Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Freepik

5 Menu Sarapan Praktis untuk Kalian yang Super Sibuk

June 2, 20214 min readHealthy Foodie

Sarapan merupakan kegiatan makan penting sebisa mungkin jangan sampai kalian lewatkan loh Nibblers! Aktivitas makan di pagi hari sering digambarkan sebagai waktu makan terpenting, karena mampu menyediakan asupan energi dan kalori untuk aktivitas apa pun di hari kalian. Bahkan menurut bukti terbaru, seperti yang dikutip dari Sciencedirect, kita semua harus mengkonsumsi sekitar 15-25% dari asupan energi harian kita saat sarapan.

Akan tetapi, rutinitas gaya hidup urban yang super sibuk sering memaksa kita untuk melewatkan kegiatan makan di pagi hari. Nah, berikut ini rekomendasi menu sarapan praktis dan enak untuk kalian yang super sibuk.

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan pilihan menu sarapan yang sangat bernutrisi. Bukan hanya sebagai pengganti nasi yang tinggi karbohidrat, tapi oatmeal juga tinggi akan kandungan serat, protein dan lemak dibanding biji-bijian lainnya. Selain itu, dikutip dari laman Healthline, kandungan beta-glucan di dalamnya membantu mengurangi kadar kolesterol dan gula darah, serta meningkatkan bakteri baik di usus yang menjaga rasa kenyang lebih lama.

sarapan praktis oatmeal

Source: Freepik

Rekomendasi menu oatmeal yang praktis dan bisa kalian coba adalah overnight oatmeal. Caranya sangat mudah cukup mencampur bahan-bahan seperti oatmeal, kacang-kacangan, dan buah, tinggal pintar-pintarnya kalian saja mencampurnya supaya rasanya enak.

Disebut overnight karena kalian bisa membuat pada malam sebelumnya. Cukup dengan menyiapkan gelas atau jar, lalu masukkan oatmeal, chia seed, dan yogurt ke dalamnya. Jangan lupa tambahkan kacang-kacangan atau buah di atasnya seperti pisang, mangga, dan stroberi, lalu diberi madu agar lebih manis serta sehat. Tinggal kalian tutup rapat jar-nya dan simpan di kulkas untuk dimakan saat pagi harinya.

  1. Variasi Olahan Telur

Source: Freepik

Selain enak diolah menjadi berbagai macam variasi jenis olahan, telur juga menyimpan banyak nutrisi penting bagi tubuh kita. Sebagai menu sarapan praktis, telur merupakan salah satu makanan paling bergizi dan mengandung nyaris semua nutrisi yang kalian butuhkan. Asupan nutrisi di dalamnya yang bisa kalian dapat adalah protein, vitamin, zat besi dan lemak omega 3 yang baik untuk asupan untuk memulai aktivitas harian. Harganya pun murah dan mudah untuk didapatkan.

Semua jenis olahan telur bisa kalian nikmati untuk sarapan, dari mulai telur rebus, mata sapi, dan telur dadar atau omelette. Nah, jika sudah bosan dengan menu yang itu-itu saja, kalian bisa juga membuatnya menjadi sandwich telur.

Cukup siapkan roti gandum sebanyak dua lembar, dan dua butir telur yang sebelumnya sudah kalian buat orak-arik dengan sedikit minyak atau butter. Saat memasak orak-arik, kalian dapat menambahkan susu rendah lemak, sedikit parutan keju, bahkan irisan sayuran seperti bayam, kale, dan tomat untuk pelengkap nutrisi.

  1. Selai Kacang dan Aneka Jenis Kacang-kacangan

Rekomendasi menu sarapan praktis berikutnya adalah kacang-kacangan. Selagi kalian tidak memiliki alergi terhadapnnya, menu ini juga bisa dijadikan alternatif sarapan yang enak dan sehat. Selai kacang bisa menjadi pilihan yang sehat dan enak untuk dinikmati, karena kaya akan beberapa nutrisi seperti protein dan magnesium yang dapat membantu melindungi jantung, mengelola gula darah dan mengontrol berat badan.

Source: Pexels

Sebagai menu sarapan, kalian bisa mengolesi selai kacang pada roti tawar, roti gandum atau roti yang sudah dipanggang sebelumnya (toast). Agar menambah nutrisi dan cita rasa, kalian bisa menambahkan juga potongan pisang serta madu atau sirup mapple di atasnya. Nah, selain dalam bentuk selai, kacang-kacangan utuh seperti kacang tanah, kacang mete, dan almond juga dapat dikonsumsi secara langsung maupun dicampur menjadi topping menu oatmeal seperti yang sudah disebut sebelumnya.

  1. Salad Buah dengan Yogurt

Dalam menu untuk sarapan gak melulu harus dengan karbohidrat. Sarapan praktis dengan menu buah-buahan juga rasanya sangat enak dan segar sehingga menambah semangat dalam memulai aktivitas harian. Selain segar, kalian juga bisa mendapat manfaat dari aneka vitamin dalam buah dan kandungan kalsium serta protein dari yogurt.

Untuk variasi buah-buahan, kalian bisa memilih apapun yang kalian sukai selagi rasanya cocok. Seperti contohnya, kalian bisa siapkan beberapa macam buah seperti kiwi, stroberi, apel, anggur, atau pisang. Setelah dicuci bersih, semua buah tersebut dapat dipotong-potong sesuai selera.

Source: Pexels

Tuangkan potongan buah-buahan ke dalam mangkuk lalu masukkan yogurt serta perasan air lemon atau jeruk. Salad buah dengan yogurt siap untuk kalian nikmati. Agar lebih praktis, kalian juga bisa menyiapkan menu ini pada malam harinya agar keesokan paginya sudah siap kalian santap.

  1. Smoothies Buah atau Sayur

Source: Freepik

Menu buah-buahan lainnya untuk sarapan yang bisa kalian buat adalah smoothies. Berbeda dibandingkan dengan jus, smoothies mengandung seluruh kebaikan buah, sayuran, dan bahan lainnya. Dalam smoothies gak ada bagian yang terbuang sehingga betul-betul mengandung seluruh kebaikan untuk asupan tubuh. Selain itu, ia juga bertekstur lebih pekat dan kental karena tambahan yogurt dan susu sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama.

Pada malam sebelumnya, kalian bisa menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang kalian suka untuk membuat smoothies. Bahan-bahan yang bisa kalian siapkan antara lain, pisang, buah naga, stroberi, bahkan sayuran seperti sawi hijau, wortel dan tomat. Nah, tinggal pagi harinya kalian bisa memblender keseluruhan bahan ditambah susu, yogurt atau biji-bijian seperti chia seeds.

Pilihan menu di atas dapat kalian coba sebelum memulai aktivitas harian. Meskipun didera kesibukan, jangan sampai melupakan aktivitas sarapan ya!

Related Articles

Connect with Nibble