Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pexels

Mudah! Ini Cara Mengawetkan Sayuran Tanpa Kulkas

June 17, 20213 min readTips & Tricks

Rutin mengonsumsi sayuran penting banget untuk mendukung gaya hidup sehat. Tentu sayuran akan semakin nikmat dan sehat dikonsumsi bila diolah masih dalam keadaan segar. Untuk menjaganya tetap segar, umumnya kita membutuhkan kulkas alias lemari pendingin untuk mengawetkannya kan?

Nah, hal inilah yang terkadang menjadi kendala, terlebih bagi kalangan anak kos yang gak punya kulkas. Niatan untuk tetap konsumsi makanan sehat seperti sayur, jadi terkendala karena hal itu.

Eits, jangan berputus asa dulu, kalian tetap bisa kok menikmati sayur segar meskipun gak punya kulkas. Berikut Nibble bagikan tips dan cara mengawetkan sayuran meskipun tanpa disimpan di lemari pendingin. Yuk simak!

Cara Mengawetkan Sayuran Tanpa Kulkas

1.      Pilih Sayuran yang Bagus dan Berkualitas

cara mengawetkan sayuran dipilih

source: pexels

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kesegaran sayur adalah dengan memilih bahan yang berkualitas. Pemilihan dan penyortiran memang penting untuk menjamin sayuran tersebut masih benar-benar segar ketika kalian bawa pulang.

Nih ada cara memilih sayur yang berkualitas baik;

  • Pilih yang warnanya paling segar dipandang mata.
  • Periksa tekstur sayuran apakah masih terasa padat dan renyah atau sudah lembek.
  • Buang bagian yang layu atau menguning karena bisa merambat ke yang masih segar.

2.      Cuci Sayuran Sampai Bersih

source: pexels

Jika sayuran sudah kalian pilih dan bawa pulang, boleh langsung dicuci begitu sampai di rumah. Cuci yang bersih menggunakan air yang mengalir. Bisa juga dengan direndam dalam larutan garam atau baking soda untuk menghilangkan kotoran, ulat dan sisa zat pestisida. Jangan lupa cuci dan bersihkan hingga ke sela-sela lipatan daun supaya memastikan nggak ada ulat sayuran yang masih menempel.

3.      Lakukan Pengeringan

source: pexels

Setelah selesai dicuci dan memastikan kotorannya sudah dibuang, kalian harus langsung mengeringkannya. Memastikan sayuran tetap kering ini penting jika ingin diawetkan tanpa kulkas, karena sayur yang basah dan lembab akan jadi tempat berkembang biak bakteri serta jamur. Gunakan lap atau tissue untuk membuatnya kering, namun jangan terlalu kasar menggosoknya.

4.      Lapisi dengan Tissue, Kertas Roti atau Plastik

Selesai dicuci dan dikeringkan, cara mengawetkan sayuran berikutnya yang dikutip dari Liputan6 adalah dengan membungkusnya. Kalian bisa membungkusnya menggunakan tissue kering yang berlapis. Cara ini penting untuk memastikan sayuran aman disimpan di luar dengan suhu ruang. Jika tissuenya basah terkena air atau rusak, segera ganti dengan yang baru.

source: pexels

Selain itu, kalian juga bisa kok membungkusnya menggunakan kertas roti sebagai alternatif. Kertas roti juga bisa membuat kondisi sayuran dan buah tetap segar meski tanpa disimpan di dalam kulkas. Jika kalian menggunakan cara ini, pastikan dulu tissu yang digunakan sebelumnya itu dilepas dan menggantinya dengan kertas roti.

Cara lain agar sayuran nggak capat layu adalah dengan membungkusnya dengan kantung plastik yang sebelumnya sudah dilubangi untuk sirkulasi udara.

5.      Simpan di Tempat Sejuk dan Kering

source: pexels

Jika semua proses dari mulai memilih, mencuci, mengeringkan, dan membungkus sudah selesai dilakukan, langkah terakhir adalah tinggal menyimpannya dengan benar. Supaya kondisinya tetap segar dan tahan lama, simpanlah di tempat yang kering dan sejuk.

Kalian bisa menyimpannya dalam keranjang di dapur atau dekat area ruang makan. Hindari menyimpan di area yang langsung terkena matahari, karena bisa merusak kualitas sayuran. Lagipula, gak semua sayuran atau buah-buahan boleh disimpan di kulkas, lho.

Untuk sayuran seperti tomat, kalian bisa langsung taruh saja di atas keranjang meja makan. Nah, gimana tips-tips yang udah Nibble kasih di atas. Gampang banget kan buat dipraktikkan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Related Articles

Connect with Nibble