Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

Manfaat Beras Merah, Bisa Hilangkan Stres lho

September 24, 20214 min readHealthy Foodie

Salah satu manfaat beras merah yang paling dikenal adalah untuk diet karena kalorinya yang lebih rendah jika dibandingkan dengan beras putih. Tapi, ternyata bukan cuma itu lho, Nibblers. Di dalamnya terdapat berbagai kandungan yang baik untuk tubuh, bahkan membawa efek baik kalau dikonsumsi secara rutin.

1. Membantu Pencernaan

Photo source: Pixabay

Dalam 32 gram beras merah, terdapat 2 gram serat yang memenuhi sekitar 8% dari kebutuhan harian tubuh. Serat merupakan bagian dari karbohidrat yang lebih lama dicerna oleh tubuh. Di satu sisi, lambatnya tubuh dalam mencerna beras merah membuat kita kenyang lebih lama, makanya bagus dimakan saat diet.

Sementara itu, serat yang tinggi juga baik untuk pencernaan dan mencegah konstipasi. Menurut Live Strong, serat juga bagus untuk jantung dengan cara mengontrol kolesterol dan mengurangi tekanan darah tinggi.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Photo source: Pixabay

Kandungan lain yang cukup berperan dalam manfaat beras merah adalah sederet antioksidannya termasuk flavonoid dan antosianin. Dilansir dari Kementerian Pertanian, antioksidan dalam beras merah paling tinggi dibanding serelia lain. Antioksidan dikenal sebagai pencegah pertumbuhan sel kanker yang efektif.

Mereka yang punya risiko tinggi kanker memang disarankan untuk memakan setidaknya 25 gram serat dalam sehari. Mengganti nasi putih dengan nasi merah bisa menambah auspan serat terutama jika ditambah dengan serat dari sayuran dan buah.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Photo source: Pixabay

Nasi dari beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik adalah angka indikator yang menentukan seberapa cepat kandungan gulanya terserap dalam tubuh. Semakin tinggi indeks glikemiknya, semakin cepat juga tubuh menyerap kandungan gula makanan tersebut.

Beras merah memiliki indeks glikemik 55, jauh di bawah beras putih yang berada di angka 86. Angka 55 termasuk golongan indeks glikemik rendah, makanya baik untuk dikonsumsi penderita diabetes untuk membuat asupan hariannya menjadi lebih sehat.

4.  Membantu Menangani Stres

Photo source: Pixabay

Kandungan vitamin B dalam beras merah cukup tinggi, terdiri dari thiamin, niasin, dan pyrodixine. Salah satu peran vitamin B kompleks adalah meningkatkan hormon serotonin dalam otak. Hormon serotonin adalah hormon neurotransmitter yang mengantarkan sinyal antarsaraf, yang juga berperan dalam meningkatkan suasana hati menjadi lebih tenang dan positif.

Maka dari itu,salah satu manfaat beras merah adalah memperbaiki mood dan menangani stres, terutama bagi ibu hamil dan menyusui yang mengalami ketidakseimbangan hormon. Selain dari beras merah, vitamin B kompleks bisa juga didapat dari sayuran, biji-bijian, dan daging.

5. Memelihara Kondisi Kulit

Photo source: Unsplash

Dengan sederet kandungannya seperti antioksidan flavonoid, antosianin, zat besi, dan seng, beras merah juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan kulit. Antioksidan bisa mencegah penuaan dini, dan mineral lainnya menjaga kulit tetap lembap.

Makanya nggak heran, selain dikonsumsi, banyak juga produk perawatan kulit yang menggunakan beras merah sebagai bahan dasarnya. Kalau dikonsumsi, ini berarti kamu melakukan perawatan kulit dari dalam, lo.

Cara Memasak Beras Merah Supaya Pulen

Photo source: Pixabay

Di pasaran, terdapat berbagai jenis beras merah. Ada yang sudah terlepas dari kulit arinya dengan warna yang lebih terang, ada juga yang memiliki warna yang lebih pekat karena kulit arinya masih menempel pada sebagian bulirnya. Karena jenis berasnya lebih padat daripada beras putih, cara memasaknya pun jadi berbeda.

Kalau dimasak langsung menggunakan magic com atau rice cooker, bisa jadi teksturnya keras dan susah matang. Nah, supaya nasi merah jadi pulen dan enak dimakan, kamu bisa coba cara masak seperti ini:

  • Memasak menggunakan rice cooker:

Siapkan 190 gram beras merah atau satu gelas kecil, 600 gram air, dan sejumput garam. Cuci beras hingga bersih, lalu sebaiknya rendam dulu beras selama 30 menit. Baru setelah itu, masukkan dan nyalakan rice cooker seperti biasa.

Setelah rice cooker menunjukkan indikator matang, jangan langsung dibuka. Tunggu 10 - 15 menit agar nasi tanak dan lebih pulen. Aduk hingga terangkat semua, lalu matikan rice cooker agar nasi nggak cepat kering atau berubah warna.

Photo source: Pixabay

  • Memasak menggunakan panci di atas kompor:

Dengan bahan yang sama, rebus 600 gram air di atas kompor hingga mendidih. Kemudian, masukkan 190 gram beras merah yang sudah dicuci dan 1 sendok teh garam. Kamu juga bisa menambahkan 1 sendok makan mentega untuk mendapatkan aroma butter. Aduk sampai semua merata kemudian tutup panci dengan rapat.

Proses ini perlu ditunggu hingga 30 - 40 menit sampai air berkurang. Setelah air cukup berkurang dan nasi merah terlihat di permukaan, buka panci kemudian aduk nasi. Pasang kembali tutup, lalu masak lagi selama 5 menit. Setelah matang, kamu bisa menyimpannya di panci atau memindahkan nasi merah ke wadah.

Kamu perlu lihat terlebih dahulu, seperti apa jenis beras merah yang kamu beli. Kalau kulit arinya masih cukup banyak, kamu mungkin perlu memodifikasi cara memasak beras merah dengan menambah waktu perendaman. Fungsinya agar nasi bisa lebih cepat lembut saat dimasak.

Kalau kamu belum terbiasa, kamu juga bisa memulai dengan mencampur nasi merah dengan nasi putih, lo. Selamat mencoba!

Related Articles

Connect with Nibble