Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Istimewa

Berburu Kuliner Medan, Si Ibu Kota Makanan di Barat Indonesia

December 3, 201913 min readNibble's Guide

Apa kota di Pulau Sumatera yang paling ingin kalian kunjungi? Kalau jawabannya adalah Medan, itu artinya kalian harus menyimak artikel ini sampai selesai karena kami akan mengulik hal-hal seru yang ada di Kota Medan dan sekitarnya. Mulai dari kuliner Medan, sampai tempat wisata, semua akan kami bahas lengkap di guide ini. Yuk, ikutin perjalanan kami!

Hari Pertama

Perjalanan ke Medan dari Jakarta bisa ditempuh dengan nyaman dengan pesawat selama sekitar 2 jam 20 menit. Harga tiket pesawat dari Jakarta ke Medan cukup beragam, mulai dari Rp1.150.000an, bahkan bisa lebih murah lagi jika kalian memesannya dari jauh-jauh hari.

Nah, di hari pertama, kami akan mengajak kalian berkeliling untuk mencicipi kuliner Medan, serta tempat-tempat paling ikonik di Ibukota Sumatera Utara ini. Penasaran? Simak yuk perjalanannya.

Bobo Cantik di Bobotel

Photo source: artotelgroup

Tempat penginapan yang dilengkapi dengan pojok-pojok instagenic kini semakin diminati para traveler. Kalau kalian salah satunya, kami sangat merekomendasikan untuk menginap di Bobotel. Lokasinya strategis sekali karena berada di tengah kota, jadi perjalanan kalian mengelilingi Kota Medan akan jauh lebih efisien dan efektif.

Menginap di Bobotel juga tak akan membuat kalian bangkrut karena harganya sangat murah meriah. Biaya menginap per malamnya hanya sekitar Rp320.000 saja. Biarpun murah, suasananya cukup nyaman, homey, dan para staffnya pun helpful.

Dan yang paling penting, interior kamar serta lobinya ditata begitu apik dan fotogenik. Maklum saja, Bobotel ini termasuk dalam jaringan Artotel group. Jadi urusan desain dan tata ruang tak perlu diragukan lagi.

Makan Soto Medan di Rumah Makan Sinar Pagi

Photo source: @sasmitaedo

Soto memang makanan Indonesia yang paling universal. Setiap kota bisa dibilang punya menu soto dengan karakter yang beda dari kota lainnya, tak terkecuali Medan. Untuk menikmati kuliner Medan yang khas ini, kalian bisa langsung menuju Rumah Makan Sinar Pagi.

Tempat makan ini paling cocok untuk sarapan, bukanya dari jam 7 pagi, dan hanya butuh waktu sekitar 5 menit untuk mencapai tempat tersebut dari Bobotel. Menu andalan di sini adalah Soto Medan. Kuah soto di sini terbuat dari santan yang cukup kental, dan ada tambahan jintan yang membuat karakter rasanya unik

Kalau dibandingkan soto kaki lima mungkin harganya terbilang mahal. Butuh sekitar Rp100.000 untuk makan buat dua orang di sini. Tapi jangan khawatir, rasanya tidak akan mengecewakan kalian kok.

Lokasi: Jl. Sei Deli, Silalas, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara.

Menikmati Kemegahan Istana Maimun

Photo source: @hadipramono82

Jika ini kunjungan pertama kalian ke Medan, Istana Maimun harus ada dalam itinerary kalian. Bangunan yang terletak sekitar 3,4 km dari RM Sinar Pagi ini berdiri megah tidak jauh dari Masjid Raya Al-Mashun dan Sri Deli Park.

Istana ini merupakan peninggalan Kesultanan Deli yang masih aktif digunakan dan jadi ikon kebanggaan Kota Medan. Untuk berkeliling di dalamnya, kalian hanya perlu membayar Rp5.000 saja. Siap-siap dibuat kagum dengan arsitektur bangunan yang mewah, cantik, dan sangat kental nuansa Melayunya.

Lokasi: Jalan Sultan Ma'moen Al Rasyid No.66, Medan Maimun, Kota Medan.

Makanan Lokal yang Bikin Nagih: Mie Sop Methodist

Photo source: @nomnommedan

Berburu kuliner di suatu kota tak akan lengkap tanpa mencicipi street food kebanggaan kota tersebut. Kalau di Medan, Mie Sop Methodist menjadi nama yang sering digaungkan oleh masyarakat lokal. Warung kaki lima ini menyajikan bakso daging sapi yang legend banget.

Bagaimana tidak, daging sapi dan tetelannya diberikan secara melimpah, sehingga kuah dan mienya lebih terlihat sebagai pelengkap saja. Jadi wajar kalau harga Mie Sop ini terbilang mahal, sekitar Rp30.000 – Rp50.000.

Lokasi spot kuliner Medan ini tak jauh dari Istana Maimun, hanya sekitar 2,5 km ke arah barat.

Lokasi: Jl. Hang Tuah No.17, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan.

Melihat Satwa Liar di Rahmat Wildlife Museum and Gallery

Photo source: @anieswulan

Sekitar 900m dari lokasi Mie Sop Methodist berada, kalian bisa berkunjung ke Rahmat International Wildlife Museum and Gallery. Tak ada salahnya bukan berlibur sambil menimba ilmu karena di museum ini kalian akan terpana dengan pengetahuan mengenai satwa liar yang sangat memesona.

Tiket masuknya hanya sekitar Rp50.000 saja. Di dalamnya terdapat lebih dari 2.500 satwa dari berbagai belahan dunia. Maka tidak salah jika museum ini mendapatkan predikat sebagai museum satwa terlengkapi di Asia.

Lokasi: Jl. S. Parman No.309, Petisah Hulu, Kec. Medan Baru, Kota Medan.

Makan Sop Sumsum di Rumah Makan Sipirok

Photo source: @hungryeyes.id

Untuk santap siang, mampirlah ke Rumah Makan Sipirok yang berada sekitar 3,8 km di arah barat dari Rahmat International Wildlife Museum and Gallery. Tempat kuliner Medan ini populer dengan Sop Sumsum dan Sop Iga yang juara. Daging yang berada pada tulang sumsumnya cukup lembut dan tidak sulit terlepas dari tulang. Kegurihan kuahnya yang berempah tak ada duanya.

Pengalaman makan siang kalian akan makin lengkap juga dengan adanya daging bakar yang dipotong tipis dan disiram sambal segar di atasnya. Harga Sop Sumsum di sini dibanderol sebesar Rp48.000.

Lokasi: Jl. Sunggal No.14, Sei Sikambing B, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan.

Pesta Durian di Ucok Durian

Photo source: @tongkrongan.medan

Belum ke Medan kalau kelen belum nongkrong di Ucok Durian. Jaraknya hanya sekitar 2,8 km saja dari RM Sipirok. Sebenarnya kalian bisa bertandang ke spot kuliner ini kapan saja karena mereka buka selama 24 jam.

Ini adalah tempat makan durian nomor 1 di Medan. Biarpun harga durian di sini cukup mahal, sekitar Rp100.000 untuk durian dalam kemasan, tapi kualitas daging duriannya boleh diadu. Rasa durian Medan memang nggak ada obatnya. Ada sensasi manis legit dan pahit dari kandungan alkohol dalam buah.

Lokasi: Jl. K.H. Wahid Hasyim No.30-32, Babura, Kec. Medan Baru, Kota Medan.

Foto Terbalik di Upside Down World Medan

Photo source: @meikitty8848

Jika masih ada waktu untuk menjelajahi Kota Medan, yuk main-main di Upside Down World. Cuma butuh 5 menit untuk mencapai tempat tersebut dari Ucok Durian. Sesuai dengan Upside Down World di kota-kota besar lainnya, kalian bisa seru-seruan berfoto dengan latar yang unik, seperti dunia yang terbalik.

Nah, yang bikin beda, di sini ada spot foto yang Medan banget, yaitu warung durian terbang. Lucu banget, kan? Tiket masuknya hanya Rp80.000 saja kok per orang.

Lokasi: Jl. K.H. Wahid Hasyim No.29, Babura, Kec. Medan Baru, Kota Medan.

Makan Malam di Nasi Goreng Wak Ribut

Photo source: @wilsonsw

Khusus buat yang suka kulineran malam, Nasi Goreng Wak Ribut pasti cocok untuk kalian. Bukanya dari jam 4 sore sampai jam 11 malam saja, tempatnya kecil, tapi selalu rame pengunjung. Nasi goreng yang paling diincar di sini biasanya adalah nasgor dengan topping daging sapi atau daging ayam dengan tambahan telur mata sapi setengah matang yang lumer di mulut.

Rasanya benar-benar bisa memuaskan perut yang keroncongan dan harganya ekonomis, sekitar Rp15.000 per porsi.

Lokasi: Jl. Multatuli No.83, Hamdan, Kec. Medan Maimun, Kota Medan.

Hari Kedua

Sebenarnya sangat sayang jika kalian hanya punya sedikit kesempatan ke daerah Sumatera Utara tanpa mengunjungi kota-kota lain di sekitar Medan. Padahal, keindahan alam Sumatera Utara itu makin nyata terlihat di luar kota Medan lho.

Maka dari itu, dalam guide liburan 3 hari 2 malam ini, kami mendedikasikan waktu selama 1 hari untuk berkunjung ke daerah Pematang Siantar, Parapat, dan Pulau Samosir.

Sarapan Dulu dengan Bihun Medan Buatan Rumah Makan Tabona

Photo source: @ajakmakan

Menikmati Bihun Medan paling autentik sudah pasti harus di kota asalnya. Rumah Makan Tabona yang sudah berdiri sejak tahun 1983 menjadi destinasi untuk menikmati kuliner Medan yang ikonik ini. Kalian bisa membuktikan kelezatan Kari Bihun Medan dengan mengeluarkan uang sebesar Rp43.000an.

Semangkuk bihun berkuah kari merah akan tersaji di depan kalian. Di dalam seporsi Kari Bihun ini terdapat kentang rebus, dan varian lauk, seperti daging, ati, ampela, dan usus.

Lokasi: Jl. Mangkubumi No.17, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan.

Merasakan Keautentikan Mie Pangsit Awai di Pematang Siantar

Photo source: @mgdalenaf

Setelah mengisi perut dengan sarapan yang nikmat, kini saatnya menuju Pematang Siantar. Kalian butuh menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam dari Medan ke kota ini. Begitu sampai, perut pasti terasa kosong akibat lelah di perjalanan. Maka, isi dulu energi di Mie Pangsit Awai.

Gerai restoran ini sebenarnya ada juga di Medan, tapi bersantap di gerai aslinya pasti akan terasa beda, bukan? Mie Pangsit Awai terkenal dengan bentuknya yang lebih keriting dan teksturnya yang kenyal. Tak hanya itu, porsi pangsit mienya pun juga melimpah. Terlihat jelas taburan daun bawang, sayuran, pangsit, serta potongan charsiew yang menambah kenikmatan mie pangsit ini.

Lokasi: Jl. Sutomo No.101, Dwikora, Kec. Siantar Bar., Kota Pematang Siantar.

Menyaksikkan Cantiknya Patung Dewi Kwan Im

Photo source: pusatinfowisata26

Selagi berada di Pematang Siantar, mampirlah sejenak ke Patung Dewi Kwan In yang lokasinya sekitar 1 km dari Mie Pangsit Awai. Meski identik dengan agama Budha, namun tempat wisata ini sangat menarik untuk semua kalangan. Wajar saja, patung yang berada di sini disebut-sebut sebagai Patung Dewi Kwan Im tertinggi di Asia Tenggara lho. Untuk menyaksikan cantiknya patung ini, kalian hanya perlu membayar Rp10.000.

Lokasi: Jl. Gn. Pusuk Buhit, Kebun Sayur, Kec. Siantar Tim., Kota Pematang Siantar.

Menyantap Miso Bakso Andalan Warung Miso Pematang

Photo source: @medanfoodblog

Sebelum menuju Parapat untuk menyeberangi Danau Toba ke Pulau Samosir, ada baiknya kalau kalian mengisi perut dulu di Warung Miso Pematang. Warung makan ini cukup luas dan yang menjadi menu terjuara di sini adalah Miso Bakso. Satu porsi Miso Ayam Bakso bisa didapatkan dengan harga Rp14.000. Kalian akan dimanjakan dengan 3 bakso ukuran sedang, bihun, tahu, dan suwiran ayam.

Lokasi: Jl. Sudirman No.36, Teladan, Kec. Siantar Bar., Kota Pematang Siantar.

Mengagumi Keajaiban Danau Toba di Parapat

Photo source: triplaketoba

Ini dia perjalanan yang paling ditunggu-tunggu, yaitu perjalanan menuju ke Danau Toba. Dari Warung Miso Pematang hanya butuh waktu sekitar 1 jam 15 menit untuk sampai di Pelabuhan Fery Ajibata Parapat. Dari pelabuhan ini, kalian bisa menikmati keindahannya Danau Toba yang merupakan danau terbesar di Indonesia.

Di tengah danau ini, ada Pulau Samosir yang terkenal kental dengan budaya bataknya. Untuk menuju pulau tersebut, kalian bisa naik kapal Fery dan membayar sekitar Rp115.000 jika membawa mobil.

Lokasi: Tiga Raja, Girsang Sipangan Bolon, Simalungun.

Terpukau dengan Pesona Desa Tomok di Pulau Samosir

Photo source: Dolan Dolen

Setelah mengarungi birunya air danau selama 30 menit, kalian akan sampai di Desa Tomok yang merupakan desa wisata paling menarik di Pulau Samosir. Di desa ini, kalian bisa berkeliling di pasar tradisional untuk membeli ulos dan berbagai suvenir khas Batak.

Terdapat pula makam Raja Sidabutar yang sangat diagungkan di desa ini. Kalian juga wajib berkunjung ke Museum Batak Tomok serta melihat Boneka Sigale-Gale. Kalau suka hiking, mendakilah ke Bukit Holbung di mana kalian bisa menikmati kerennya Danau Toba dari ketinggian.

Puas Makan Seafood di Wajir Seafood

Photo source: @begahbareng

Selesai menjelajah Desa Tomok di Pulau Samosir, ini saatnya untuk kembali ke kota Medan. Perjalanan dari Parapat ke kota Medan akan memakan waktu sekitar 3 jam 40 menit. Untuk membayar rasa lelah di perjalanan, kalian bisa menikmati kuliner Medan di Wajir Seafood.

Hati-hati makan di sini, karena kelezatannya, semua makanan di Wajir Seafood akan membuat kalian lupa diet. Kalian harus memesan Kepiting Saos Pedas yang dijual dengan harga Rp18.000 per ons. Saus pedasnya dijamin akan membuat kalian bercucuran keringat saat menyantapnya.

Lokasi: Jl. Kol. Sugiono No.31, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan.

Ngemil Malam di Murni Martabak Piring

Photo source: @hungrygomedan

Sebelum kembali beristirahat di hotel, cari cemilan dulu yuk di Murni Martabak Piring. Spot kuliner Medan ini sudah berdiri sejak tahun 1974 lho. Beda dari martabak biasa, martabak di sini dibuat dengan cetakan piring enamel. Ukurannya mini-mini, dan mereka hanya menyediakan varian rasa martabak klasik, seperti topping cokelat, kacang, dan keju. Untuk menikmatinya, siapkan modal sebesar Rp4.000 – Rp7.500 saja.

Lokasi: Jl. Tjong Yong Hian No.43, Ps. Baru, Kec. Medan Kota, Kota Medan.

Hari Ketiga

Sampailah kita di hari terakhir liburan di Medan. Masih ada banyak lho kuliner Medan yang wajib dicicipi dan tempat wisata hits yang akan memperindah feed Instagram kalian. Yuk simak perjalanan hari terakhir di Medan.

Dahsyatnya Lontong Medan di Lontong Kak Lin

Photo source: @eatwithkoko

Kalian pasti familiar dong dengan Lontong Medan? Kalau mau mencoba Lontong Medan asli, kalian bisa langsung menuju Lontong Kak Lin. Sekilas, penampilan lontong Medan mirip seperti ragam lontong sayur yang ada di berbagai kota di Indonesia. Namun, kalau lidah kalian sensitif, lontong Medan biasanya terasa lebih kaya dalam segi rasa.

Pantas saja rasanya lebih enak, bumbu serta pelengkap yang digunakan saja sangat beragam, ada bihun goreng, kerupuk udang, keripik kentang, tauco, ikan teri, sambal tempe, buncis, serundeng dan bumbu rendang. Kalian hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp30.000 – Rp40.000 untuk seporsi lontong Medan di sini.

Lokasi: Jl. Teuku Cik Ditiro No.8m, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan.

Berkunjung ke Rumah Saudagar: Tjong A Fie Mansion

Photo source: Cerita Liana

Satu lagi landmark terkenal di Medan yang sayang dilewatkan, yaitu Tjong A Fie Mansion. Cukup siapkan Rp35.000 untuk mengeksplor bangunan kuno yang sudah dibangun sejak tahun 1800an. Ternyata bangunan ini adalah milik seorang saudagar kaya asli Tiongkok bernama Tjong A Fie.

Arsitektur bangunan ini tampak vintage dan misterius. Di dalamnya terdapat koleksi benda-benda klasik milik Tjong A Fie. Kesan eksotis yang terpancar dari bangunan ini membuatnya perfect dijadikan spot untuk berfoto-foto.

Lokasi: Jl. Jend. Ahmad Yani No.105, Kesawan, Kec. Medan Bar., Kota Medan.

Bihun Bebek Kumango Paling Fenomenal

Photo source: @jmeriana

Jika perut sudah lapar setelah mengelilingi Tjong A Fie Mansion, di dekat sana ada tempat makan Bihun Bebek Kumango. Spot kuliner Medan ini dikenal sebagai penyaji Bihun Bebek termahal. Bayangkan saja, satu porsi kecilnya dijual dengan harga Rp60.000.

Tapi harga memang tidak pernah bohong. Potongan daging bebeknya banyak dan bikin puas. Belum lagi kuah supnya yang terasa sedap berkat perpaduan kaldu ayam dan bebek. Jam operasionalnya sangat singkat lho, hanya dari jam 7 pagi sampai 11 siang saja. Jadi kalian harus buru-buru saat mau mampir ke sini.

Lokasi: Jl. Kumango No.15, Kesawan, Kec. Medan Bar., Kota Medan.

Indahnya Taman di The Le Hu Garden

Photo source: Agnesiarezita

Jika masih ada tenaga yang tersisa untuk berwisata agak jauh, bertandanglah ke The Le Hu Garden di Kabupaten Deli Serdang. Kalian hanya perlu menempuh perjalanan selama 45 menit saja untuk mencapainya.

Tempat wisata ini seperti taman bunga. Ada banyak foto corner yang tersedia, seperti jembatan merah, jembatan bambu, dan lain sebagainya. Tiket masuknya hanya Rp10.000 per orang.

Lokasi: Jl. Pendidikan, Deli Tua Bar., Kec. Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang.

Makan di RM Acuan Pek Cam Kee yang Hits Abis

Photo source: @devina_citra

Setelah asik mengunjungi The Le Hu Garden, kalian bisa kembali ke Medan dan singgah di RM Acuan Pek Cam Kee. Untuk warga Medan, nama Acuan sangat dikenal. RM Acuan merupakan pemain senior dalam dunia industri kuliner Medan.

Mereka dikenal memiliki Pek Cam Kee alias ayam rebus yang super enak, Leng Poa atau santapan dingin, bubur ayam, dan nasi ayam. Kalau lagi ke sini rame-rame, kami sangat merekomendasikan Leng Pua. Menu ini disajikan langsung dalam porsi besar, bisa untuk dua atau tiga orang. Harganya sekitar Rp105.000-Rp150.000.

Lokasi: Jl. Asia No.151-A, Sei Rengas II, Kec. Medan Area, Kota Medan.

Menjajal Makanan Aceh di Mie Aceh Titi Bobrok

Photo source: @mgdalenaf

Begitu dekatnya lokasi Medan dengan Aceh membuat kota ini seperti melting pot. Mie Aceh Titi Bobrok pun menempati hati penggila kuliner Medan. Tempat makan ini sudah berdiri sejak tahun 1996. Dari yang asalnya hanya berupa warung makan biasa, sekarang sudah berkembang di tempat yang lebih luas dan punya pelanggan yang sangat banyak, bahkan sampai ke negeri tetangga.

Mie Aceh Kepiting menjadi menu primadona di sini. Hanya dengan Rp27.000, kalian bisa menyantap mie kuning  berbumbu dengan topping kepiting yang luar biasa banyak.

Lokasi: Jl. Setia Budi No.17D, Sei Sikambing B, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan.

Seru sekali bukan guide liburan dan berburu kuliner Medan selama 3 hari 2 malam? Yuk tunggu apalagi untuk segera mengunjungi Medan?

Related Articles

Connect with Nibble