Healthy Foodie

Bye Salmon! 7 Ikan Lokal Bergizi Tinggi Ini Gak Kalah Enak

by Danang Lukmana | July 23, 2021

Bye Salmon! 7 Ikan Lokal Bergizi Tinggi Ini Gak Kalah Enak
Pilihan ikan lokal bergizi tinggi yang murah meriah dan mudah didapat juga banyak lho untuk bahan konsumsi harian kita. Ikan merupakan sumber protein hewani yang penting untuk mendukung kebutuhan gizi tubuh. Gak cuma protein, ikan-ikanan juga dilengkapi kandungan nutrisi lain seperti kalsium, vitamin, dan asam lemak omega-3. Bahkan banyak ahli gizi yang menyarankan untuk makan ikan minimal 2 kali dalam seminggu lho. Terlebih negara kita punya kondisi geografis yang didominasi oleh perairan laut dan darat. Sehingga sumber daya ikan lokal yang kita miliki banyak banget ragamnya. Ikan lokal juga punya nilai gizi tinggi yang gak kalah dibanding ikan-ikan impor seperti salmon. Selain itu harganya pun pasti lebih murah untuk bisa tersaji di piring makan kalian. Nah, berikut ini pilihan ikan lokal bergizi tinggi untuk penuhi nutrisi kalian.

1.      Ikan Kembung

Gak kalah menakjubkan dari salmon, ikan kembung ternyata mempunyai kandungan gizi omega-3 yang lebih tinggi lho. Dikutip dari KlikDokter, menurut peneliti dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), salmon punya kandungan omega-3 sebesar 1,4 gram, sedangkan ikan kembung lebih tinggi dengan 2,6 gram. Makan daging ikan ini setiap hari, sangat bagus untuk perkembangan otak terutama bagi anak-anak.

source: Freepik

Selain itu, nutrisi ikan kembung lainnya yang bisa diperoleh adalah, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, D, E, dan vitamin B kompleks. Harganya pun sangat murah untuk sepaket kandungan gizi tinggi di dalamnya.

2.      Ikan Lele

Ikan berkumis ini sudah sangat akrab di masyarakat Indonesia dan terkenal sangat murah meriah. Bisa dengan mudah ditemukan di pasar tradisional maupun modern, dan menu-menu di warung kaki lima hingga restoran. Harganya juga sangat murah, sekitar Rp25 sampai Rp26 ribu per kilogram untuk daerah Jakarta per 2021.

source:

Lele juga mengandung protein, lemak, kalsium, selenium, fosfor, natrium, kalium, serta beberapa vitamin, seperti vitamin A, B1, dan B12. Terdapat juga kandungan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk perkembangan otak anak dan merawat daya ingat bagi lansia.

3.      Patin Lokal

Patin yang dibudidayakan oleh peternak ikan lokal juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik. Ikan air tawar ini juga nggak kalah dibandingkan kandungan gizi dari ikan laut. Harganya pun cukup terjangkau dengan ciri khas tekstur daging yang putih lembut.

source: istockphoto

Daging ikan patin mengandung protein, lemak dan karbohidrat yang baik sebagai sumber energi dan pertumbuhan anak-anak. Kelebihan lain dari ikan patin adalah kandungan asam lemak esensial omega-3 yang relatif tinggi untuk ukuran ikan air tawar. Karena kandungan ini lebih sering ditemui pada ikan laut.

4.      Cakalang dan Tongkol

Ikan cakalang dan tongkol mudah ditemukan di pasar tradisional maupun modern dengan harga terjangkau. Ikan laut ini memang banyak berkembang di Samudera Pasifik maupun Hindia, yang menjadi sumber kekayaan perairan Indonesia.

source: Pixabay

Daging ikan ini sangat kaya protein, vitamin A dan C, kalsium, hingga zat besi. Sama juga dengan salmon, ikan tongkol dan cakalang juga mengandung omega-3 dan niacin. Kombinasi keduanya baik untuk perkembangan otak anak-anak dan merawat fungsi otak orang dewasa.

5.      Tuna

Sama seperti cakalang maupun tongkol, perairan laut Indonesia mempunyai berkah dengan berlimpah ruahnya ikan tuna. Dari ujung Sabang sampai Merauke terdapat jenis ikan yang dagingnya tebal ini. Gak perlu cari tuna impor, karena kandungan gizi daging ini di seluruh dunia sama saja.

source: pixabay

Dagingnya yang merah segar mengandung protein, kalium, vitamin B, dan selenium yang baik untuk memperbaiki sistem imun tubuh, metabolisme serta fungsi kognitif otak. Dalam setiap 100 gram ikan tuna, kalian bisa memperoleh 1,2 gram omega-3.

6.      Ikan Teri

Jenis ikan yang satu ini sih sudah pasti kalian mengenalnya dengan baik. Ikan ini juga banyak jenisnya, dari mulai teri jengki hingga teri nasi atau teri Medan yang kecil-kecil halus. Banyak olahan makanan Indonesia yang semakin sedap jika ditambahkan ikan ini.

source: Pixabay

Ikan teri kaya akan omega-3, kalsium, protein, vitamin K, magnesium, serta fosfor. Semua gizi tersebut baik untuk tumbuh kembang anak-anak dan merawat otak serta tulang dewasa. Jika ingin lebih sehat, sebaiknya pilih ikan teri yang belum digarami untuk mencegah kandungan natrium berlebih.

7.      Lemuru dan Sarden

Pada bulan-bulan tertentu, perairan Indonesia terutama di Selat Bali akan dipenuhi oleh jutaan ikan-ikan lemuru yang bermigrasi. Hal tersebut menjadi berkah bagi para nelayan dan penggiat industri ikan sarden kalengan. Ikan sarden kalengan memang menjadi salah satu sumber gizi yang baik dan murah untuk dikonsumsi.

source: pexels

Baik sarden segar maupun kalengan sama-sama kaya akan vitamin dan mineral, mulai dari kalsium, kalium, fosfor, zat besi, vitamin D, dan selenium. Sarden juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang banyak, sehingga bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan merawat kesehatan otak. Nah, itu tadi pilihan 7 ikan lokal bergizi tinggi untuk penuhi kebutuhan nutrisi kalian dan keluarga. Sebetulnya masih banyak jenis ikan, baik air tawar maupun laut, yang gak kalah tinggi nutrisinya. Selalu ingat pesan dari Ibu Susi Pudjiastuti, "siapa yang gak mau makan ikan, tenggelamkan saja!"