Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Freepik

7 Pencahar Alami Saat Kamu Susah BAB

July 7, 20214 min readHealthy Foodie

Ada banyak lho pilihan makanan yang berfungsi sebagai pencahar alami di kala sembelit menyerang. Sembelit (konstipasi) merupakan kondisi pencernaan yang mengalami sulit buang air besar (BAB). Biarpun bukan penyakit yang fatal, tapi sangat membuat perut dan saluran pencernaan kita jadi nggak nyaman.

Banyak orang yang menggunakan obat sembelit kimia yang dijual di apotek sebagai pencahar. Tapi, hal tersebut menyebabkan kekhawatiran kalau nantinya malah berujung efek samping. Selain itu, banyak juga yang takut jadi ketergantungan pada obat-obatan kimiawi untuk melancarkan BAB.

Oleh karena itu, daripada khawatir akan ketergantungan obat-obatan kimia. Nibble kasih kalian rekomendasi bahan makanan yang bisa dijadikan pencahar alami. Simak ya!

Makanan Pencahar Alami

Beberapa ahli mengatakan, idealnya kita BAB setiap hari untuk membuang kotoran di pencernaan dan racun yang menumpuk. Akan tetapi, banyak orang yang mengalami kesulitan dengan hal itu, dan terserang sembelit.

source: freepik

Penyebab sembelit sangat beragam, tapi umumnya dipicu karena kurang konsumsi makanan berserat dan jarang olahraga. Berikut ini pilihan konsumsi untuk obat pencahar alami yang dirangkum dari Healthline.

1.      Air Putih

Air merupakan kebutuhan esensial untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan membantu melancarkan pembuangan. Dengan kandungan air yang tercukupi, saluran pencernaan dapat bekerja optimal dan feses juga menjadi lunak serta mudah dikeluarkan. Itu sebabnya, minum air putih yang teratut adalah obat pencahar alami yang paling ampuh.

source: freepik

Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Tapi pada orang dewasa umumnya disarankan minum seenggaknya 8 gelas air per hari atau sekitar 2 liter. Pastikan kondisi cairan tubuh tercukupi untuk mencegah sembelit.

2.      Kopi

source: istockphoto

Bagi beberapa orang, minum kopi langsung membuat perut mulas dan ingin langsung buru-buru ke toilet. Kopi bisa merangsang otot-otot di usus besar kalian, yang nantinya menghasilkan efek pencahar alami dan rasa mulas.

Hal tersebut karena kopi yang masuk saluran pencernaan bisa bereaksi dengan hormon gastrin. Hormon gastrin inilah yang membantu memecah makanan di lambung dan meningkatkan pergerakan usus. Oleh karena itu, minum kopi untuk diet juga ampuh membuang racun-racun di saluran pencernaan dan membantu menurunkan berat badan.

3.      Pepaya

source: istockphoto

Sudah bukan rahasia lagi kalau pepaya adalah buah yang cukup ampuh untuk melancarkan BAB. Hal ini karena adanya kandungan zat bernama papain di dalamnya. Papain merupakan enzim protease yang akan memudahkan proses pencernaan protein di dalam usus, sehingga BAB juga semakin lancar.

Selain mengandung papain, pepaya juga kaya akan serat. Bayangkan dalam 100 gram buah pepaya terkandung 1,3 gram serat. Berdasarkan hal tersebut, pepaya bisa disebut sebagai pencahar alami yang sangat efektif.

4.      Buah Apel

source: freepik

Apel termasuk buah yang kaya akan serat dan menyediakan sekitar 3 gram serat per 125 gramnya. Nilai tambahnya, mereka juga mengandung pektin, sejenis serat larut yang bisa bertindak mempercepat proses fermentasi makanan di usus.

Fermentasi pektin akan menghasilkan asam lemak berantai yang pendek. Nah, asam lemak ini kemudian akan menarik lebih banyak air ke usus. Sehingga, feses akan lebih lunak dan gejala sembelit semakin berkurang.

5.      Polong-Polongan

source: freepik

Polong-polongan yang di dalamnya antara lain, buncis, lentil, kacang polong, kacang merah, kedelai dan kacang tanah merupakan sumber serat yang tinggi. Makan polong-polongan bisa membantu meningkatkan produksi asam butirat tubuh. Asam butirat tersebut adalah sejenis asam lemak rantai pendek yang bisa bertindak sebagai pencahar alami.

Serat beserta asam butirat tersebut turut menambahkan bobot massa tinja dan melunakannya. Dengan begitu, maka mengonsumsi polong-polongan secara rutin akan memudahkan pengeluaran feses.

6.      Sayuran Hijau

source: istockphoto

Sayur-sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli, bayam, kale, dan kubis memiliki ragam nutrisi baik dan juga serat yang tinggi. Mineral magnesium dan serat di dalam sayuran terbukti bisa membantu meningkatkan berat dan volume pada feses. Sehingga, feses akan lebih mudah melewati usus. Konsumsi sayuran hijau sangatlah dianjurkan untuk mendukung gaya hidup sehat.

7.      Yogurt dan Kefir

source: freepik

Yoghurt dan kefir dikenal sebagai olahan fermentasi susu yang tinggi kandungan probiotiknya. Probiotik sendiri sudah dikenal akan kemampuannya menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus dan merawat saluran pencernaan.

Probiotik adalah mikroorganisme kecil yang memecah serat sehingga mudah dicerna. Ketika kalian memiliki lebih banyak bakteri baik ini di saluran pencernaan, hal itu akan membantu pembuangan lebih lancar dan cepat.

Nah, itu tadi Nibblers deretan 7 asupan untuk tubuh yang berfungsi sebagai pencahar alami. Penting untuk kalian memastikan kesehatan saluran pencernaan dengan rutin melakukan BAB yang idealnya setiap hari. Dengan terjaganya saluran pencernaan, maka keseluruhan organ tubuh lainnya juga bisa terawat dengan baik.

Related Articles

Connect with Nibble