Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

Istilah Olahan Telur dalam Bahasa Inggris. Mana Favoritmu?

May 2, 20213 min readTips & Tricks

Saat memesan makanan di restoran atau breakfast di hotel, di buku menu biasanya tercantum beberapa macam olahan telur. Istilah olahan telur ini diberikan untuk membedakan telur berdasarkan tingkat kematangan ataupun bentuk sajiannya.

Nah, kamu pasti sudah gak asing kan dengan telur mata sapi, telur dadar, atau scrambled egg? Tapi pernah gak sih bertanya-tanya apa sebutan untuk telur yang dimasak setengah matang, telur yang kuningnya masih cair, dan telur yang matang sempurna?

Gak usah bingung, ini dia beberapa penjelasan soal istilah telur dalam bahasa Inggris yang bisa kamu pelajari.

  1. Sunny side up

Sunny side up adalah jenis olahan telur yang dimasak tanpa dibalik. Biasanya bagian kuning telur masih agak basah. Supaya hasilnya gak terlalu mentah, minyak panas akan disiram-siramkan ke bagian atas telur.

Oh iya, sunny side up di Indonesia ini populer dengan nama telur ceplok atau telur mata sapi. Telur ini biasanya jadi menu favorit nih untuk sarapan karena penyajiannya yang praktis dan bergizi.

  1. Omelette

Yang berikutnya ada omelette atau omelet. Di Indonesia, telur ini sering dinamakan sebagai telur dadar. Omelet dibuat dengan cara mengocok telur dan mencampurkannya dengan beberapa bumbu/sayur seperti daun bawang, cabai, wortel, dan sosis—sebelum digoreng. Siapa nih yang suka omelet?

  1. Scrambled egg

Istilah olahan telur yang selanjutnya adalah scrambled egg alias telur orak-arik. Seperti namanya, scrambled egg dimasak dengan diaduk-aduk atau dikocok saat sudah di atas wajan. Untuk menambah cita rasa, biasanya orang-orang menambahkan garam, merica, mentega, atau bahkan keju. Di beberapa resep, scrambled egg dibuat dengan campuran susu cair supaya hasilnya lembut.

  1. Poached egg

Nah, yang selanjutnya ada poached egg atau telur rebus tanpa cangkang. Olahan telur yang juga disebut dengan telur apung ini umum disajikan saat kamu masak mie instan.

Cara bikinnya juga gampang kok. Kamu hanya perlu memecahkan telur dari cangkangnya, lalu masukkan dalam air yang sudah mendidih. Tunggu antara 2-3 menit lalu angkat. Kuning telur poached biasanya setengah matang dan masih sedikit meleleh.

Image: IStock

  1. Over easy

Istilah olahan telur yang selanjutnya adalah over easy atau biasa juga disebut dengan runny. Cara memasaknya adalah telur dipecahkan di atas wajan seperti biasa, lalu dibalik sekali. Hasil akhirnya adalah kuning telur yang masih setengah matang. Ada beberapa sebutan lain untuk telur over easy, yaitu over light, runny, sunny side down, dippy eggs, atau dip egg.

  1. Over hard

Kebalikan dari over easy, over hard egg adalah olahan telur mata sapi yang proses memasaknya dibolak-balik sampai bagian kuning telur matang sempurna. Sajian telur yang satu ini biasanya jadi favorit nih buat orang-orang yang gak suka dengan telur setengah matang.

  1. Boiled egg

Berikutnya ada boiled egg atau yang kerap disebut sebagai telur rebus oleh masyarakat Indonesia. Cara memasaknya juga gampang. Kamu tinggal merebus telur (beserta cangkangnya) dalam panci atau wajan yang sudah diisi air mendidih. Tingkat kematangan kuning telur bisa disesuaikan dengan selera. Kamu hanya perlu memperhatikan durasi merebusnya.

Image: Eatthismuch

Telur adalah sumber makanan yang sehat dan kaya protein. Penyajiannya yang praktis pun membuat makanan ini selalu jadi menu andalan, gak cuma di rumah, tapi juga di warung makan, resto, dan hotel. Nah, dari ketuju olahan telur di atas, mana nih yang paling kamu suka?

Related Articles

Connect with Nibble