Tips & Tricks

Mau Breakfast di Hotel? Pahami Dulu Tata Caranya

by Kristal Pancarwengi | April 18, 2021

Mau Breakfast di Hotel? Pahami Dulu Tata Caranya
Breakfast di hotel merupakan salah satu service yang disediakan untuk tamu-tamu yang menginap. Kalau kalian punya kesempatan bermalam di hotel, jangan lupa luangkan waktu untuk menjajal pengalaman yang satu ini ya. Biasanya pihak hotel menyediakan beragam menu sarapan yang lezat lho, lengkap dengan buah-buahan dan minumannya. Tiap hotel pastinya juga punya hidangan khasnya tersendiri. Signature dish istilahnya. Pun makin berbintang sebuah hotel, makin mewah dan nikmat sarapan yang disajikan. Tak ketinggalan juga hospitality service-nya yang memuaskan.

Breakfast di Hotel, Gratis atau Bayar?

Nah, buat kalian yang baru pertama kali breakfast di hotel mungkin sedikit bingung. Gimana sih caranya? Apakah tamu wajib membayar untuk mendapatkan sarapan? Dan lain-lain. Tenang, Nibblers! Ini dia beberapa hal yang wajib kalian tahu sebelum icip-icip makanan di hotel.

Image: Thinkstockphotos

Sebenernya pihak hotel gak pernah menyediakan sarapan gratis untuk tamu-tamunya. Semua biaya sudah include ke dalam tagihan saat kalian memesan kamar. Itulah kenapa ada opsi “Room + Breakfast” dan “Room Only”. Kamar dengan layanan tambahan berupa breakfast pastinya lebih mahal dibandingkan dengan yang cuma kamar.

Cara Breakfast di Hotel. Pahami Dulu Istilah Ini

Breakfast di hotel gak serumit yang dibayangkan, kok. Namun, biar gak bingung kalian juga perlu tahu dulu nih tata cara dan istilah-istilahnya. Biasanya hotel menawarkan opsi sarapan diantar ke kamar (room service) atau tamu datang langsung ke restonya. Tinggal pilih mana yang kalian suka. Tapi kalau kalian penasaran dengan menu-menu breakfast yang dihidangkan, lebih baik datang langsung aja deh ke restonya. Nah, di resto nanti ada macam-macam menu tersedia yang bisa kalian nikmati. Tapi ambil atau pesan secukupnya saja ya biar gak kekenyangan. Kalau ada menu tertentu yang kalian pengen tapi gak tersedia di meja prasmanan, coba request pada koki. Mereka pasti dengan senang hati akan membuatkannya untukmu, kok. Oh iya, ada beberapa istilah dalam penyajian menu breakfast di hotel yang wajib kalian tahu nih.
  1. Buffet

Buffet atau yang akrab kita sebut sebagai prasmanan adalah layanan breakfast di hotel kelas menengah atau atas. Pada sarapan tipe buffet, akan disediakan beragam makanan dan minuman di meja yang bebas kalian ambil sesuka hati. Beberapa hotel menerapkan charge tambahan untuk menu request tamu yang gak tersedia di meja buffet.

Image: SATOO Shangri-La Hotel Jakarta

  1. Banquet

Nah, tipe breakfast di hotel yang kedua adalah banquet. Banquet ini sedikit mirip dengan buffet. Bedanya, makanan ala banquet sudah disajikan dengan jumlah tertentu sesuai dengan pesanan/jumlah tamu. Istilahnya, tiap tamu sudah dijatah porsinya masing-masing jadi gak bisa sebebas seperti saat sarapan ala buffet.
  1. Ala carte

Yang ketiga adalah sarapan ala carte. Kalau yang satu ini, kalian harus memesan makanan yang ada di list menu terlebih dahulu. Nanti, koki akan menyiapkannya langsung untukmu. Yup, menu ala carte memang baru dimasak setelah dipesan ya. Asik nih, sambil nunggu sarapan siap, kalian bisa ngobrol-ngobrol dulu dengan pasangan atau keluarga.
  1. Table service

Nah, kalau tipe breakfast yang satu ini agak beda. Sebagai tamu, kalian hanya perlu duduk di meja, kemudian waiter/waitress akan melayani kebutuhan makan dan minum kalian. Sarapan di hotel ala table service ini biasanya hadir dengan gaya Rusia, Prancis, Eropa, atau Amerika. Kalian tinggal pilih mana yang disukai. Terakhir buat kalian yang berencana bawa anak kecil, sebaiknya konfirmasi ulang kepada resepsionis ketika check-in. Ada gak biaya tambahan kalau request palet breakfast untuk anak. Sebab masing-masing hotel punya kebijakan berbeda. Di hotel A, sarapan untuk anak mungkin bisa gratis atau hanya bayar setengah harga. Namun, ada juga hotel yang memberlakukan biaya penuh untuk anak-anak. Gimana, sudah siap bertualang rasa di hotel?