Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Digitaloceanspace

9 Tips Memilih Franchise Kuliner yang Bakal Sukses

January 28, 20204 min readTips & Tricks

Usaha waralaba alias franchise, khsususnya dalam bidang kuliner, kini lagi sangat diminati. Jenis bisnis ini memang dikenal lebih mudah untuk dijalankan karena tempat makan franchise sudah punya modal branding yang sudah cukup kuat, serta sistem manajemen, dan berbagai pilihan menu dengan banyak penggemarnya. Itu artinya, kita tidak perlu susah-susah membangun bisnis kuliner dari nol.

Tapi ingat, saat memilih bisnis franchise, kita juga harus hati-hati. Tidak hanya kepopuleran suatu restoran saja yang perlu kita pertimbangkan, ada banyak hal faktor lain yang juga harus dipikirkan agar usaha franchise kuliner kita tidak berhenti di tengah jalan.

Agar kesempatan untuk meraih kesuksesan makin besar, simak yuk tips memilih franchise kuliner yang tepat berikut ini.

1. Kenali Bisnis Franchise-nya

Photo source: BBC UK

Tips memilih franchise kuliner yang pertama adalah usaha kita untuk mengenali bisnis franchise yang mau dipilih. Sebenarnya akan lebih bagus lagi jika kalian punya pengalaman kerja di salah satu outlet franchise brand tersebut. Jika tidak punya, maka pastikan kalau brand franchise pilihan kalian menawarkan pelatihan bagi pemilik franchise. Dengarkan masukan dari orang-orang yang sudah pernah mencobanya, baik kisah sukses atau gagalnya.

2. Sesuaikan dengan Budget

tips memilih franchise kuliner

Photo source: bajajfinserv

Ini merupakan salah satu tips memilih franchise kuliner terpenting. Kalian boleh saja menyukai brand franchise tertentu, tapi selalu pastikan kalau modal ada di dalam jangkauan. Jika tidak, sebaiknya jangan memaksakan diri karena itu akan berakibat buruk pada bisnis kalian. Pinjaman modal melebihi perencanaan adalah salah satu indikasi bisnis kita dikuasai ambisi, bukan strategi. Saat menghitung modal, kalian juga harus memperhitungkan biaya untuk set up dan modal kerja. Jadi jangan habiskan seluruh modal untuk membeli franchise saja.

3. Tinjau Track Record Franchisor (Pewaralaba)

tips memilih franchise kuliner

Photo source: lawdonut

Dua tips memilih franchise kuliner di atas mungkin akan otomatis mempersempit pilihan kalian, sehingga membuat kalian lebih fokus pada beberapa franchisor saja. Langkah selanjutnya membutuhkan skill ‘kekepoan’ kalian. Sebelum membeli suatu franchise kuliner, kalian harus menyelidiki latar belakang pemilik brand franchise tersebut.

Tidak semua background franchisor itu sama. Kalian harus mencari tahu sudah berapa lama brand franchise itu berjalan, seberapa besar success rate dari setiap outlet franchise yang mereka miliki, dan berapa lama rata-rata Franchisee (penerima waralaba) menjalankan bisnis mereka.

4. Belajar dari Sesama Franchisee

Photo source: investopedia

Kalian bisa meminta daftar nama dan kontak penerima franchise (franchisee) dan mantan penerima franchise (ex-franchisee) dari franchisor. Kalian bisa menhubungi mereka dan belajar dari pengalaman mereka. Identifikasilah tantangan yang biasanya mereka hadapi dan belajarlah dari kegagalan para franchisee. Ini akan membuat kalian mendapatkan pembelajaran yang baik, sekaligus membantu kalian mengenali potensi keberhasilan bisnis franchise yang akan dijalankan ke depannya.

5. Pilih Lokasi yang Strategis

Photo source: jba.co.id

Lokasi memiliki peran besar untuk menentukan kesuksesan bisnis franchise. Kalian harus mendalami profile target pasar di lokasi pilihan kalian. Sebisa mungkin, pilihlah tempat yang ramai dan strategis untuk dijangkau dari berbagai sudut kota.

6. Tinjau Ulang Perhitungan Keuangan

tips memilih franchise kuliner

Photo source: njsbdc

Pastikan kalau biaya franchise yang ditetapkan oleh franchisor tidak overpriced. Jika tidak memiliki latar belakang keuangan, kalian bisa menyewa jasa akuntan untuk memeriksa proyeksi keuangan kalian serta menghitung value-nya. Memang biaya jasa yang harus kalian keluarkan untuk menyewa akuntan sangat tinggi, tapi itu worth it karena perhitungan keuangan yang tepat merupakan aset bagi bisnis di bidang apapun.

7. Cari Tahu Bantuan Apa Saja yang Akan Diberikan Franchisor

Photo source: recruit-right

Saat memutuskan untuk menjalankan bisnis franchise, kita tidak sendiri. Kita punya back up dan support dari pemilik franchise dan ini akan sangat berdampak pada sisi psikologis kita. Nah, tips memilih franchise kuliner berhubungan dengan bantuan yang ditawarkan franchisor. Kita harus tahu, bantuan seperti apa yang akan mereka sediakan, khususnya saat bisnis tidak berjalan dengan baik.

8. Konsultasikan Kontrak Kerja Sama dengan Ahli Legal

Photo source: smallbusiness

Perjanjian kerja sama antara franchisor dan kalian merupakan dokumen krusial yang memperinci hak dan kewajiban antara kedua belah pihak. Sebelum menandatanganinya, ada baiknya untuk menyewa pengacara terlebih dahulu. Pilihlah pengacara yang punya pengalaman dan pengetahuan dalam bidang franchise. Pengacara akan memastikan setiap pasal dalam perjanjian itu adil, serta menjelaskan setiap klausa yang mungkin tidak kita mengerti.

9. Tentukan Tujuan Akhir Kalian

Photo source: ondreampath

Tips memilih franchise kuliner yang terakhir berkaitan dengan tujuan kalian membeli franchise. Kalian harus punya rencana mengenai strategi exit yang akan kalian jalani di masa depan. Apakah kalian berencana untuk mewariskan bisnis franchise ini kepada keturunan kalian? Atau apakah kalian berencana untuk menjalaninya selama beberapa tahun saja sebelum memulai bisnis sendiri? Semakin jelas rencana masa depan kalian, maka semakin mudah pula bagi kalian memilih franchise kuliner yang tepat.

Menjalankan bisnis franchise tidak semudah kelihatannya ya? Banyak hal yang harus dipertimbangkan. Agar kalian semakin yakin, simak yuk Keuntungan dan Kerugian Bisnis Franchise Restoran.

Related Articles

Connect with Nibble