Foodies Guide To F&B Industry

9 Tahu Campur Lamongan Paling Maknyus di Jakarta

February 20, 20204 min readFoodie Trends

Nama tahu campur Lamongan terkenal banget di berbagai kota di Jawa Timur. Kepopulerannya bahkan sampai ke Jakarta berkat banyak perantau yang membawa makanan lezat ini ke ibu kota. Tahu campur merupakan hidangan berkuah dengan isi daging sapi tetelan, tahu goreng, selada, tauge, mie kuning, perkedel singkong, dan kerupuk udang. Warna kuahnya terlihat gelap karena ada bumbu petis khas Jawa Timur yang terbuat dari udang.

Buat kalian yang lagi ngidam tahu campur Lamongan di Jakarta, ini dia 9 rekomendasi tempat terbaik yang bisa didatangi.

1. Tahu Campur Fatmawati

Photo source: @faraditakalalo

Pecinta tahu campur Lamongan pasti tahu banget sama tempat ini. Bisa dibilang ini merupakan tempat makan legend yang sudah ada sejak pertengahan tahun 90an. Lokasinya berada di belakang kantor pos Fatmawati. Banyak yang mengagumi rasa autentiknya sehingga dapat mengobati rindu. Harganya juga murah meriah, seporsi tahu campur bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp18.000 saja.

Lokasi: Jl. Anuraga No.14, RW.4, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

2. Tahu Campur Ojo Lali

Photo source: @separuhakulemak

Tempat makan tahu campur Lamongan yang berada di Kalimalang ini tidak main-main menyajikan hidangannya. Tempatnya sederhana, seperti layaknya makanan kaki lima, tapi rasanya luar biasa. Bumbu petisnya cukup gurih dan memuaskan selera. Porsi kikilnya pun tidak pelit dan memuaskan kangen pada tahu campur Lamongan yang sering ditemukan di Surabaya. Harga per porsinya cuma sekitar Rp20.000.

Lokasi: Jl. Jatiwaringin Raya No. 18, Kalimalang, Jakarta.

3. Tahu Campur Lamongan

Photo source: Titis Prastowo

Tahu campur Lamongan yang berada di Rawamangun ini juga nggak kalah fenomenal. Biarpun cuma warung tenda, tapi pengunjungnya selalu ramai. Wajar saja, mereka berhasil mengolah tahu campur yang rasanya sama seperti di kota aslinya dan bisa didapatkan dengan harga Rp20.000 per porsi. Mau nambah kikil atau kerupuk pun bisa kalian lakukan di sini. Selain menu tersebut, ada juga tahu telur, tahu gunting, dan rujak cingur yang tidak kalah nikmat.

Lokasi: Jl. Paus No.7, RT.3/RW.7, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur.

4. Tahu Tek-Tek Arteri Pondok Indah Pak Joko

Photo source:  Kelvin L

Jika kalian tinggal di daerah Pondok Indah, ada Tahu Tek-Tek Arteri Pondok Indah Pak Joko yang akan memuaskan kalian dengan tahu campur Lamongan andalannya. Menempati sebuah warung sederhana, rasa tahu campur di sini boleh diadu dengan tahu campur ternama lainnya. Harganya bersahabat, sekitar Rp20.000 dengan porsi yang lumayan bikin kenyang. Di sini kalian juga bisa menyantap soto ayam Lamongan yang punya topping khas berupa koya.

Lokasi: Jl. Sultan Iskandar Muda No.25, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

5. Soto Lamongan Pak Karnadi

Photo source: Rizal Fadlan Abida

Ini adalah spot untuk menikmati soto Lamongan yang juga menjual tahu campur super enak. Tempatnya kecil dan panas, tapi buat yang kangen makan tahu campur pasti tidak akan masalah dengan kondisi tersebut. Terbukti pula dengan antrean yang sering terlihat untuk mencicipi makanan khas Jawa Timur di warung ini. Tidak heran, tahu campurnya memang jempolan dan harganya  murah meriah.

Lokasi: Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta.

6. Tahu Campur Mak Rini

Photo source: @bayoeaf

Penyebaran tahu campur di Jakarta bisa dibilang cukup merata. Ada yang berada di Jakarta Selatan, Timur, dan buat yang area barat bisa langsung ke Tahu Campur Mak Rini. Lokasinya terletak tidak jauh dari Binus, seporsi tahu campur di sini dibanderol dengan harga Rp19.000. Perpaduan antara mie kuning, tahu goreng, tauge, dan dagingnya enak banget. Apalagi saat dilahap bersama kuah petis kental yang gurihnya nendang abis.

Lokasi: Jl. Raya Kb. Jeruk No.6, RW.12, Palmerah, Jakarta Barat.

7. Tahu Campur Cak Trisno

Photo source: @santhi_eriyani

Pengobat rindu makanan Suroboyo juga bisa kalian temukan di area Bintaro. Adalah Tahu Campur Cak Trisno yang selalu menjadi tujuan warga Bintaro untuk menikmati sepiring tahu campur kebanggaan Jawa Timur. Menu seharga Rp18.000 ini punya kuah petis yang segar dengan setumpuk daging kikil kenyal yang selalu jadi incaran. Tahu gorengnya terasa lembut dan makin enak saat disantap dengan sambal.

Lokasi: Jl. RC. Veteran Raya No. 6, Bintaro, Jakarta Selatan.

8. Tahu Campur Cak Jamal

Photo source: @4ndree_28

Beralih ke Otista, kalian bisa merasakan medoknya bumbu petis dalam sepiring tahu campur Lamongan di Tahu Campur Cak Jamal. Cita rasanya sama persis dengan yang ada di Jawa Timur. Kalian juga bisa request tambahan petis untuk menciptakan rasa yang lebih bold. Kombinasi cingur sapi, tahu goreng, daun selada, dan gorengan telo di sini pasti akan membuat kalian menelan ludah karena begitu menggiurkan.

Lokasi: Jl. Otista Raya, Kampung Melayu, Jakarta.

9. Warung Arek Suroboyo

Photo source: Chi Chi Treewn

Sesuai dengan namanya, tempat makan yang satu ini adalah surganya makanan Surabaya. Selain tahu campur, kalian juga bisa menemukan soto Lamongan, tahu telur, nasi krengsengan, rawon dan rujak cingur. Untuk tahu campurnya sendiri, rasanya bikin ketagihan. Bumbu di kuahnya pas, rasanya sama seperti aslinya. Dan yang terpenting, harga makanan di sana tidak akan membuat dompet menjerit.

Lokasi: Jalan Percetakan Negara II No. 6A, RT.11/RW.10, Johar Baru, Jakarta Pusat.

Sudah siap untuk menyantap tahu campur Lamongan di Jakarta? Yang mana nih tempat favorit kalian?

Related Articles

Connect with Nibble