Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Istockphoto

Kenalan Sama 7 Jenis Roti Tawar yang Terkenal di Dunia

August 5, 20214 min readFood

Banyak lho jenis roti tawar yang bisa kalian nikmati. Kebanyakan orang Indonesia cuma mengenal roti tawar original biasa yang sebetulnya termasuk jenis roti putih. Umumnya memang varian yang dijual di sini hanya jenis roti tawar putih atau roti tawar gandum utuh. Sehingga gak banyak yang tahu tentang variasi jenis lainnya yang dikenal oleh masyarakat dunia.

Bermacam variasi jenisnya tersebut sebetulnya sama saja kok seperti pembuatan bahan dasar roti secara umum. Hanya berbeda sedikit teknik pembuatan, teknik fermentasinya, atau bahkan baku yang dipakai. Sebagian besar orang mengenal roti tawar cuma dibuat dari tepung gandum, tapi ada juga lho yang terbuat dari tepung gandum hitam, barley, hingga tepung jagung.

Variasi Jenis Roti Tawar di Dunia

Ada sekian banyak jenis roti tawar yang dikenal masyarakat dunia. Berikut ini beberapa yang paling populer dan sering dikonsumsi, dilansir dari Delish. Simak ya!

1.      White Bread atau Jenis Roti Tawar Biasa

Seperti sudah disinggung sebelumnya, roti tawar biasa yang sering kalian jumpai adalah jenis white bread ini. Karena terbuat dari bahan dasar gandum dan ragi, roti tawar ini punya tekstur yang lembut serta berwarna putih bersih seperti warna tepung terigu biasanya. Roti ini lah yang enak dibuat sandwich, dioles selai ataupun dipanggang hingga renyah.

source: istockphoto

Dilansir dari Livestrong, standarnya dalam 2 lembar roti tawar ini mengandung 28 gram karbohidrat, 4 gram protein, dan 1 gram lemak. Selain itu ada juga kandungan 2 gram serat, 2 gram gula, dan 140 kalori. Oleh karena kandungan gizi tersebut, roti ini cukup untuk menu sarapan kalian.

2.      Jenis Roti Tawar Gandum

Selain roti tawar biasa, yang paling populer di masyarakat kita adalah roti tawar gandum atau nama lainnya whole-grain bread. Roti jenis ini dibuat dari sepenuhnya tepung gandum asli hingga lapisan kulitnya, oleh karena itulah warnanya cenderung cokelat gelap. Akan tetapi gandum utuh menjadikannya kaya nutrisi dan serat di setiap irisannya.

source: istockphoto

Karena kandungan serat dan kalorinya lebih tinggi dibanding roti tawar biasa, maka roti gandum lebih mengenyangkan. Roti ini emang punya tekstur yang agak kasar, tapi tetap enak diolah jadi beragam makanan. Tapi lebih baik jangan diolah dengan dipanggang karena cepat gosong.

3.      Multigrain Bread

Jika roti pada umumnya menggunakan bahan baku gandum, maka sesuai namanya, multigrain bread ini mengandung banyak biji-bijian lainnya. Biji-bijian sehat yang bisa digunakan untuk membuat roti ini seperti biji rami, biji labu, barley, oat, hingga biji bunga matahari. Berbagai biji-bijian tersebut menjadikannya sumber vitamin B kompleks dan serat yang baik.

source: istockphoto

Kalian gak cuma mendapatkan banyak serat, vitamin, dan mineral yang ada di dalam roti ini. Roti ini juga mengandung aroma dan cita rasa yang bervariasi karena berbagai biji-bijian di dalamnya tersebut.

4.      Baguette

Baguette adalah roti yang menjadi ciri khas umum masyarakat Prancis dan jadi makanan pokok di negara mode tersebut. Pasti kalian kenal kan dengan ciri khas roti ini yang panjang dengan tekstur kulit agak keras namun renyah. Roti baguette juga masuk ke dalam salah satu kategori jenis roti tawar.

source: istockphoto

Yang membedakan adalah bahan baku pembuatannya. Kalau roti tawar pada umumnya menggunakan tambahan telur pada pembuatannya, sedangkan baguette sama sekali nggak pakai. Oleh karena itu, teksturnya sedikit lebih keras namun renyah saat dikonsumsi.

5.      Ciabatta

Roti ciabatta adalah jenis roti tawar yang berasal dari Italia. Bahan adonannya terdiri dari tepung gandum, ragi, garam, dan air. Teksturnya sedikit berbeda dari roti kebanyakan, tapi jenis ini cukup enak dijadikan sandwich ala Italia dan panini.

source: istockphoto

Perbedaan antara roti Italia dan roti baguette Prancis adalah penggunaan tambahan minyak zaitun dalam bahan-bahannya. Biasanya, ciabatta bertekstur agak keras dengan kerak renyah berwarna coklat muda di permukaannya. Akan tetapi tekstur bagian tengah dalamnya cukup lembut dan berongga-rongga.

6.      Sourdough

Ciri khas roti sourdough ada pada sedikit rasa asam dalam adonannya. Hal tersebut akibat menggunakan proses ‘starter’ atau ragi alami dari campuran tepung gandum dan air yang dibiarkan berfermentasi. Nantinya hasil fermentasi tersebut membentuk ragi pengembang yang berguna untuk membuat adonan roti jadi mengembang ketika dipanggang.

source: istockphoto

Meskipun cuma terdiri dari adonan tepung, air, dan garam, tetapi roti ini memiliki tekstur yang renyah di bagian luar, namun sangat lembut di bagian dalam. Proses fermentasi tersebut juga bikin roti ini mengembang dengan bentuk dalamnya yang berongga-rongga.

7.      Roti Pita

Pita bread adalah jenis roti tawar yang berasal dari Timur Tengah. Roti ini berbentuk pipih dan terbuat dari tepung gandum terigu. Roti pita dipanggang secara tradisional pada suhu tinggi. Hal tersebut membuatnya punya ruang kosong seperti gelembung udara besar pada bagian tengah.

source: istockphoto

Bagian tengahnya yang kosong sering diberi isian makan khas Timut Tengah lainnya seperti falafel, maupun daging kebab. Selain itu menyantapnya bisa dengan dirobek lalu dicocol pada beragam menu seperti hummus, baba ghanous, dan minyak zaitun.

Itu dia di antaranya 7 jenis roti tawar paling terkenal di dunia. Kalau favorit kalian roti yang mana nih? Share di kolom komentar ya!

Related Articles

Connect with Nibble