Healthy Foodie

7 Makanan Sumber Zinc untuk Dongkrak Imun Tubuh

by Danang Lukmana | July 07, 2021

7 Makanan Sumber Zinc untuk Dongkrak Imun Tubuh
Makanan sumber zinc sangat diperlukan tubuh untuk memperkuat sistem imunitas dan menjaga pembentukan sel baru. Terlebih pada masa pandemi seperti sekarang, bahkan makin banyak berkembangnya varian baru. Bayangkan kalau tubuh kalian kekurangan zinc, bisa-bisa jadi mudah terserang beragam penyakit. Zinc atau seng adalah mineral yang sangat penting untuk mendukung kesehatan tubuh kita dari terpaan beragam penyakit. Fungsinya antara lain untuk mendukung proses metabolisme, memperkuat kekebalan tubuh, serta memperbaiki dan menumbuhkan sel jaringan tubuh yang baru. Untuk bisa memenuhi kandungan nutrisi tersebut, berikut ini makanan sumber zinc yang bisa kalian konsumsi secara rutin. Yuk simak apa saja sumber makanan tersebut.

Makanan Sumber Zinc untuk Dikonsumsi Selama Pandemi

Nibblers, tubuh kita nggak bisa menyediakan zinc sendiri. Oleh karena itu, sangat penting untuk mendapatkannya dari asupan sumber makanan harian. Melansir dari Medical News Today, standar kecukupan zinc laki-laki dewasa  11 miligram per hari, sedangkan perempuan 8 miligram (11 miligram saat hamil) per hari. Berikut ini bahan makanan sumber zinc atau seng yang bisa kalian konsumsi untuk mencukupi mineral tersebut;

1.      Daging

source: istockphoto

Daging merah terutama, adalah sumber zinc yang sangat bagus. Kandungan jumlah zinc yang tinggi bisa kalian dapatkan di semua jenis daging merah, seperti daging sapi, babi, dan kambing. Satu porsi 100 gram (3,5 ons) daging giling mentah mengandung 4,8 mg zinc yang bisa mencukupi 44% dari kebutuhan nilai harian. Selain itu, daging merah juga kaya akan protein, lemak, vitamin B kompleks, serta zat besi. Supaya asupan zat gizinya semakin optimal, pilihlah daging segar dan bagian lemak yang sedikit. Batasi konsumsi daging olahan seperti sosis, bakso, dan sejenisnya.

2.      Hati Sapi

source: freepik

Gak cuma dagingnya saja yang bermanfaat, bagian hati sapi juga menyediakan asupan zinc yang sangat baik. Dalam 3 ons hati sapi, sudah bisa mencukupi nyaris setengah kebutuhan zinc harian kalian. Di masyarakat Indonesia juga sudah umum olahan berbahan dasar hati, seperti sambal goreng, gulai, maupun rendang. Yang penting jangan berlebihan mengonsumsinya.

3.      Susu dan Produk Olahannya

source: freepik

Susu segar maupun produk olahannya seperti ragam jenis keju, merupakan makanan sumber zinc yang sangat lezat dan banyak disukai. Jenis zinc yang ada di dalam produk susu, lebih mudah diserap oleh tubuh. Contohnya, dalam 100 gram keju cheddar mengandung 28% kebutuhan zinc harian, sementara itu 1 gelas susu bisa mencukupi kebutuhan sebanyak 9%. Manfaat lain dari produk susu adalah kandungan nutrisi yang penting lainnya yakni protein, kalsium, dan vitamin D yang bagus untuk tulang dan otot.

4.      Telur

source: pexels

Siapa yang gak suka makan telur? Bahan makanan ini merupakan pilihan makanan bernutrisi tinggi yang mudah dan murah untuk rumah tangga. Kandungan zinc dalam telur juga terbilang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian rata-rata orang dewasa. Satu butir telur ukuran besar mengandung 1 miligram zinc yang kira-kira setara dengan 9% kebutuhan harian orang dewasa. Selain itu, kalian bisa memperoleh asupan protein, lemak sehat, vitamin B kompleks, dan selenium dari bahan pangan ini.

5.      Kacang-Kacangan

source: pexels

Makan kacang-kacangan bukan hanya bisa memenuhi kebutuhan protein dan serat, tapi juga kebutuhan zinc harian. Di antara banyaknya jenis kacang-kacangan, kalian bisa memilih kacang tanah, mete, dan almond yang memiliki kandungan zinc cukup tinggi. Segenggam kacang mete bahkan bisa memenuhi sekitar 15% kebutuhan zinc harian. Selain itu, konsumsi kacang-kacangan juga bisa memberikan tubuh asupan mineral lain seperti magnesium, fosfor, tembaga, dan mangan.

6.      Polong-Polongan atau Legum

source: freepik

Selain kacang-kacangan, polong-polongan atau legum juga mampu memenuhi kebutuhan zinc harian. Pilihan makanan ini paling cocok untuk kalian yang menjalani pola hidup vegan dan vegetarian. Polong-polongan seperti buncis, lentil, dan kacang polong semuanya mengandung zinc dalam jumlah besar. Makan polong-polongan bisa mencukupi 12% kebutuhan zinc harian kalian. Makanan ini juga mengandung nutrisi sehat lainnya, termasuk lemak dan serat sehat, serta sejumlah vitamin dan mineral lainnya.

7.      Tiram

source: freepik

Makanan lainnya yang mengandung banyak zinc adalah tiram dan bangsa kerang-kerangan. Dengan mengonsumsi satu porsi tiram segar, kalian sudah bisa memperoleh asupan zinc sebesar 5,5 miligram. Jumlah ini nyaris setara dengan 50% kebutuhan harian orang dewasa. Selain itu, tiram juga mengandung banyak vitamin dan mineral, terutama selenium dan vitamin B12. Tiram termasuk makanan yang rendah kalori, jadi nggak perlu terlalu kuatir terjadinya kegemukan. Nah, itu tadi Nibblers 7 pilihan makanan sumber zinc untuk mendongkrak imunitas tubuh kalian. Ayo sama-sama perkuat daya tahan tubuh di masa pandemi Covid-19 ini dengan konsumsi makanan yang bergizi!