Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Istockphoto

Manfaat Sayur Kale, Si Hijau Ratunya Sayuran

June 3, 20214 min readHealthy Foodie

Nibblers, kalian sudah makan sayur apa saja nih hari ini? Konsumsi sayuran penting untuk menunjang gaya hidup sehat, lho. Hampir semua jenis sayuran punya kandungan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kalian kan. Saat ini pun juga sudah ada banyak banget jenis variasi sayuran yang bisa kalian atur secara selang-seling untuk jadi menu makan di piring kalian.

Dari sekian banyak jenis sayuran, nih ada rekomendasi jenis sayur yang bisa kalian jadikan menu makan sehat. Namanya sayur kale, kalian sudah pernah dengar belum? Meskipun bisa dibilang sebagai ‘pendatang baru’ dalam dunia persayuran di Indonesia, tapi saat ini kale cukup populer lho terutama bagi penggiat gaya hidup dan diet sehat.

Ada banyak sekali manfaat sayur kale yang bisa kalian dapat jika mengonsumsinya. Tapi sebelum membahas manfaatnya, yuk kenalan dulu dengan si hijau yang sering disebut ratunya sayuran ini.

Apa Itu Sayur Kale?

source: Istockphoto

Kale ini punya nama latin Brassica oleracea acephala. Sayuran ini merupakan hasil persilangan serta masih bersaudara dengan kubis dan sawi-sawian, seperti kol, sawi hijau, kembang kol, dan brokoli.

Ada banyak juga sebenarnya jenis dan tipe sayur kale. Dari yang warnanya hijau sampai ada yang warnanya ungu, ada yang bentuk daunnya keriting dan ada juga yang halus. Tapi jenis sayur kale yang paling umum ditemui adalah kale Skotlandia yang daunnya berwarna hijau, lebar dan bentuknya keriting serta memiliki batang keras berserat.

Selain dijuluki ratunya sayuran, kale juga tergolong kategori superfood lho, karena merupakan salah satu jenis panganan nabati yang paling bergizi dan banyak manfaat di dalamnya. Mau tahu apa saja kandungan nutrisi sayur kale yang bisa kalian dapat? Simak penjelasan di bawah ini ya.

Kandungan Gizi dan Manfaat Sayur Kale

Manfaat dalam sayur kale ditentukan oleh kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat banyak. Dikutip dari Healthline, dalam sekitar 70 gram daun kale mentah terkandung 33 kalori, 6 gram karbohidrat (2 di antaranya berbentuk serat), 3 gram protein, serta rendah lemak tapi tinggi kandungan asam lemak omega-3. Selain itu, kale juga mampu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin A, vitamin C, vitamin K serta vitamin B kompleks.

Wah banyak banget ya kandungan gizinya. Oleh karena itu, jika kalian rajin mengonsumsinya akan merasakan manfaat sayur kale seperti berikut ini;

  1. Mengurangi Resiko Kanker

Image source: Pexels

Manfaat sayur kale yang selanjutnya adalah mengurangi risiko penyakit kanker. Seperti halnya sayuran hijau lainnya, sayur kale juga tinggi kandungan klorofil. Zat klorofil berguna mengikat dan mencegah penyerapan karsinogen yang dapat menimbulkan kanker.

Kalian bisa menjadikan kale sebagai makanan pendamping ketika makan makanan dari bahan daging merah yang dipanggang atau bakar. Zat hijau dari sayuran akan membantu mengurangi resiko penyerapan karsinogenik dari daging bakar.

  1. Menyehatkan Jantung

source: Istockphoto

Rutin konsumsi sayur keriting ini juga bisa jadi pilihan makanan yang tepat untuk kalian yang ingin mencegah penyakit jantung. Soalnya, sayur ini mengandung senyawa flavonol kaempferol dan quercetin yang bersifat antioksidan untuk mengurangi radikal bebas  yang sekaligus membantu mencegah kerusakan pada dinding arteri.

Kedua senyawa antioksidan tersebut juga memiliki efek menurunan tekanan darah, anti-inflamasi, anti-depresi dan anti-kanker.

  1. Mencegah Diabetes

source: Istockphoto

Cara utama pencegahan diabetes adalah dengan mengurangi asupan makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Konsumsi sayur kale yang bebas gula, rendah karbohidrat namun tinggi serat, dapat membantu mencegah menumpuknya zat gula dalam darah.

Kandungan mangan dan magnesium pada sayur kale mampu mengurangi risiko resistensi insulin. Selain itu, antioksidan yang berbentuk vitamin C dan asam alfa-linolenat juga terbukti bisa mengurangi komplikasi bagi penderita diabetes.

  1. Membantu Merawat Tulang dan Gigi

source: Freepik

Kalsium berperan penting sebagai nutrisi utama untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kale merupakan sayuran yang memiliki kandungan kalsium nabati yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi kalian. Setiap 100 gramnya mengandung sekitar 101 miligram kalsium dengan kadar oksalat yang lebih rendah dibanding susu, sehingga lebih gampang untuk diserap.

Kalian nggak harus makan kale dalam bentuk sayur setiap hari untuk mencukupi kebutuhan kalsium. Cara yang bisa kalian coba adalah membuatnya jadi smoothie dalam menu sarapan praktis, dicampur dengan buah-buahan lain kesukaan kalian.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

source: Istockphoto

Sayur kale kaya akan dua fitonutrien yakni zat lutein dan zeaxanthin, yang melindungi retina dan lensa mata dari penyakit mata seperti degenerasi makula dan katarak. Rutin mengkonsumsi sayuran ini bisa membantu merawat indera penglihatan kalian yang berharga.

Nah, sekarang kalian sudah kenal dan tahu kan apa saja manfaat sayur kale untuk kesehatan tubuh. Yuk, mulai mengonsumsinya sesuai selera kalian. Bisa dijadikan salad, sup, tumisan atau smoothie.

Related Articles

Connect with Nibble