinasi pun bisa tercapai.

Ini dia hal-hal penting yang wajib diperhatikan sebelum menjalani vaksinasi COVID-19:

  • Pastikan perut tidak dalam keadaan kosong, yakni dengan mengonsumsi menu sarapan sehat
  • Kondisi tubuh prima. Gak sedang mengantuk atau lelah berlebihan
  • Tidak begadang pada malam sebelumnya

Daftar Menu Sarapan Pagi yang Bagus Dikonsumsi Sebelum Vaksinasi

Gak sedikit penerima vaksinasi yang mengalami efek samping tertentu seperti lemas, pusing berat, bahkan sampai pingsan karena tidak mempersiapkan diri dengan baik sebelumnya, lho. Selain begadang, kebanyakan dari mereka ternyata gak mendapat sarapan pagi yang proper. Alhasil tubuh jadi kekurangan nutrisi hingga muncul reaksi yang gak diinginkan.

Tidak mau hal yang sama terjadi pada kalian, kan? Jangan lupa siapkan fisik dan mental seprima mungkin ya. Buat yang masih bingung menentukan menu sarapan pagi sehat sebelum vaksinasi, rekomendasi berikut bisa banget lho dijadikan referensi.

  1. Sandwich gandum utuh

Sandwich bisa jadi pilihan menu sarapan pagi yang sehat sebelum melakukan vaksinasi. Selain mengenyangkan, sandwich juga mengandung nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Biar gizinya makin komplet, kalian bisa menggunakan roti gandum utuh ya. Tambahkan juga keju, tomat, selada, serta telur dadar biar sarapanmu makin nikmat.

  1. Oatmeal

Gak terbiasa sarapan pagi dengan nasi? Tenang... Kalian bisa coba alternatif menu sarapan pagi yang tak kalah bergizi dan menambah stamina, yaitu oatmeal. Oatmeal punya segudang manfaat kesehatan yang bagus banget untuk tubuh, mulai dari menurunkan kolesterol, menstabilkan gula darah, hingga melancarkan sistem pencernaan.

Oatmeal juga bisa dimakan langsung dengan tambahan buah-buahan, madu, atau cokelat. Kalau bosan dengan sajian oatmeal yang itu-itu saja, kalian bisa kok mengonsumsinya dalam bentuk smoothies atau pancake. Coba cari resep praktisnya di internet ya!

  1. Telur Rebus

Telur gak cuma lezat, tapi juga bagus dijadikan menu sarapan pagi sebelum vaksinasi. Buat kalian yang sedang pantang makan nasi, telur rebus bisa dijadikan pilihan sarapan sehat karena kalorinya yang gak terlalu tinggi.

Telur mengandung beragam nutrisi penting yang dapat menjaga kesehatan otak dan hati. Nah, konsumsi telur rebus sebagai sarapan akan membuat kalian kenyang lebih lama. Biar rasanya gak terlalu plain, kalian boleh kok menambahkan bumbu siram seperti salad dressing atau yang lainnya.

  1. Orak-Arik Tahu

Nah, kalau kalian lagi coba menerapkan vegan diet, orak-arik tahu bisa banget nih dijadikan pilihan menu sarapan pagi sebelum melakukan vaksinasi. Kandungan protein di dalamnya gak cuma bikin kamu kenyang, tapi juga prima seharian.

Supaya makin lezat, jangan lupa tambahkan sayur favoritmu ya! Kalian juga bisa menggunakan beras merah atau oatmeal sebagai pendamping orak-arik tahu menggantikan nasi putih.

  1. Jus Buah atau Smoothies

Siapa suka jus buah? Menu sehat yang satu ini ternyata juga bagus dikonsumsi sebagai sarapan pagi sebelum berangkat vaksin, lho. Pilih buah-buahan yang kalian sukai. Agar manfaatnya makin terasa, jangan lupa tambahkan yogurt rendah lemak, ya. Dijamin tubuh akan sehat dan kuat seharian.

Mengonsumsi sarapan pagi sehat adalah bagian penting yang gak boleh dilewatkan sebelum vaksinasi. Nah, dari kelima pilihan di atas, mana sih yang paling kalian sukai?

Related Articles

Connect with Nibble