Tips & Tricks

Cara Membersihkan Sayur Agar Bebas Pestisida dan Ulat

by Danang Lukmana | June 14, 2021

Cara Membersihkan Sayur Agar Bebas Pestisida dan Ulat
Sayuran hijau merupakan bahan makanan yang sering dipilih dalam konsumsi gaya hidup sehat. Selain mudah diolah ke berbagai jenis masakan, sayuran hijau juga dikenal memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi dan baik untuk tubuh kita. Namun, sebelum benar-benar kita konsumsi, penting juga memastikan kebersihan dari sayur tersebut. Langkah-langkah mencuci sayuran yang benar sangat penting untuk diterapkan. Kalian gak boleh memakan sayuran tanpa dicuci terlebih dahulu. Bukan hanya risiko masih adanya sisa pestisida, tapi juga memastikan gak ada ulat yang menyelip di sela-sela daunnya. Cara membersihkan sayur supaya bebas pestisida dan ulat sangatlah mudah diterapkan kok. Cukup dengan peralatan dan bahan-bahan yang ada di rumah tangga, kalian bisa memastikan sayuran tersebut aman dikonsumsi. Nah, berikut ini tips-tips cara membersihkan sayur yang benar dikutip dari Healthline.

1.      Cuci Tangan dan Pisahkan Sayur dari Bahan Lainnya

cara membersihkan sayuran hijau

source: freepik

Sebelum mencuci bahan makanan dan sayuran yang akan kalian olah, penting juga menjaga kebersihan tangan kalian terlebih dahulu. Cucilah tangan kalian dengan sabun hingga bersih untuk meminimalisir transfer bakteri dan kuman dari tangan ke sayur. Cuci tangan bukan hanya dilakukan sebelum membersihkan sayuran, namun juga dilakukan setelah kalian selesai mencuci sayuran. Langkah selanjutnya adalah pisahkan sayuran segar yang akan kalian olah dengan bahan-bahan makanan lainnya seperti daging, ayam dsb. Kumpulkan sayuran dengan sesama sayuran atau bahkan dengan sayuran yang sejenis. Pemisahan tersebut untuk mengurangi risiko saling transfer bakteri antar bahan makanan. Selain itu juga memastikan sisa pestisida sayuran nggak menempel pada bahan makanan lainnya.

2.      Buang Bagian yang Busuk

cara membersihkan sayuran segar

source: istockphoto

Biasanya, diantara sayuran yang kalian beli di pasar, ada saja beberapa yang tampilannya kurang baik, rusak, atau sedikit membusuk. Jika ada bagian sayuran yang rusak, kalian bisa memilih dan memotongnya terlebih dahulu bagian yang rusak tersebut. Hal tersebut untuk memastikan terbuangnya ulat, belatung atau organisme lainnya dari bagian yang rusak atau busuk tersebut. Pastikan juga pisau yang digunakan dalam keadaan bersih.

3.      Rendam Sayuran dengan Air Garam

source: istockphoto

Air larutan garam merupakan bahan yang cukup efektif untuk menghilangkan kotoran pada sayur. Begitu juga untuk menghilangkan dan membunuh ulat atau larva yang menempel di sayuran hijau yang akan kita olah. Hal tersebut karena air garam memiliki tingkat kepekatan yang lebih tinggi daripada cairan yang ada pada tubuh ulat. Dengan direndam air garam, metabolisme tubuh ulat akan terganggu dan ulat tersebut akan mati dan melepaskan cengkeraman dari daun. Kalian bisa merendam sayuran hijau di dalam air garam sekitar 10-15 menit. Lalu bilas hingga luruh semua kotoran, garam, beserta ulatnya.

4.      Bersihkan dengan Baking Soda

source: istockphoto

Manfaat baking soda selain untuk memasak kue adalah kemampuannya untuk membantu membersihkan sayuran yang ingin kita olah. Ya, selain menggunakan air garam, cara efektif untuk menghilangkan ulat yang ada pada sayuran hijau dengan mencucinya dengan air larutan bubuk putih ini. Hal ini dikarenakan pada baking soda sudah terbukti ampuh melarutkan kotoran, residu zat pestisida, dan mematikan ulat atau larva yang menempel pada sayuran. Kalian bisa menghilangkan kotoran baik yang ada di permukaan kulit atau lapisan sayuran yang lebih dalam. Cara membersihkannya cukup dengan melarutkan dua sendok makan baking soda ke dalam segelas air. Kemudian rendam sayuran di dalamnya selama 10-15 menit. Pastikan semua kotorannya benar-benar luruh, kemudian bilas dengan menggunakan air yang mengalir.

5.      Rendam dengan Air Cuka

source: istockphoto

Selain larutan air garam dan baking soda, cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan air cuka atau vinegar. Cara ini memang dapat meninggalkan aroma kurang sedap pada sayuran hijau, namun diyakini cukup ampuh meluruhkan sisa pestisida dan juga ulat tanaman. Caranya sama seperti sebelumnya, yakni campurkan dua sendok makan cuka ke dalam air baskom. Lalu rendam sayuran hingga beberapa menit dan bersihkan.

6.      Cuci dengan Air Mengalir

source: istockphoto

Cara lain untuk membersihkan sayuran hijau adalah dengan mencucinya menggunakan air yang mengalir. Air yang mengalir seperti kran dapur akan membantu meluruhkan kotoran dan hewan-hewan kecil yang menempel. Sementara untuk sayuran yang memiliki romgga seperti kangkung, bisa memberi perhatian lebih untuk membersihkannya. Karena bisa saja rongga tersebut terdapat ulat dan lintah yang bersembunyi. Pastikan juga dengan teliti untuk membersihkan hingga ke sela-sela daun agar semakin terbebas dari kotoran yang menempel. Itulah tips dan cara membersihkan sayur yang bisa kalian praktikkan ketika kalian mau mengolah sayuran di rumah. Penting untuk memastikan bahan makanan yang kalian tersebut konsumsi bersih dari kotoran, ulat dan sisa zat pestisida.