Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

Mengatasi Nasi Cepat Bau, Ternyata Ada Triknya!

July 29, 20213 min readTips & Tricks

Satu atau dua kali, kamu pasti pernah mengalami nasi cepat bau. Sebagai makanan pokok, nasi memang sudah pasti ada setiap hari di rumah. Nggak jarang, nasi berubah jadi bau setelah satu hari, padahal seharusnya masih baik-baik saja di hari kedua. Hmm… apa yang salah, ya? Coba kita cari tahu dulu penyebabnya.

1. Listrik tidak stabil

Photo source: Pixabay

Nasi yang disimpan di dalam rice cooker terus menerus akan hangat sepanjang hari. Tapi, nggak menutup kemungkinan kalau listrik rumah kamu nggak stabil sehingga suhu penghangat rice cooker naik turun.

Kondisi naik turun suhu inilah yang menyebabkan nasi cepat bau. Kalau sudah bau, biasanya sudah harus dikeluarkan dari rice cooker untuk menghindari nasi menjadi basi dan tidak bisa dimakan. Coba panggil bantuan profesional seperti PLN untuk mengecek kestabilan listrik di rumah kamu.

2. Tersekap uap panas

Photo source: Pixabay

Pernah denger nggak kalau makanan masih beruap panas nggak boleh ditutup rapat? Dikutip dari Hello Sehat, uap panas yang tersekap di dalam wadah rice cooker mengundang bakteri karena suhunya pas untuk mereka berkembang biak.

Saat akhirnya uap turun ke nasi, bakteri dengan cepat menyebar dan membuat nasi cepat bau. Sebenarnya, aturan ini bukan cuma berlaku untuk nasi, makanan lain pun nggak boleh masuk ke wadah tertutup rapat kalau masih panas mengebul.

3. Terlalu banyak air

Photo source: Pixabay

Nasi yang basah, panas, dan tertutup di dalam wadah rice cooker memberikan tempat berkembang yang ideal untuk kontaminasi silang. Ini juga kenapa nasi lembek jadi lebih cepat basi dibandingkan nasi kering.

Patokan satu ruas jari sekarang sudah sulit menjadi patokan memasak nasi karena semakin banyak beras berkualitas bagus. Tanpa air yang banyak pun, nasi sudah bisa tanak dan pulen. Jadi, kalau nasi cepat bau terjadi beberapa kali, cek lagi takaran air yang kamu gunakan waktu memasak.

4. Wadah nasi kurang bersih

Photo source: Pixabay

Nah, ini masalah yang sering terlewat. Karena mau memasak nasi buru-buru untuk makan berikutnya, wadah nasi sering kali kurang bersih waktu dicuci. Padahal, kerak nasi suka menempel bandel dan cukup sulit kalau langsung dicuci setelah nasi habis.

Baiknya, rendam wadah setidaknya 10 menit sebelum dicuci. Kalau buru-buru, kamu juga boleh mencucinya tanpa sabun. Kalau pakai sabun tapi kamu nggak membilasnya dengan bersih, yang ada nanti malah akan menimbulkan bau dan merusak nasi.

Tips Biar Nasi Gak Cepat Bau

Nah, selain memperhatikan hal-hal di atas, kamu juga boleh mempraktikkan beberapa tips di bawah saat memasak nasi supaya nggak cepat basi atau bau:

Photo source: Pixabay

  • Pakai jeruk nipis

Sebelum memasaknya, potong setengah jeruk nipis, peras, dan campurkan ke dalam air beras. Jeruk nipis memiliki sifat antibakteri, jadi bisa membantu nasi melawan bakteri yang mungkin ada di sekitarnya sehingga tetap segar. Tips ini juga bisa membuat nasi jadi harum, lo.

  • Aduk setelah matang

Untuk menghindari uap panas yang terjebak di dalam nasi, aduk nasi setelah matang. Kalau kamu pakai rice cooker, perhatikan kapan nasi matang ditandai dengan berpindahnya lampu dari Cook ke Warm. Tunggu sekitar 15 menit lalu aduk menggunakan centong sampai uap panasnya keluar lalu tutup kembali.

  • Cabut begitu nasi matang

Walaupun fungsi utamanya untuk membuat nasi selalu hangat, kamu bisa aja mencabut nasi begitu matang dan kembali menyambungkannya dengan listrik begitu mau makan lagi. Trik ini terbukti mengurangi risiko nasi cepat bau di rice cooker.

Gimana, kamu mau coba salah satu trik di atas? Kalau sudah terlanjur tapi nasi belum masuk kategori basi, kamu juga bisa memanfaatkan nasi sisa untuk jadi snack. Tapi, kalau meragukan, sebaiknya jangan makan nasi yang sudah berubah warna dan tekstur, ya!

Related Articles

Connect with Nibble