Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Istockphoto

10 Makanan yang Tidak Boleh Masuk Kulkas

June 9, 20214 min readFood

Halo Nibblers, umumnya setelah pulang berbelanja bahan-bahan makanan, kalian akan langsung menyimpannya di dalam kulkas kan? Yap, kulkas memang alat yang diciptakan untuk membantu tugas manusia dalam mengawetkan makanan. Tapi ketahuilah bahwa ada lho beberapa jenis makanan yang tidak boleh masuk kulkas.

Udara dingin beku yang dihasilkan kulkas justru dapat merusak kualitas dan mempercepat pembusukan beberapa jenis makanan. Yuk ketahui dulu apa saja sih makanan yang tidak boleh masuk kulkas.

Jenis Makanan yang Tidak Boleh Masuk Kulkas

Bahan-bahan segar seperti daging dan aneka sayuran memang cocok untuk disimpan dalam lemari pendingin untuk menjaga kualitasnya. Namun, beberapa bahan justru akan rusak kualitas nutrisi, tekstur, dan rasanya jika terkena udara dingin kulkas.

Dirangkum dari laman Foodnetwork, berikut makanan-makanan yang tidak boleh masuk kulkas,

1.      Roti

source: istockphoto

Beberapa orang sengaja menyimpan roti di dalam kulkas untuk menghindari jamur dan lalat, memang cara tersebut berhasil tapi hal tersebut merusak tekstur dan kualitas roti itu sendiri. Jika roti disimpan di kulkas, maka teksturnya akan menjadi kasar dan keras seperti batu. Sebaiknya tetap simpan roti di suhu ruang dalam wadah kedap udara untuk mencegah kelembaban dan tumbuhnya jamur.

2.      Kentang dan Ubi

Kentang dan ubi termasuk makanan yang tidak boleh masuk kulkas karena udara dingin dan lembab di dalamnya bisa merusak tekstur dan rasanya. Kandungan pati di dalam kentang dan ubi akan rusak dan gula, menyebabkan rasa manis yang kurang sedap. Sebaiknya simpan kentang dan ubi di tempat yang kering dan gelap tanpa paparan sinar matahari langsung, untuk mencegah tumbuhnya tunas.

3.      Bawang Putih dan Bawang Merah

source: freepik

Bawang putih dan bawang merah yang disimpan di kulkas lama kelamaan akan tumbuh jamur bahkan tunas. Tekstur bawang pun akan menjadi aneh seperti lembek tapi agak kenyal. Rasa yang dikandung kedua bawang akan jauh menurun dibanding tidak disimpan di kulkas. Lagipula jika menyimpan bawang-bawangan di kulkas malah akan membuat kulkas menjadi bau.

4.      Tomat

Menyimpan tomat di dalam kulkas merupakan kesalahan paling umum yang sering dijumpai. Tomat sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas. Beberapa orang beranggapan bahwa menyimpan di kulkas bisa menjaga kesegarannya, tapi itu justru membuat tomat cepat lembek dan busuk.

Temperatur yang dingin beku justru mengurangi cita rasa segar dari tomat. Sebaiknya simpan tomat di tempat yang sirkulasi udaranya baik seperti di atas meja makan.

5.      Minyak

Berbagai jenis minyak masak seperti minyak goreng, minyak kelapa, dan minyak zaitun, tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas. Suhu dingin kulkas justru akan membuat minyak menjadi kental dan padat seperti margarin. Minyak sendiri termasuk bahan makanan yang awet di suhu ruang tanpa harus didinginkan.

6.      Mentega atau Butter

Mentega termasuk jenis bahan makanan yang justru lebih baik disimpan di suhu ruangan asalkan dengan wadah yang kedap udara. Menyimpan mentega di dalam kulkas hanya akan membuat teksturnya keras dan menyulitkan untuk dijadikan bahan olesan. Mentega yang beku juga hanya akan mengurangi cita rasa dan kualitasnya.

7.      Madu

source: istockphoto

Madu murni tanpa campuran adalah bahan makanan yang dinilai paling awet dan tidak bisa basi. Bahan pangan yang dihasilkan oleh lebah ini akan jauh lebih baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Memasukkan madu ke dalam kulkas hanya akan membuat teksturnya menjadi keras dan menyulitkan untuk dikonsumsi.

8.      Biji dan Bubuk Kopi

Cara terbaik untuk menyimpan kopi adalah dalam wadah kedap udara pada suhu ruangan. Kulkas menghasilkan kondensasi yang dapat merusak dan mengubah cita rasa otentik dari kopi. Bubuk Kopi terkenal mampu menyerap bau menyengat di sekitarnya, yang kemudian bisa menghilangkan aroma asli dari kopi itu sendiri.

9.      Buah-Buahan

Sebetulnya cara terbaik untuk menikmati buah-buahan adalah langsung dimakan segera setelah membelinya. Buah akan kehilangan kesegarannya jika disimpan terlalu lama baru dikonsumsi, terlebih jika disimpan dalam kulkas. Beberapa jenis buah seperti pisang, alpukat, semangka, melon, stroberi, mangga, jeruk, dan pepaya akan kehilangan khasiatnya jika disimpan di lemari pendingin.

Kandungan antioksidan dalam buah-buahan akan berkurang karena udara dingin beku di dalam kulkas. Selain itu, buah-buahan juga akan menjadi terasa kering dan kurang segar untuk dimakan.

10.  Rempah-Rempah

source: istockphoto

Rempah-rempah dapur seperti merica, ketumbar, kemiri, jintan, dan lain-lainnya juga tidak boleh dimasukkan dalam kulkas. Rempah-rempah mudah sekali menyerap bau makanan lain disekitarnya. Jika disimpan di dalam kulkas, teksturnya akan menjadi kering, berbau, dan kehilangan rasa aslinya. Cara terbaik menyimpan rempah-rempah adalah dengan menaruhnya di dalam toples kaca lalu tutup yang rapat.

Nah, itu tadi di antaranya bahan-bahan makanan yang tidak boleh masuk kulkas. Penting untuk mengetahui metode penyimpanan bahan makanan yang baik dan benar. Supaya kita tetap bisa mendapat manfaat dan cita rasa dari bahan-bahan tersebut.

Related Articles

Connect with Nibble