Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

Apa Itu Flaxseed dan Manfaatnya Buat Tubuh

July 8, 20214 min readHealthy Foodie

Flaxseed saat ini gencar disebut sebagai salah satu sumber makanan nabati yang layak dijadikan superfood. Bahan makanan berwujud biji-bijian berwarna coklat ini berasal dari tanaman rami (Linum usitatissimum) yang sudah dikembangkan di Mesir dan Tiongkok kuno sejak ribuan tahun lalu. Biji-bijian rami ini sudah digunakan sebagai bahan terapi kesehatan ayurveda sejak masa dahulu.

Sekarang, biji rami ini sudah tersedia dalam bentuk biji-bijian, minyak, bubuk, tablet, kapsul, dan tepung. Banyak yang menggunakannya sebagai suplemen makanan untuk mencegah beragam penyakit.

source: istockphoto

Nutrisi yang Terkandung Dalam Flaxseed

Melansir dari Medical News Today, biji rami ini kaya kandungan serat dan asam lemak baik seperti asam lemak omega-3 dan asam lemak alfa-linolenat (ALA). Selain itu terkandung juga vitamin dan mineral termasuk vitamin B, folat, kalsium, magnesium, kalium, fosfor, tembaga, zat besi, dan zinc. Dan sebagai biji-bijian, makanan ini tentu juga mengandung karbohidrat dan protein.

Kandungan asam lemak omega-3 dan seratnya yang tinggi membuat khasiat biji rami ini populer sebagai makanan super, khususnya untuk pola makan sehat dan program diet.

source: istockphoto

Manfaat Mengonsumsi Flaxseed

Mempunyai kandungan nutrisi yang segudang, membuat bahan makanan berwujud biji-bijian ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat kesehatan yang bisa kalian dapat dari mengonsumsi flaxseed.

1.      Membantu Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan senyawa lignan di dalamnya memiliki sifat antioksidan dan estrogen. Keduanya bisa membantu menurunkan risiko kanker dan meningkatkan kesehatan. Biji rami ini bahkan mengandung lignan hingga 800 kali lebih banyak daripada makanan nabati lainnya. Berbagai penelitian sudah membuktikan bahwa lignan di dalamnya cukup efektif membantu menurunkan risiko kanker payudara dan kanker prostat.

source: freepik

2.      Menurunkan Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung

Flaxseed bisa menjadi makanan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol sekaligus menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut karena kandungan serat, omega-3, dan fitosterol di dalamnya cukup tinggi.

Fitosterol di dalamnya bisa menekan kadar kolesterol jahat atau LDL (low-density lipoprotein), sekaligus kadar kolesterol secara keseluruhan. Meski demikian, makanan ini nggak terlalu berdampak dalam memproduksi HDL (high-density lipoprotein) atau kolesterol baik.

3.      Menurunkan Tekanan Darah

source: freepik

Selain mengurangi kolesterol jahat, flaxseed juga punya kemampuan dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian di Kanada menemukan bahwa makan 30 gram biji rami setiap hari selama enam bulan, bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Masing-masing sebesar 10 mmHg dan 7 mmHg.

Penurunan tekanan darah sebesar itu sudah cukup bisa untuk menurunkan risiko kematian akibat penyakit stroke sebesar 10 persen dan risiko penyakit jantung sebesar 7 persen.

4.      Mengontrol Kadar Gula Darah

Pada sebuah penelitian menunjukkan asupan biji rami sebanyak tiga kali sehari selama 3 bulan, terlihat bisa membantu menstabilkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi 13 gram biji rami sehari memiliki kadar glukosa darah dan insulin yang lebih rendah.

source: freepik

5.      Mencegah Sembelit dan Merawat Pencernaan

Seperti halnya kalangan biji-bijian, biji rami ini mengandung dua jenis serat makanan, yakni serat larut (20-40 persen) dan tak larut (60-80 persen). Serat larut berfungsi sebagai pencahar alami karena kemampuannya melunakkan feses. Sehingga kotoran bisa melewati saluran gastrointestinal dan lebih mudah dikeluarkan.

Sementara itu, serat tak larut membantu menstimulasi sistem pencernaan untuk memindahkan limbah melalui usus dan meningkatkan keteraturan usus. Kedua jenis serat tersebut bekerja sama untuk mendukung kesehatan pencernaan.

6.      Menekan Rasa Lapar dan Bagus Untuk Diet

source: freepik

Bahan makanan super ini juga sangat baik dikonsumsi pada orang yang sedang menjalani program diet. Hal tersebut karena serat larutnya yang cukup tinggi. Serat ini bergabung dengan air untuk membentuk konsistensi seperti gel dan memperlambat pengosongan lambung. Sehingga, kalian akan merasa kenyang lebih lama tanpa terganggu rasa lapar.

Hasil analisis dari 45 studi menyimpulkan bahwa konsumsi biji rami (terutama 30 gram sehari, atau sekitar dua sendok makan) bisa berdampak pada penurunan berat badan dan menyusutnya lingkar pinggang.

Nah, itu dia segudang manfaat yang bisa dirasakan dari mengonsumsi flaxseed. Bagaimana Nibblers, tertarik nggak nih untuk mencoba?

Related Articles

Connect with Nibble