Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Freepik

Nutrisi Ikan Kembung. Gak Kalah lho dari Salmon

July 22, 20214 min readHealthy Foodie

Meskipun harganya murah, tapi kandungan nutrisi ikan kembung gak main-main lho Nibblers. Ikan ini kerap kalah saing dibanding ikan lainnya karena masih banyak yang beranggapan kalau nutrisinya sedikit. Padahal, kandungan gizi ikan lokal khas perairan laut Indonesia ini gak kalah, bahkan setara dengan ikan impor seperti salmon, lho.

Ikan kembung memang kalah fancy dan populer dibanding salmon, tapi kandungan omega-3-nya ternyata setara. Ikan kembung juga termasuk salah satu ikan lokal yang diketahui mempunyai kandungan omega-3 cukup tinggi. Gak cuma omega-3, ada banyak nutrisi ikan kembungnya lainnya yang gak kalah bermanfaat.

Nah, apa saja sih kandungan nutrisi ikan kembung yang murah dan mudah didapat ini? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Omega-3 pada Ikan Kembung Lebih Tinggi dari Salmon

Ikan salmon dari perairan laut Utara bolehlah lebih populer dan terkesan berkelas untuk dikonsumsi, tapi kandungan omega-3 ikan kembung cukup setara bahkan lebih banyak.

Dilansir dari KlikDokter, menurut peneliti dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), ikan kembung mengandung 2,6 gram omega-3 sedangkan salmon hanya 1,4 gram. Ya, dibanding salmon dan ikan lokal lainnya, kandungan omega-3 pada ikan kembung jauh lebih banyak. Kandungan lemak sehat ini paling banyak ada di bagian perutnya.

source: Freepik

Dengan kandungan omega-3 yang lebih banyak, kalian bisa mendapatkan ikan kembung dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Bila dibandingkan dengan daging salmon yang harganya berkisar antara Rp120-200 ribu per kilogram, harga ikan kembung cuma 35-50 ribu rupiah per kilogram. Cukup menguntungkan bukan?

Manfaat Kandungan Omega-3

Banyak banget lho manfaat dari konsumsi makanan tinggi kandungan omega-3. Asam lemak sehat ini bisa membantu mencegah penyakit jantung koroner (serangan jantung), serta punya sifat antiradang. Sehingga mampu mengurangi risiko terjadinya plak di pembuluh darah akibat kolesterol jahat.

source: istockphoto

Selain menyehatkan jantung dan pembuluh darah, terdapat juga asam lemak EPA dan DHA yang bermanfaat bagi sistem saraf, termasuk otak. Bagi anak-anak, konsumsi ikan tinggi omega-3 sangat bagus untuk perkembangan otak dan kecerdasannya. Bagi kalangan lanjut usia, kandungan ini bisa mencegah penyakit yang berkaitan dengan kemampuan otak, seperti demensia dan Alzheimer.

Kandungan Nutrisi Ikan Kembung Lainnya

Gak cuma kaya akan omega-3, ikan kembung juga punya banyak kandungan nutrisi lain yang sama menyehatkannya dari ikan salmon. Berikut ini kandungan nutrisi ikan kembung yang bisa kalian dapatkan dengan murah meriah:

1.      Protein

Sebagai sumber asupan protein hewani dari laut, ikan kembung sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan tubuh tersebut. Protein sendiri merupakan salah satu nutrisi makro yang berfungsi mendukung regenerasi sel, termasuk sel-sel dalam otak. Sehingga ia bisa lebih mendukung kinerja omega-3 dalam menjaga kesehatan otak.

source: freepik

Dalam 100 gram ikan kembung, kandungan proteinnya bisa mencapai 20 gram. Jadi sangat cukup untuk jadi andalan bahan konsumsi harian.

2.      Vitamin D, Kalsium, dan Mineral untuk Tulang

Ikan kembung juga mengandung vitamin D dan mineral kalsium. Kombinasi keduanya bermanfaat menjaga kesehatan tulang. Kandungan kalsium pada ikan kembung berkhasiat untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, terlebih bagi lansia yang berisiko terkena osteoporosis.

Nah, supaya asupan kalsium bisa terserap optimal, dibutuhkan bantuan vitamin D. Beruntungnya, ikan kembung juga menyediakan asupan mikronutrien ini.

Per 100 gram daging ikan kembung terdapat kandungan kalsium sebanyak 136 mg. Ada juga mineral lainnya seperti, fosfor: 69 mg, kalium: 245,0 mg, tembaga: 0,20 mg, dan seng: 1,1 mg.

source: istockphoto

3.      Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks berperan penting menjaga kesehatan dengan membentuk sel darah merah, mengoptimalkan metabolisme, serta menjaga kesehatan sistem imun dan sistem saraf. Kandungan dalam ikan kembung tersebut antara lain, thiamin (vitamin B1): 0,26 mg, riboflavin (vitamin B2): 0,03 mg, dan niasin (vitamin B3): 0,2 mg.

Nah, itu tadi beberapa fakta tentang kandungan nutrisi ikan kembung yang ternyata sangat banyak jumlahnya. Meskipun kerap diremehkan dan kurang populer, tapi nggak kalah dibanding ikan-ikan impor yang mahal contohnya salmon. Jadi tunggu apa lagi, dengan harga murah, kalian bisa mendapat sepaket nutrisi komplit bukan?

Related Articles

Connect with Nibble