Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

8 Jenis Udang Favorit Asli Perairan Indonesia

August 3, 20214 min readFood

Perairan Indonesia menyimpan banyak sekali jenis udang yang lezat dan bergizi. Selain enak, udang juga gampang diolah jadi bermacam menu, bisa dengan digoreng, dibakar, atau sekadar dikukus.

Tinggal pilih menu favorit kalian, ada udang asam manis, udang bakar saus mentega, isian dimsum, atau dalam nasi goreng seafood. Gak cuma jadi menu masakan, udang juga bisa dijadikan bahan tambahan dalam makanan lain, seperti kerupuk, bakwan, atau terasi dan petis.

Jenis Udang Favorit di Perairan Indonesia

Sebagai negara yang punya perairan luas, patut disyukuri karena Indonesia banyak sumber daya jenis udang yang tersedia. Berikut ini 8 di antaranya jenis udang favorit yang bisa kalian temukan, dirangkum dari Liputan 6.

1.      Udang Galah

Udang ini merupakan yang salah satu yang paling gampang dikenali, sebab punya ciri khas berupa ukuran capit yang sangat panjang hingga melebihi panjang tubuhnya sendiri. Uniknya capit pada udang galah jantan ukurannya gak seimbang, yakni bagian kirinya yang lebih besar.

source: akuatik.id

Semasa hidup, udang galah akan tinggal di dua jenis perairan yang berbeda. Yakni di perairan payau saat masih larva dan remaja, lalu pindah ke air tawar saat sudah dewasa. Tersebar cukup luas di hampir seluruh perairan tawar dan payau Indonesia, itulah mengapa binatang ini juga mudah ditemukan di pasaran.

2.      Jenis Udang Vaname

Jenis vaname atau whiteleg merupakan salah satu spesies udang laut yang cukup mahal, tapi termasuk paling laris di pasaran. Ciri khas udang ini ada pada warna putih dengan corak agak kebiru-biruan. Keunggulan vaname ada di dagingnya yang terkenal empuk dan gurih lezat. Makanya ia cocok diolah menjadi berbagai macam masakan, seperti digoreng, balado, bakar, atau berkuah.

source: istockphoto

Vaname juga dikenal dengan nama lain udang raja atau udang putih Pasifik. Proses budidayanya juga relatif cepat dan dapat dilakukan secara mandiri di tambak atau kolam.

3.      Udang Pancet atau Windu

Sebelum booming budidaya vaname di Indonesia, para peternak tambak lebih dahulu mengenal budidaya udang pancet atau juga dikenal sebagai udang windu. Ciri khasnya ada di kulitnya yang tebal dan keras dengan warna hijau atau merah serta garis melintang agak gelap. Oleh karena motifnya itu, udang windu juga sering disebut tiger shrimp.

source: istockphoto

Dagingnya sangat enak dimasak dan sering diolah menjadi tempura udang. Sedangkan ukuran yang lebih besar bisa diolah dengan cara dibakar madu, disate, atau dimasak kuah kari.

4.      Jenis Udang Jerbung

Jerbung sering juga dikenal sebagai udang putih sesuai warnanya yang putih kekuningan dengan kulit tipis licin. Panjang tubuh udang jerbung bisa mencapai 20,32 cm. Indonesia sendiri merupakan penghasil udang jerbung terbesar di dunia. Makanya jenis inilah yang sering kita jumpai di pasar. Udang ini bisa cocok dijadikan beragam masakan yang kalian sukai.

source: mongabay

5.      Udang Peci

Udang peci adalah jenis udang laut yang merupakan varian lain udang jerbung. Fisiknya biasanya berwarna putih, tapi lebih gelap daripada jerbung dengan ciri bintik hitam. Ciri khas lainnya ada di ukuran tubuhnya yang cukup kecil jadi mudah ditangkap. Ia cocok diolah jadi bakwan udang, peyek, dan digoreng tepung dengan macam saus.

source: blibli

6.      Udang Dogol

Pink Shrimp adalah nama lain dari udang dogol. Ya itu karena warna tubuhnya yang cenderung merah muda agak kekuningan. Mirip seperti udang peci, ukurannya yang gak begitu besar cukup enak diolah jadi beragam masakan. Kalian bisa mengolahnya jadi bakwan, peyek, atau goreng tepung. Kadang ada juga yang menjadikannya pelengkap menu salad.

source: shopee

7.      Udang Kipas

Selain kipas, nama lain udang ini juga sering disebut sebagai udang sikat. Sekilas sih tampilan fisiknya mirip lobster tapi ukurannya gak begitu besar. Dibandingkan dengan lobster, kulit udang sikat lebih lunak, namun tetap keras dan agak kasar.

Daging di dalamnya sangat lezat untuk diolah jadi beragam menu terutama yang bersaus. Kalian bisa menemukan udang kipas yang diolah dalam menu saus balado, saus padang, atau asam manis.

source: shopee

8.      Lobster

Meskipun punya ukuran besar dengan kulit keras, lobster tetap termasuk jenis udang-udangan. Bahkan ia terkenal sangat mahal dan jadi primadona perairan Indonesia. Ukuran terbesarnya bisa mencapai hingga 2 kilogram. Harganya cukup mahal apalagi kalau kalian membelinya di restoran bintang lima.

source: pixabay

Lobster memang terkenal sebagai makanan mewah yang bisa diolah jadi beragam menu. Saking lezatnya, ia bisa cukup diolah dengan direbus, kemudian diberi air lemon atau daun peterseli. Untuk masakan Indonesia, bisa dibuat lobster saus tiram, asam manis, dan udang lobster bakar.

Itu dia 8 jenis udang yang jadi kekayaan perairan Indonesia. Kalau favorit kalian yang mana nih?

Related Articles

Connect with Nibble