Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Freepik

Segudang Manfaat Greek Yogurt untuk Kesehatan

June 11, 20214 min readHealthy Foodie

Di tengah tren konsumsi yogurt sebagai bahan makanan sehat, muncul pula beberapa jenis pilihan yogurt yang dapat kalian pilih di pasaran. Salah satu pilihan jenis yogurt yang saat ini mulai populer adalah greek yogurt alias yogurt Yunani. Sama-sama berasal dari hasil fermentasi susu sapi, tapi jenis yogurt ini diklaim memiliki manfaat lebih dibanding yogurt reguler pada umumnya.

Perbedaan antara yogurt reguler dengan greek yogurt ini ada pada teksturnya, di mana jenis Yunani ini lebih kental. Meski kental, ia tetap lembut dan lunak sehingga mudah dinikmati oleh segala kalangan. Kekentalan tersebut didapatkan dari proses penyaringannya yang lebih banyak dibanding pembuatan yogurt pada umumnya.

Dikarenakan proses penyaringannya yang lebih banyak, membuat si yogurt kental ini mengandung lebih banyak protein. Dalam satu porsi greek yogurt mengandung 12-17,3 gram protein. Jumlah tersebut setara dengan tiga porsi susu segar.

Bukan hanya itu saja manfaat greek yogurt yang bisa didapatkan. Kandungan nutrisi yang dikandung di dalamnya juga sangat banyak. Berikut kandungan nutrisi dari greek yogurt.

Kandungan Nutrisi Greek Yogurt

source: istockphoto

Dilansir dari Medicalnewstoday, selain protein yang tinggi, dalam 100 gram greek yoghurt terkandung sekitar 70 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

  • 4 gram karbohidrat
  • 3,5 gram gula
  • 115–120 miligram kalsium
  • 140 miligram fosfor
  • 140 miligram kalium
  • 0,6 miligram zinc
  • 25 miligram kolin
  • 12,5 mikrogram selenium
  • Dan hanya 1,9 gram lemak

Selain itu, si yogurt kental ini juga mengandung beragam vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B, folat, vitamin C, dan vitamin K.

Beragam Manfaat Greek Yogurt

Dilengkapi dengan kandungan nutrisi yang banyak tersebut, maka manfaat greek yogurt yang dapat kalian rasakan antara lain:

1.      Sumber Energi dan Merawat Fungsi Organ Tubuh

source: freepik

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, kandungan protein yang tinggi juga menjamin tercukupinya asupan energi untuk tubuh. Mencukupi kebutuhan protein akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, fungsi saraf, serta mengatur keseimbangan cairan.

Tak cuma soal kesehatan, protein juga penting untuk menjaga kecantikan kulit kalian lho. Terlenih seiring bertambahnya usia, kondisi elastisitas jaringan kulit akan terus menurun. Nah, untuk menjaga kondisi jaringan kulit tetap sehat, kalian bisa mendapat kadar protein tinggi dalam greek yoghurt ini.

Kalian bisa menghindari konsumsi daging-dagingan dan mengganti asupan protein dari si yogurt kental ini.

2.      Merawat Kesehatan Pencernaan

Kandungan probiotik dalam yogurt sudah tidak perlu diragukan lagi, terutama juga dari jenis greek yogurt ini. Probiotik merupakan mikroorganisme baik yang akan merangsang bertumbuhnya bakteri baik lainnya di dalam usus. Mikroorganisme tersebut berperan dalam melindungi kesehatan sistem pencernaan dari beragam bakteri penyebab penyakit, seperti diare dan sindrom iritasi usus.

3.      Memperkuat Tulang

source: shutterstock

Manfaat greek yogurt lainnya yang tak kalah penting adalah tinggi akan kandungan kalsium. Ya, kalsium merupakan kunci untuk membangun sekaligus mempertahankan fungsi otot dan tulang yang kuat. Kalsium memang banyak ditemukan pada olahan susu termasuk yogurt.

Bagi kalangan dewasa dan lanjut usia, konsumsi yogurt kental ini cukup penting untuk merawat kepadatan tulang demi melawan osteoporosis. Teksturnya yang lembut dan creamy juga memudahkan kalangan lanjut usia untuk mengunyahnya.

4.      Menurunkan Tekanan Darah dan Risiko Jantung

Greek yogurt merupakan salah satu sumber kalium yang cukup tinggi. Kalium berguna sebagai salah satu asupan nutrisi penting yang berperan untuk menurunkan serta mengontrol tekanan darah. Oleh karena itu, konsumsi yogurt ini baik untuk mencegah dan mengontrol hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi.

Selain itu, beberapa riset juga menemukan bahwa rutin mengonsumsi greek yogurt dapat menurunkan kolesterol jahat LDL dan trigliserida dalam darah. Dengan demikian, kalian pun akan terhindar dari risiko penumpukan kolesterol jahat di pembuluh darah (aterosklerosis). Akan tetapi, pilih produk yang tanpa tambahan perasa dan lemak ya.

5.      Rendah Laktosa

source: freepik

Berbeda dengan jenis yogurt lainnya, greek yogurt hadir dengan kandungan laktosa yang lebih rendah daripada yogurt pada umumnya. Terlebih jika kalian memilih jenis greek yogurt yang plain alias tanpa rasa, bisa sama sekali tidak mengandung laktosa susu. Alasan inilah yang menjadikan manfaat greek yogurt aman dikonsumsi bagi orang yang mengalami intoleransi laktosa.

Nah, itu tadi deretan nutrisi beserta manfaat greek yogurt bagi kesehatan tubuh kalian. Semoga info ini berguna sebagai referensi pilihan menu makanan yang menyehatkan ya!

Related Articles

Connect with Nibble