Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pexels

Telur Omega 3: Apa Bedanya Sama Telur Biasa?

July 5, 20214 min readFood

Kalian mungkin sudah akrab dengan istilah telur omega 3 saat berbelanja di pasar atau supermarket. Kalau diperhatikan, harga jual telur ber-omega ini jauh lebih mahal dibanding telur ayam biasa pada umumnya. Nah, apasih emangnya yang bikin harganya jadi lebih mahal tersebut? Dan apasih manfaat dan kandungan spesial dari omega 3 di dalam telur ayam tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Telur Ayam Omega 3

source: pexels

Menurut Prof. Dr. Ir. Niken Ulupi, MS., yang dilansir dari Kompas, komponen pada kuning telur pada umumnya adalah protein, lemak, vitamin, dan mineral yang tinggi. Selain itu terdapat juga asam lemak di bagian kuning telurnya. Asam lemak ada yang jahat dan yang baik, salah satunya adalah Omega 3.

Dilansir juga dari Healthline, secara sederhana telur omega 3 merupakan telur ayam konvensional yang mengandung lebih banyak asam lemak omega 3 di dalamnya. Asam lemak tersebut bisa diusahakan dari aspek pemberian makan pada ternak ayam petelur tersebut.

Secara alamiah,sebetulnya pada kuning telur juga sudah mengandung asam lemak ini. Tetapi jumlah kadarnya nggak begitu tinggi, sehingga belum bisa dikategorikan sebagai sumber makanan tinggi omega 3 seperti pada ikan salmon contohnya. Oleh karena itu, para peternak dan produsen telur ayam menyiasati hal tersebut dengan teknologi rekayasa pakan ternak.

Ayam-ayam petelur di peternakan juga secara rutin diberi pakan yang diperkaya suplemen omega 3. Sehingga kandungan asam lemak tersebut akan terserap di tubuh ayam dan juga pada telur yang dihasilkannya. Oleh karena itulah, harga jualnya lebih mahal dari telur biasa.

Apa Manfaat dari Telur Ayam Omega 3

source: pexels

Omega 3 termasuk salah satu zat gizi yang sangat kita butuhkan. Zat nutrisi ini adalah jenis asam lemak esensial yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Omega 3 juga bermanfaat membantu memperkuat sistem imun dan menyeimbangkan kadar lemak trigliserida dalam darah kita.

Jika seseorang mengonsumsi telur biasa dalam jumlah banyak, maka bagian kuning telurnya yang tinggi akan lemak kolesterol bisa berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung. Lain halnya kalau mengonsumsi telur omega 3. Kandungan lemak jahat atau kolesterol pada kuningnya sudah tergeser oleh kandungan lemak omega 3 yang sangat tinggi.

Telur ber-omega ini juga disebut bisa menyediakan kandungan asam lemak 12 kali lipat lebih banyak daripada telur biasa. Termasuk asam lemak tak jenuh ganda yang digolongkan sebagai lemak baik. Beberapa juga terbukti memiliki tingkat kolesterol lebih rendah.

Cara Bedakan Telur Ayam Biasa dengan Omega 3

Di pasaran, supaya kalian nggak salah beli dan tertipu dalam memilih telur, kalian bisa kok memperhatikan beberapa aspek pembeda berikut ini. Ini dia perbedaan telur biasa dengan yang mengandung omega 3.

source: pexels

- Harga Jelas Berbeda

Melihat kandungan nutrisinya yang lebih unggul, nggak heran harga jualnya pun akan jauh berbeda. Bahkan di pasaran, harga yang dibanderol bisa sampai tiga kali lipat telur ayam biasa lho.

- Tampilan Fisik Telur

Dari aspek tampilan luar, yaitu pada bagian cangkangnya, perbedaan antara telur biasa dan telur ber-omega nyaris nggak ada bedanya. Tentu sulit menentukan hanya dari penampilan luarnya tersebut. Akan tetapi, kalau sudah dipecahkan dan dilihat bagian dalamnya barulah bisa dibedakan.

source: pexels

Warna kuning pada telur ber-omega akan lebih oranye kekuningan daripada telur ayam biasa. Hal tersebut akibat bahan pakan yang diberikan oleh peternak ayam di peternakan. Seringkali peternak ayam memberikan tambahan pakan dari sisa limbah ikan dan udang untuk meningkatkan kandungan asam lemak omega 3 tersebut.

Umumnya pedagang telur ber-omega juga menunjukkan satu butir yang sudah dipecahkan sebagai contoh bukti. Mereka sengaja menunjukkan bagian kuning telur yang berwarna jauh lebih oranye tersebut.

Selain warna kuningnya, ada perbedaan juga dari bagian putihnya. Bagian putih telur omega 3 akan lebih kental daripada telur biasa sehingga ketika direbus atau dimasak akan jadi lebih padat.

---

Nah, itu tadi Nibblers lebih dalam penjelasan soal perbedaan telur ayam biasa dengan yang ber-omega 3. Sebetulnya semua jenis telur ayam baik untuk kesehatan dan menjadi sumber nutrisi paling murah serta mudah didapat. Tetapi, gak ada salahnya untuk mendapatkan manfaat kesehatan lebih dari yang mengandung tambahan omega 3 tersebut.

Related Articles

Connect with Nibble