Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

Sugar Craving? Ini yang Harus Kamu Lakukan

August 2, 20213 min readTips & Tricks

Sugar craving adalah kondisi ketika kamu ingin makan yang manis-manis, termasuk minuman, makanan, permen, atau kue. Sering kali, kondisinya mirip ‘ngidam’ dan kamu nggak bisa menahan keinginan tersebut.

Waspada, ya, kalau kamu mengalami hal ini. Soalnya, ternyata tubuh kita suka salah membaca sinyal, nih. Sugar craving bukan berarti tubuh kamu butuh gula atau makanan manis, tapi bisa jadi nutrisi yang ada pada makanan yang identik dengan rasa manis.

Misalnya saja, kamu lagi pengin banget makan cokelat, bisa jadi tubuh kamu sebenarnya lagi butuh karbohidrat tambahan, kurang magnesium, atau bahkan lagi merasa stress. Jadi, memang seharusnya kita menyiasati dulu dengan makanan lain sebelum menyerah dan menuruti sugar craving.

Tips Hindari Sugar Craving

Photo source: Pixabay

Melansir dari Washington Post, sering kali sugar craving disebabkan oleh ketidakseimbangan kadar gula darah. Ini bisa disebabkan oleh kelelahan atau diet yang terlalu ketat. Akibatnya, tubuh malah mengirimkan sinyal butuh gula untuk menutup ketidakseimbangan tersebut.

Padahal, gula tetaplah gula. Ia bisa dengan cepat menaikkan kadar gula darah lalu kembali turun beberapa saat kemudian—menyebabkan tubuh terasa lemas dan tidak bertenaga. Kalau dituruti terus, gula darah dalam tubuh bisa naik dan turun secara cepat seperti roller coaster. Dalam jangka waktu panjang, roller coaster ini bisa menggangu produksi insulin dalam pankreas dan berujung menyebabkan penyakit diabetes.

Jadi, gimana mengakalinya? Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu coba.

1.      Minum Air Putih yang Cukup

Photo source: Pixabay

Pada banyak kondisi sugar craving, meminum air putih sudah bisa mengurangi keinginan untuk makan makanan manis. Ini akan menghindari tubuh kamu dari dehidrasi yang mungkin menjadi alasan di balik ‘ngidam’ manis kamu.

Seperti yang dianjurkan, minumlah air putih setidaknya dua liter dalam satu hari. Tubuh kamu akan terasa lebih segar dan tidak akan merasa membutuhkan tambahan energi dari gula.

2.      Ganti dengan Buah

Photo source: Pixabay

Penuhi keinginan tubuh akan sensasi manis dengan pilihan makanan yang lebih sehat seperti ubi, labu, wortel, atau makanan yang manis alami seperti pisang, air kelapa, anggur, dan kurma. Cokelat pahit dan kayu manis juga terbukti bisa mengurangi sugar craving dengan meningkatkan sensitivitas insulin.

Alternatif lainnya adalah dengan makan makanan tinggi serat seperti brokoli, kembang kol, kangkung, atau kale sehingga tubuh bisa kenyang lebih lama dan tidak menginginkan tambahan makanan di sore hari.

3.      Penuhi Gizi Seimbang

Photo source: Pixabay

Salah satu kunci dalam mengatasi ngidam makanan manis adalah dengan memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Lemak sehat dan protein misalnya, akan memberikan keseimbangan energi untuk tubuh.

Kalau dalam proses penyerapan energi tubuh tidak menemukan gula yang cukup, tubuh akan beralih membakar lemak yang ada. Konsep ini dipakai dalam konsep diet rendah kalori. Jadi, ganti camilan dengan camilan tinggi lemak sehat seperti almond atau alpukat.

4.      Terapkan Diet Bertahap

Photo source: Pixabay

Seperti yang disebutkan tadi, diet rendah kalori memang cukup ampuh untuk membakar lemak. Tapi, ingat juga untuk menerapkannya secara bertahap. Kalau kamu terlalu cepat mengurangi kalori, tubuh akan kaget dan malah mengalami sugar craving.

Akhirnya, kamu mengalami apa yang disebut sebagai withdrawal syndrom atau kondisi ketika tubuh menginginkan gula secara berlebihan karena dikurangi secara ekstrem sebelumnya.

5.      Tidur Teratur

Photo source: Pixabay

Kelelahan akan membuat tubuh memberikan sinyal bahwa ia membutuhkan energi lebih. Sering kali, sinyal ini dibaca tubuh sebagai panggilan untuk makanan manis. Maka dari itu, kalau mau hidup lebih sehat, pastikan kamu tidur secara teratur, ya.

Beralih ke pemanis alami juga bisa menjadi salah satu langkah supaya kamu jauh dari sugar craving. Yang terpenting, kamu sebaiknya nggak langsung menuruti keinginan tubuh. Coba tunggu selama 10 – 15 menit sebelum memutuskan untuk makan sesuatu yang manis. Selamat mencoba!

Related Articles

Connect with Nibble