Foodies Guide To F&B Industry

Photo by amsterdamnews.com

7 Jenis Buah Tinggi Vitamin C yang Nge-Boost Daya Tahan

March 26, 20204 min readHealthy Foodie

Mewabahnya virus COVID-19 belakangan ini membuat banyak orang yang sadar untuk meningkatkan imunitas tubuh. Salah satu cara termudah untuk meningkatkan imun ini adalah dengan mengonsumsi buah tinggi vitamin C. Tak heran jika buah-buahan yang kaya vitamin C ini belakangan susah ditemukan di berbagai tempat perbelanjaan.

Tidak sedikit orang yang mulai panik dan membeli buah-buahan ini dalam jumlah banyak. Padahal, buah yang dalam keadaan matang tidak akan bertahan lama dan akan busuk dalam hitungan hari.

Apa saja sih buah tinggi vitamin C yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh? Berikut beberapa di antaranya.

Jambu Biji

Photo source: pixabay

Buah yang satu ini sering disebut sebagai buah dengan kandungan vitamin C paling besar di dalamnya. Setiap buah jambu biji yang sudah matang mengandung kurang lebih 200 mg vitamin C. Jumlah ini tentu saja jauh lebih banyak daripada jeruk dan juga jauh dibandingkan konsumsi harian vitamin C untuk manusia.

Selain kaya vitamin C, kaya akan antioksidan likopen yang berfungsi melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker. Jambu biji juga mengandung serat yang tidak kalah pentingnya bagi tubuh manusia untuk mengikat air dalam tubuh dan melancarkan pencernaan. 

Rumornya nih, jambu biji juga bisa membantu tubuh dalam mencegah demam berdarah.

Pepaya

buah tinggi vitamin

Photo source: pexels

Buah yang paling banyak mengandung vitamin C di urutan kedua adalah pepaya. Bahkan, hanya dengan memakan setengah bagian dari pepaya matang saja kalian sudah memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Setengah buah pepaya dipercaya mengandung 90-100 mg vitamin C.

Selain kaya akan vitamin C, pepaya juga memiliki berbagai kandungan nutrisi penting lainnya bagi tubuh manusia. Beberapa kandungan nutrisi ini di antaranya adalah serat, vitamin A, vitamin B, kalium, dan kalsium. Tak heran jika pepaya sering disebut dapat membantu tubuh untuk memperlancar pencernaan, menjaga kesehatan mata, mengontrol tekanan darah, hingga meningkatkan daya ingat.

Kiwi

Photo source: pixabay

Kiwi merupakan buah tinggi vitamin C yang menempati peringkat ketiga. Kandungan vitamin C dalam setiap satu buah kiwi matang berkisar antara 70-90 mg. Jumlah ini masih sedikit di atas kandungan vitamin C yang dimiliki oleh jeruk. Buah yang satu ini sering dimanfaatkan untuk melawan infeksi dan radikal bebas di dalam tubuh.

Vitamin A dan K, kalium, mangan, zat besi, dan magnesium adalah kandungan nutrisi lainnya yang dimiliki oleh kiwi. Selain itu, setiap kiwi juga dipercaya memiliki kandungan omega 3 seperti ikan. Kandungan omega 3 ini sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Strawberry

buah tinggi vitamin

Photo source: pexels

Berada satu peringkat di atas jeruk sebagai buah tinggi vitamin C, strawberry memiliki kandungan vitamin C sebanyak 55-65 mg dalam setiap 125 ml. 125 ml ini setara dengan setengah gelas strawberry tanpa tambahan air.

Selain memiliki kandungan vitamin C, strawberry juga kaya akan vitamin A, B, dan E serta kalium, mangan, zat besi, dan yodium. Kandungan ini membuat strawberry dapat membantu dalam mencegah kanker, penuaan dini, penyakit syaraf, dan peradangan.

Strawberry juga masuk dalam keluarga berry sehingga mengandung flavonoid. Adanya flavonoid ini membuat strawberry menjadi bagian dari makanan superfood.

Jeruk

Photo source: pixabay

Seringkali disebut sebagai buah yang mengandung vitamin C paling tinggi, ternyata jeruk hanya menempati peringkat kelima. Kandungan vitamin C yang dimiliki oleh jeruk hanya berkisar 50-55 mg dalam setiap setengah gelas.

Vitamin D, serat, dan flavonoid menjadi kandungan lain dari jeruk yang membuat buah satu ini kaya akan manfaat. Selain memperkuat imun, jeruk juga berfungsi untuk menghilangkan sembelit, mencegah kanker, meningkatkan kesehatan tulang, mencegah anemia, bahkan bisa meningkatkan kesehatan mulut manusia.

Nanas

Photo source: pexels

Banyak yang tidak menyukai nanas karena memiliki rasa yang cenderung asam dan bisa mengakibatkan mati rasa di lidah jika terlalu banyak dikonsumsi. Padahal, nanas merupakan buah tinggi vitamin C dengan kandungan sebesar 35-45 mg dalam setiap setengah gelas nanas.

Selain vitamin C, buah nanas juga terkenal dengan kandungan bromelain yang ada di dalamnya. Bromelain merupakan enzim pencernaan yang membantu memecah protein dalam makanan dan mengurangi kembung, serta juga dapat bertindak sebagai anti-peradangan. Buah nanas juga mengandung vitamin B kompleks dan vitamin A dalam jumlah sedikit.

Mangga

Photo source: pixabay

Buah lainnya yang juga mengandung vitamin C adalah mangga. Meskipun memiliki kandungan vitamin C yang tidak terlalu besar, yakni sekitar 30-40 mg per setengah gelasnya, mangga masih menjadi salah satu sumber vitamin C yang baik bagi tubuh. Terlebih, banyak varian mangga yang hidup di Indonesia sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya.

Kaya akan antioksidan juga menjadi salah satu kelebihan dari mangga. Antioksidan yang terkandung di dalam mangga di antaranya adalah fenolik, karoten, dan asam askorbat. Selain itu, mangga menjadi sumber vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, kalium, dan tembaga. Manfaat mangga adalah melindungi tubuh dari kanker, melancarkan pencernaan, meningkatkan kesehatan usus, dan menjaga kesehatan kulit.

Nah, itu tadi buah tinggi vitamin C yang paling sering dikonsumsi dan memberikan banyak manfaat bagi tubuh manusia. Bosan menyantapnya langsung? Bagaimana jika kita membuat salad buah? Tapi, tetap perhatikan alasan kenapa harus pikir-pikir makan salad buah.

Related Articles

Connect with Nibble