Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pexels

Sejuta Manfaat Green Tea untuk Kesehatan

June 15, 20214 min readHealthy Foodie

Green tea atau teh hijau dianggap sebagai salah satu jenis teh terbaik di antara jenis teh lainnya. Bahkan teh hijau juga dianggap sebagai minuman paling sehat yang ada di bumi. Pernyataan-pernyataan tersebut banyak didukung oleh para ahli dan pakar kesehatan.

Semua jenis teh, kecuali teh herbal, diseduh dari daun kering tanaman Camellia sinensis. Tingkat oksidasi dari proses pengolahan daunnya tersebut yang menentukan jenis dan kualitas kandungan teh tersebut. Nah, green tea atau teh hijau termasuk jenis teh yang paling sedikit proses teroksidasinya. Oleh karena itu, minuman ini memiliki kandungan anti-oksidan dan polifenol paling tinggi yang sangat bermanfaat untuk melawan penyakit.

Memang sih, gak ada minuman dan makanan yang benar-benar bisa melindungi diri kalian dari serangan penyakit. Akan tetapi green tea, telah sejak lama digunakan sebagai minuman herbal dalam terapi kesehatan tradisional di negara seperti Tiongkok, India, dan Jepang.

Sebelum bahas lebih lanjut soal manfaat green tea, simak dulu yuk apa aja sih kandungan dalam teh hijau yang satu ini.

Kandungan Nutrisi dalam Green Tea

manfaat green tea

source: pexels

Seduhan green tea atau teh hijau bebas kandungan lemak, karbohidrat, dan protein. Apalagi jika kalian meminumnya tanpa ditambah gula, maka minuman ini akan sama sekali 0 kalori.

Dikutip dari Medicalnewstoday, green tea kaya akan kandungan polifenol termasuk senyawa catechin (katekin) yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Katekin adalah antioksidan alami yang membantu mencegah kerusakan sel dan memberikan manfaat lainnya seperti melawan kanker.

Zat tersebut dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh, melindungi sel dan molekul dari kerusakan. FYI nih Nibblers, radikal bebas merupakan biang utama penyebab penuaan, kanker, dan berbagai jenis infeksi penyakit lainnya.

Bukan cuma antioksidan, minuman ini juga kaya akan vitamin B, termasuk asam folat, mineral mangan, kalium, magnesium, dan kafein lho.

Manfaat Green Tea untuk Kesehatan

Dengan beragam kandungan nutrisi baik di dalamnya, manfaat kesehatan yang bisa kalian rasakan jika mengonsumsi green tea adalah sebagai berikut:

1.      Menghambat Penyakit Kanker

manfaat green tea untuk kanker

source: pexels

Di negara-negara yang memiliki tingkat konsumsi teh hijau atau green tea yang tinggi menunjukkan tingkat kecenderungan penyakit kanker yang rendah. Memang masih perlu diuji lebih lanjut mengenai hal tersebut. Akan tetapi kandungan polifenol dan senyawa EGCG dalam teh hijau diketahui bisa melawan kanker karena bersifat antioksidan.

2.      Meningkatkan Fungsi Otak

source: freepik

Dalam green tea juga memiliki kandungan kafein dan zat asam amino L-Theanine yang bermanfaat untuk otak. Studi menunjukkan bahwa kafein dan L-theanine dapat memiliki efek sinergis yang mana kombinasi keduanya dapat memiliki efek sangat kuat dalam meningkatkan fungsi otak. Karena kandungan dosis kafein dalam green tea lebih rendah, maka efek tendangannya lebih ringan dibanding minum kopi.

Banyak orang melaporkan memiliki energi yang lebih stabil dan jauh lebih produktif ketika mereka minum teh hijau, dibandingkan dengan kopi.

3.      Mencegah Penyakit Kardiovaskular Seperti Jantung dan Stroke

source: freepik

Penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan stroke, adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Banyak riset menunjukkan bahwa konsumsi green tea bisa menurunkan kolesterol secara total terutama kolesterol jahat (LDL). Beberapa studi menunjukkan kalau orang yang minum teh hijau memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular.

Selain itu, teh hijau juga mengandung asam fenolik lho. Senyawa ini dikenal bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

4.      Membantu Menurunkan Berat Badan

source: istockphoto

Kamu lagi menjalani program diet? Coba deh tambahkan teh hijau dalam menu harianmu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa green tea dapat membantu mengurangi lemak tubuh, terutama di daerah perut. Mengingat bahwa minuman ini bisa meningkatkan tingkat metabolisme jangka pendek, masuk akal kalau minuman ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Akan tetapi, manfaat teh hijau untuk menurunkan berat badan ini nggak berlaku untuk orang dewasa yang sudah terlanjur mengalami obesitas.

5.      Mencegah Diabetes Tipe-2

source: istockphoto

Sebuah studi menunjukkan bahwa green tea dapat meningkatkan kerja insulin dan mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes tipe-2. Oleh karena itu, teh hijau aman dikonsumsi oleh orang yang menderita diabetes. Tapi harus diingat, kalian perlu mengonsumsinya tanpa tambahan gula atau makanan pendamping yang memiliki kadar gula tinggi ya!

Nah, itu tadi beberapa kandungan nutrisi dan manfaat green tea untuk kesehatan. Manfaat tersebut akan semakin terasa kalau kalian mengonsumsinya secara teratur dengan jumlah yang moderat. Tetap imbangi dengan olahraga dan konsumsi makanan sehat lainnya ya!

Oh iya, bagi kalian yang mengonsumsi suplemen dan obat-obatan tertentu, lebih baik konsultasikan dulu ke dokter karena teh hijau bisa menimbulkan efek samping jika berinteraksi dengan jenis obat atau suplemen tertentu.

Related Articles

Connect with Nibble