Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Instagram @guillaume_de_bernadac

Etiket Table Manner yang Wajib Kamu Kuasai

June 16, 20215 min readTips & Tricks

Apa sih yang terlintas di pikiran kalian kalau mendengar istilah table manner? Bagi beberapa kalangan, aturan dan tata cara makan tersebut dianggap ribet dan merepotkan. Akan tetapi, pengetahuan dan pemahaman mengenai tata cara table manner ini gak boleh dianggap sepele lho.

Etiket semacam ini penting dikuasai, terlebih saat kalian memasuki dunia kerja dan profesional. Untuk mengakrabkan hubungan kerja dengan mitra bisnis atau klien, umumnya kalian akan sering diundang dalam jamuan makan yang formal dan resmi.

Nah, perilaku dan etiket yang kalian tampilkan di atas meja makan tersebut akan jadi penilaian mitra bisnis kalian lho. Yuk simak apa saja aturan dan tata cara table manner yang harus kalian ketahui di bawah ini,

1.      Pahami Penggunaan Peralatan Makan

source: istockphoto

Dalam jamuan makan yang formal, kalian akan dihadapkan pada berbagai peralatan makan yang disediakan dengan fungsi yang spesifik juga. Agar jangan sampai salah dan bingung menggunakannya, pahami setiap jenis dan fungsi alat makan tersebut.

Pertama, penggunaan sendok dan garpu. Kedua alat ini harus digunakan saat menyantap menu, seperti nasi dan sup. Perhatikan juga ya jenis sendok yang hendak digunakan, karena sendok nasi dan sup tentu memiliki ukuran yang berbeda.

Kedua, penggunaan pisau dan garpu saat menyantap hidangan daging dan sejenisnya. Cara yang perlu kalian praktikkan yaitu pegang garpu di tangan kiri dan pisau di tangan kanan. Pisau dan garpu selalu dihadapkan ke bawah atau telungkup, kecuali untuk menyendok nasi atau sayuran yang bentuknya kecil, garpu boleh dihadapkan ke atas.

Bila terdapat lebih dari satu pasang peralatan makan, kalian harus gunakan terlebih dahulu yang letaknya paling jauh dari piring. Setelah itu, bentangkan serbet di atas pangkuan atau paha kalian. Serbet tersebut akan digunakan untuk menyeka bibir kalian setelah makan.

2.      Pahami Jenis Makanan

Dikutip dari Indonesian Chef Association, dalam table manner akan terdapat urutan makanan yang disajikan. Urutan tersebut terdiri dari hidangan pembuka (appetizer), hidangan utama (main course), dan hidangan penutup (dessert). Karena itu, pastikan kalian mengetahui masing-masing menu dari hidangan ini,

·         Appetizer

appetizer table manner

source: istockphoto

Appetizer merupakan hidangan pembuka yang disajikan dengan porsi kecil (satu sampai dua gigitan) atau hidangan pembangkit selera makan sebelum main course. Ada dua macam appetizer yakni yang cold seperti; salad, cocktail, sorbet dll. Serta yang hot, yakni; sup, kroket, atau rissoles.

Untuk salad, gunakan garpu dan pisau. Sedangkan untuk sup, gunakan sendok sup yang biasanya berujung bundar.

Cara menyendok sup juga harus diperhatikan, yakni dari sisi tubuh kalian ke arah luar. Sup yang hanya berisi cairan tanpa isi, kalian seruput pada sisi samping sendok. Sedangkan jika ada isinya, boleh kalian masukkan sendoknya ke dalam mulut dari bagian ujung sendok.

·         Main Course

source: istockphoto

Main course atau makanan utama adalah hidangan pokok dari suatu susunan menu lengkap yang dihidangkan pada waktu lunch atau dinner. Umumnya terdiri atas lauk pauk hewani dan sayuran seperti kol, brokoli, atau buncis.

Dalam jamuan menu daging, ada dua gaya yang bisa kalian ikuti, yakni Amerika dan Eropa.

Pada gaya Amerika, daging dipotong kecil-kecil dahulu baru pindahkan garpu ke tangan kanan lalu suap ke mulut. Sedangkan gaya Eropa, pisau tetap di tangan kanan dan garpu di tangan kiri. Lalu potong dan suap langsung daging ke dalam mulut kalian.

Kalian boleh sambil mengobrol dengan mitra selama menyantap main course ini. Jika ingin minum, seka terlebih dahulu bibir kalian dengan serbet agar gelas nggak terkena minyak makanan dari bibir.

·         Dessert

source: istockphoto

Sebagai hidangan penutup, dessert umumnya bercita rasa manis untuk membuat mulut nyaman setelah makan sesuatu yang gurih. Ada dua jenis dessert yakni yang cold berupa es krim, pudding, dan cake; serta yang hot seperti apple pie, banana flambe, dan souffle.

Menyuap dessert berkuah seperti pudding yang ber-vla, tata caranya sama seperti menyendok sup yakni dari bagian tubuh ke arah luar atau depan.

Teh atau kopi juga disediakan saat dessert. Kalian harus meminumnya dengan cara mengangkat cangkirnya ke arah mulut. Jangan menyeruput minuman dengan sendok.

3.      Perhatikan Gestur atau Sikap

source: istockphoto

Gestur dan cara bersikap menjadi aspek penting yang wajib kamu perhatikan dalam table manner. Hal ini mencakup berbagai elemen, mulai dari posisi duduk hingga cara makan.

Beberapa gestur yang harus kalian perhatikan antara lain;

  • Duduklah dengan tegak. Jangan duduk bersandar dengan gerakan malas atau merosot di kursi . Jarak badan dan tepi meja kira-kira 5 jari.
  • Simpan tas, dompet, atau barang bawaan pribadi lainnya di belakang kursi, jangan ditaruh di atas meja.
  • Perhatikan posisi tangan saat sedang makan. Tangan gak boleh terbuka terlalu lebar karena akan memakan banyak tempat. Hindari meletakkan siku di atas meja.
  • Kunyah makanan sambil menutup mulut dan jangan mengecap. Jika ingin berbicara, jangan dalam keadaan mulut terisi makanan.
  • Ucapkan ‘permisi’ jika dalam acara makan ingin izin ke toilet atau mengangkat telepon. Jangan lupa letakkan alat makan secara bertumpuk dalam posisi istirahat.
  • Setelah selesai makan, letakkan alat makan, seperti sendok, garpu, dan pisau, dalam keadaan terbalik dan membentuk huruf X.

Nah, itu tadi beberapa panduan mengenai tata cara dan aturan table manner. Semoga bisa membantu kalian saat menghadiri jamuan makan resmi suatu saat nanti ya!

Related Articles

Connect with Nibble