Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Freepik

Apa Saja yang Termasuk Buah Tropis?

July 22, 20214 min readFood

Buah tropis gak cuma enak dan segar, ia juga punya kandungan nutrisi seperti vitamin, serat, dan mineral yang tinggi. Iklim tropis memang menawarkan lebih banyak variasi buah-buahan dibandingkan iklim sub-tropis.

Indonesia bisa jadi salah satu contoh negara dengan beragam pilihan buah-buahan tropis. Sebelum cari tahu lebih jauh soal jenis buah tropis, simak dulu yuk pengertian lengkapnya di bawah!

Buah Tropis, Apa Itu?

Melansir dari DelightedCooking, pengertian dari buah tropis adalah setiap buah yang dihasilkan dari tanaman yang tumbuh dan memiliki habitat asli di daerah beriklim tropis. Secara konsep geografis, daerah tropis adalah wilayah yang terletak di garis Khatulistiwa, atau tepatnya dari garis lintang 0 hingga 23,5 derajat Lintang Utara maupun Selatan.

source: istockphoto

Wilayah negara yang berada di sekitaran garis Khatulistiwa dan tergolong iklim tropis antara lain:

  • Hampir seluruh negara Asia Tenggara termasuk Indonesia.
  • India bagian selatan dan Srilanka.
  • Afrika bagian tengah.
  • Amerika Tengah dan Selatan. Khususnya di wilayah hutan Amazon seperti Brazil, Peru, Kolombia dan Venezuela.
  • Kepulauan Karibia dan Pasifik; Hawaii, Fiji, Samoa, Kuba, Haiti, dll.

Daerah tropis memiliki iklim hangat sepanjang tahun, sangat lembap, dengan beberapa daerah menerima banyak hujan setiap tahun. Tumbuhan di daerah ini telah beradaptasi, sehingga menghasilkan banyak buah-buahan berukuran besar, berwarna cerah, dan sangat beraroma. Selain itu, buah-buahan tropis terkenal manis, berair, dan lembut, membuatnya menarik bagi orang-orang dari segala usia.

Jenis Buah Tropis Segar dan Bermanfaat

Selain cita rasa, aroma, dan teksturnya yang menggugah selera. Buah-buahan tropis juga mengandung banyak manfaat kesehatan. Berikut di antaranya jenis buah tropis yang bermanfaat untuk kesehatan.

1.      Durian

Di Indonesia, siapa sih yang gak kenal dengan buah yang satu ini? Tekstur kulit keras berduri dengan aroma tajam dan tekstur daging yang lembek seperti krim butter menjadi ciri khas utamanya. Dikenal sebagai “King of Fruit”, durian memang buah endemik yang tumbuh di wilayah Asia Tenggara, mulai dari Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Filipina.

source: istockphoto

Daging bagian dalam durian yang lembut sangat kaya akan potasium, serat, zat besi, dan vitamin B. Buah ini paling baik dimakan saat matang, karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi.

2.      Nangka

Nangka memiliki ciri khas ukurannya yang bisa sangat besar ketika matang, dan memiliki kulit keras berduri, tapi gak setajam durian. Aroma daging buahnya juga sangat wangi dengan getah yang cukup lengket. Buah ini aslinya berasal dari India Selatan, tapi juga populer di Asia Tenggara, dan mulai dibudidayakan di wilayah Afrika dan Brazil.

source: istockphoto

Daging buah ini penuh dengan serat, yang membantu pencernaan yang sehat dan juga membuat rasa kenyang lebih lama. Rasa manis dengan aroma khasnya juga menawarkan kandungan antioksidan, anti-inflamasi, dan antibakteri. Bijinya alias beton, bisa dikonsumsi dan merupakan sumber vitamin B yang baik seperti tiamin serta riboflavin, yang membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

3.      Jambu Biji atau Guava

Guava atau dikenal di Indonesia sebagai jambu biji, adalah pohon tropis yang berasal dari Amerika Tengah. Namun, sudah banyak dikembangkan di Asia Tenggara seperti Indonesia dan Thailand yang terkenal dengan jambu Bangkoknya.

source: istockphoto

Daging buah jambu biji sangat kaya akan antioksidan, vitamin C, potasium, dan serat. Kandungan nutrisi yang luar biasa ini memberi mereka banyak manfaat kesehatan. Daun jambu biji juga bisa digunakan sebagai teh herbal dan diekstrak menjadi suplemen kesehatan.

4.      Aҫai Berry

Buah aҫai (dibaca: asay) berasal dari Amerika Selatan dan Tengah, terutama di negara-negara seperti Brasil dan Belize, serta menjadi makanan suku-suku di pedalaman Amazon. Buah ini cukup unik karena pohonnya seperti palem-paleman, tapi buahnya bulat-bulat hitam keunguan seperti blueberry. Jika dikonsumsi dan dijadikan olahan akan menghasilkan warna ungu.

source: istockphoto

Buah ini dikemas dengan vitamin, mineral, dan antioksidan. Ada studi yang menunjukkan bahwa antioksidan tingkat tinggi yang ditemukan di tanaman acai bermanfaat mengurangi efek stres oksidatif. Penelitian juga menunjukkan buah ini bisa membantu menjaga otak tetap sehat dan mencegah penurunan mental.

5.      Manggis

Manggis bisa ditemukan terutama di Asia Tenggara, seperti Kamboja, Thailand, Malaysia, dan Indonesia, selain itu juga bisa ditemukan di wilayah Cina Selatan dan Vietnam. Baik kulit ungu keras yang khas, daging putih lembut yang manis, biji pahit, dan kulit kayu batang pohonnya semua bisa digunakan untuk tujuan pengobatan.

source: istockphoto

Dalam pengobatan tradisional Asia, tanaman ini sudah lama digunakan untuk melawan infeksi dan menyembuhkan luka. Selain itu juga bisa membantu mengurangi infeksi saluran kemih, diare hingga eksim. Daging buahnya yang manis segar, mengandung vitamin C yang juga bagus memperkuat imun tubuh.

Nah, itu tadi beberapa jenis buah tropis yang enak dan bermanfaat untuk kesehatan. Masih banyak buah tropis yang gak disebut dalam daftar. Dari yang gampang dijumpai sepertinya pisang, mangga, pepaya, dan nanas. Sampai yang langka seperti jamblang, menteng, buni, dan kepel.

Kalau buah tropis favoritmu apa nih, Nibblers?

Related Articles

Connect with Nibble