Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

Ternyata Ini lho 5 Makanan Paling Sehat di Bumi

July 15, 20213 min readHealthy Foodie

Dari jutaan jenis makanan yang ada di Bumi, bisakah kamu menyebutkan lima saja yang termasuk makanan paling sehat? Banyaknya makanan yang diklaim sehat membuat kita jadi ragu soal hal itu. Padahal mudah saja, kamu hanya perlu cari tahu mengenai kandungan nutrisi dan efeknya bagi tubuh. Coba lihat daftar berikut, kira-kira makanan favoritmu masuk sebagai makanan sehat nggak ya?

1.      Bayam

Photo source: Pixabay

Bayam bisa dibilang sebagai salah satu superfood. Daun berwarna hijau ini mengandung asam folat, vitamin K, vitamin A, vitamin C, dan zat besi. Kandungan tersebut membuatnya baik untuk kesehatan tulang, mata, dan daya tahan tubuh.

Sayuran ini juga sangat mudah untuk dikonsumsi dengan berbagai cara. Kamu bisa membuatnya jadi minuman rendah kalori, sayur kuah bening, ditumis, bahkan direbus saja pun rasanya tetap enak. Sebaiknya, jangan memasak bayam terlalu matang agar tidak kehilangan nutrisinya.

2.      Pisang

Pisang merupakan buah yang nikmat diolah atau dimakan begitu saja. Kandungan kaliumnya yang tinggi menjadikan buah ini baik untuk memelihara saraf dan menjaga kandungan air dalam tubuh.

Photo source: Pixabay

Pisang juga mengandung vitamin C, vitamin B6, karbohidrat, kalsium, magnesium, fosfor, karoten, folat, dan asam amino yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral tersebut. Kamu bisa memakan langsung pisang atau membuatnya menjadi segelas smoothies yang lezat.

Untuk yang memiliki toleransi rendah terhadap susu, mengganti asupan dengan pisang dan ditambah dengan sumber kalsium dan protein lain bisa jadi solusi. Pastikan kamu memilih pisang yang matang agar rasanya lebih enak, ya!

3.      Bawang Putih

Beruntungnya kita tinggal di negara yang sudah lama mengenal bawang putih sebagai bumbu masakan dan obat tradisional. Bawang putih memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang sangat cocok dikonsumsi saat kamu merasa badan mulai nggak enak.

Photo source: Pixabay

Khasiat bawang putih baru akan keluar ketika dihancurkan seperti ditumbuk atau diiris kecil-kecil. Meski sudah cukup dengan menggunakannya di bahan masakan, kamu juga boleh memakannya langsung kalau kamu tahan dengan rasanya yang sedikit getir dan beraroma kencang.

4.      Telur

Benarkah telur setiap hari menambah kolesterol? Tidak menurut Healthline. Telur mengandung protein yang baik untuk tubuh. Makanan yang mudah ditambahkan ke berbagai masakan ini juga memiliki antioksidan, omega-3, dan asam amino yang sangat baik untuk tubuh—bahkan berperan dalam mengurangi risiko kanker dan stroke.

Photo source: Pixabay

Untuk menghindari kolesterol dari minyak dan bahan lain, cara terbaik untuk memasaknya adalah dengan cara direbus atau dibuat menjadi poached eggs, yaitu direbus singkat setelah dikeluarkan dari cangkangnya.

5.      Dark Chocolate

Pasti banyak yang senang nih kalau tahu cokelat masuk ke dalam daftar makanan paling sehat. Eits, tunggu dulu. Cokelat yang dianggap sehat adalah cokelat pahit atau dark chocolate yang tidak ditambah dengan gula atau susu sama sekali.

Photo source: Pixabay

Cokelat pahit memiliki kandungan antioksidan yang berperan dalam pencegahan penuaan dini, kanker, dan menyuburkan rambut. Cokelat jenis ini juga bisa mengurangi hormon stress dengan cara menghasilkan endorfin dan serotonin yang menambah perasaan bahagia dan tenang. Kamu bisa melihat di kemasan cokelat, biasanya dark chocolate memiliki setidaknya 70% kandungan kakao.

Kelima makanan di atas mungkin hanya sedikit contoh dari makanan paling sehat yang ada di dunia. Tapi ingat, kamu juga harus memakannya dengan cara yang sehat. Sehatnya pisang mungkin akan tertutup kalau kamu memakannya dengan taburan cokelat dan gula. Jadi Nibblers, pastikan kamu mengolahnya dengan benar, ya!

Related Articles

Connect with Nibble