Foodies Guide To F&B Industry

8 Kuliner Halal di Glodok yang Sukses Menjelajah Waktu

December 18, 20195 min readTips & Tricks

Buat kalian yang muslim tentu sangat penting untuk mencari kuliner-kuliner halal. Desire kita pada makanan-makanan enak sering kali terbentur dengan persoalan halal dan non-halalnya. Salah satu situasi yang lebih rumit adalah menemukan kuliner halal di area yang penuh dengan pilihan makanan non-halal. Contoh paling mudah adalah jika kita berburu kuliner halal di Glodok.

Kawasan Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat sudah sejak dulu menjadi salah satu pusat pecinan Jakarta. Status ini tentu membuat Glodok punya banyak sekali kuliner enak. Nah, enaknya kuliner di sini begitu melegenda sehingga siapapun ingin mencoba masakan-masakan khas Glodok. Namun, jika kalian pertama kali datang ke sini mungkin akan agak kaget karena banyak sekali kuliner non-halal di setiap sudutnya. Nah, tapi kami bisa menemukan beberapa kuliner halal di Glodok dan tentunya akan kita share di dalam list berikut ini.

Apa saja kuliner enak di Glodok yang telah menjelajah waktu dan punya status aman untuk para foodies muslim?

Ketupat Gloria 65

Photo source: Pergikuliner.com

Ketupat Gloria 65 adalah salah satu ketupat sayur yang punya rasa mantap dengan kualitas rasa yang sudah terjaga ejak tahun 1983. Semua bahan dan kuah yang dibuat di sini merupakan resep yang telah diturunkan dari satu generasi. Rasa kuah sayurnya lumayan khas ketupat sayur Jakarta dengan sensasi pedas yang nanggung. Hal ini membuat kalian yang tidak suka pedas bisa tetap menikmati kuliner ini, sedang yang doyan pedas sambalnya gratis kok.

Porsinya termasuk banyak, apalagi jika kalian ingin menambahkan lauk ayam. Potongan ayam kampungnya benar-benar besar. Nah Ketupat Gloria 65 ini termasuk kuliner halal di Glodok kok, jadi aman kan.

Lokasi: Jl. Pancoran No.22, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat.

Kedai Lao Hoe

Photo source: Backpackertambun

Kedail Lao Hoe punya dua pilihan menu andalan yakni, Laksa dan Mie Belitung. Nah kalau untuk yang laksa mungkin kalian tidak terlalu penasaran dengan rasanya, tapi bagaimana dengan mie Belitung? Ini adalah menu yang menggunakan mie kuning, irisan tahu, kentang, tauge dengan kuah yang agak manis. Selain dua menu andalan itu, kedai yang sudah ada sejak akhir 1980-an ini juga punya beberapa menu unik lainnya.

Kalian wajib banget mencoba cempedak goreng yang tentu saja sangat langka di Jakarta. Rasanya sangat mirip dengan nangka namun dengan aroma yang lebih kuat. Kedai Lao Hoe halal? Pastinya!

Lokasi: Jl. Pancoran No. 10, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat.

Soto Betawi Nyonya Afung

Photo source: Sotoafung.com

Nah soto betawi yang satu ini sudah sejak lama menjadi idola banyak orang yang berburu kuliner ke Glodok. Soto Betawi Nyonya Afung sudah ada sejak tahun 1982 dan menjadi usaha yang berkembang karena memiliki cabang di beberapa tempat di Jakarta. Autentiknya ya tentu yang di Glodok. Soto betawi di sini merupakan soto betawi halal karena hanya menggunakan daging sapi. Untuk kalian yang tidak suka kuah santan khas soto betawi bisa memilih yang kuah beningnya loh.

Lokasi: Jl. Pintu Besar Selatan IV No. 12, Glodok, Jakarta Barat.

Pempek Eirin 10 Ulu

Photo source: Pergikuliner.com

Pempek Eirin 10 Ulu merupakan salah satu kuliner halal di Glodok yang punya fans tersendiri. Lantaran tak begitu banyak penjual pempek di sekitaran Glodok, maka rekomendasi terbaik pempek ada di sini. Rasa pempeknya khas asli Palembang dengan aroma ikan tenggiri yang kentara. Selain itu kalian juga bisa mencoba varian pempek panggangnya, walau mungkin terasa agak berbeda namun tetap enak kok.

Lokasi: Jl. Pintu Kecil No. 3, Glodok, Jakarta Barat.

Gado-Gado Direksi

Photo source: Goodindonesia

Nah, kalau kalian mencari gado-gado yang enak di Glodok, jawabannya sudah pasti adalah gado-gado direksi. Kuliner ini sudah nongkrong di Glodok sejak tahun 1967 loh, jadi bisa dibilang adalah salah satu gado-gado yang berusia tua di Jakarta. Rasanya memang seperti gado-gado pada umumnya, namun karena yang kalian beli adalah nostalgia maka harga per porsinya jadi cukup lumayan. Sepiring gado-gado di sini harganya Rp40.000 loh.

Lokasi: Jl. Pintu Besar Selatan I No. 10, Glodok, Jakarta Barat.

Pantjoran Tea House

Pantjoran Tea House adalah satu-satunya tempat di dalam daftar ini yang punya lokasi paling fotogenik. Gedungnya begitu unik berasitektur Tiongkok dan Belanda membuat tempat ini sering dijadikan lokasi foto. Pilihan makanannya halal dan tentu yang harus kalian coba adalah teh yang mereka miliki. Dari segi rasa makanan semuanya standar, namun ambiance-nya tak ada yang bisa mengalahkan se-Glodok.

Lokasi: Jl. Pancoran No. 4-6, Glodok, Jakarta Barat.

Rujak Shanghai Encim

Pernah coba rujak pakai ubur-ubur atau cumi? Kalau belum ya wajib banget hukumnya kalian mencoba Rujak Shanghai Encim. Rujaknya begitu sederhana yang merupakan campuran dari kangkung, ubur-ubur, cumu-cumi, timun, dan lobak. Rujak di sini dimakan dengan menggunakan saus yang tidak biasa. Sausnya adalah campuran dari kacang tanah halus yang dicampur dengan sagu dan tomat. Rasanya unik!

Lokasi: Jl. Pancoran RT 2/RW 6, Glodok, Jakarta Barat.

Kopi Es Tak Kie

Siapa sih yang tidak kenal dengan kopi legendaris yang satu ini. Kopi Es Tak Kie adalah kedai kopi yang sudah mendiami Glodok sejak tahun 1927. Kedai kopi ini selalu ramai mulai dari jam 6 pagi dan akan selesai berjualan pada pukul 2 siang. Kopi yang disajikan punya rasa yang mungkin agak biasa karena memang menggunakan kopi lampung dan diracik dengan cara yang sama sejak dulu. Penasaran dengan cerita lengkapnya? Kami membahas cerita Kopi Es Tak Kie lebih mendalam di sini.

Lokasi: Gang Gloria, Jl. Pintu Besar Seatan III No. 4-6, Glodok, Jakarta Barat.

Itu dia kuliner halal di Glodok yang telah sukses bertahan sejak dulu dan masih bisa kita nikmati hingga hari. Semua lokasi di atas dijamin halal dan aman untuk kalian yang tidak mengonsumsi kuliner babi. Tidak sulit kan menemukan kuliner enak di Glodok?

Related Articles

Connect with Nibble