Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Rendi Widodo

Kopi Daong Bogor, Sejuknya Hutan Pinus di Balik Segelas Kopi

February 18, 20203 min readReviews

Buat kalian yang berdomisili di sekitar Bogor pasti paling pertama menikmati sebuah kedai kopi hits di daerah Caringin, Bogor, yakni Kopi Daong. Nah, buat yang di Jakarta dan sekitarnya sendiri sebenarnya baru beberapa bulan belakangan mendapatkan info serunya ngopi di sini. Tak pikir panjang, Nibble pun berangkat menuju Kopi Daong Bogor untuk merasakan sensasi nikmatnya minum kopi di balik sejuknya hutan pinus.

The Trip

Jika kalian berangkat dari Jakarta, menuju ke Kopi Daong akan lumayan agak-agak road trip.  Lokasinya yang berada di sebuah desa bernama Pancawati di Kecamatan Caringin ini masih lumayan jauh dari Kota Bogor. Jadi, pada dasarnya jika ingin ngopi ke sini kalian harus berstatus liburan sehari.

kopi daong bogor

Dengan mobil, kalian bisa menggunakan tol Bocimi dan keluar di pintu Caringin lalu menuju ke arah Pasar Cikreteg. Dari Pasar Cikreteg kalian sebaiknya mulai mengandalkan Google Map karena tak ada penunjuk arah yang jelas menuju Kopi Daong. Jalurnya cukup menantang dan di akhir pekan saat parkiran ramai kalian harus lebih berhati-hati karena beberapa area parkirnya lumayan off-road.

Ambiance

Mungkin kalian akan sedikit terkejut karena lokasi Kopi Daong Bogor ternyata sangat luas. Ada tiga kedai yakni kedai utama yang buka pukul 10 pagi, kedai express yang sudah buka sejak pukul 8 pagi, dan kedai signature yang punya area ngopi paling keren. Banyak sekali spot untuk duduk jadi kalian tidak perlu takut kehabisan meja sekalipun di akhir pekan. Buat kalian yang ingin menikmati suasana yang lebih kontemplatif bisa datang di hari-hari kerja.

kopi daong bogor

Jika kalian iseng mengeksplor lokasi Kopi Daong, pasti kalian akan terheran-heran karena lokasinya sangat luas. Jadi pada dasarnya lokasi Kopi Daong Bogor sendiri berada di dalam Daong Ecopark. Sederhananya, Daong Ecopark adalah sebuah lokasi ekowisata hutan pinus yang memiliki kedai kopi.

Satu perasaan yang akan kalian semua rasakan saat berkunjung ke Kopi Daong, ingin berlama-lama. Sejuknya hutan pinus di sini akan membuat kalian lupa sejenak dengan melelahkannya Jakarta. Di hari-hari cerah, semilir angin sejuk akan berhembus sepanjang hari. Jika melihat suasananya, berkunjung saat malam ke sini pasti bakal keren banget.

Es Kopi Daong dan Brownies Pagi

Kedai express menjadi satu-satunya kedai yang buka sejak pukul 8 pagi. Tentunya di kedai ini tidak selengkap kedai utama. Kami mencoba memesan kopi basic milik mereka yakni Es Kopi Daong dan makanan yang baru tersedia adalah Brownies. Brownies mungilnya dijual seharga Rp25.000 dan es kopinya Rp31.000.

Rasa kopi basic-nya memang seriously basic. Double espresso-nya terasa sangat samar serta dominan rasa yang ada di lidah adalah susu dan gula merahnya. Kami tidak berharap banyak dengan kopinya dan browniesnya masih di status oke kok. Tapi ya itu, makannya ada kedai signature-nya berarti kalian bisa mendapatkan kopi yang lebih serius di kedai tersebut.

Jika hanya membandingkan harga dan rasa kopi basic-nya mungkin akan terasa menyebalkan karena memang pada dasarnya harga kopi itu seperti tiket masuk untuk bisa nyaman nongkrong di hutan pinus. Worthed? Sangat!

Rekomendasi Kami

Hype Kopi Daong Bogor kami rasa akan terus berlangsung untuk waktu yang lama. Karena sajian utama mereka bukanlah kopi, melainkan ecopark itu sendiri. Untuk kalian yang sangat serius dengan kopi sebaiknya jangan terlalu menganggap serius kopi di sini. Ditambah sebaiknya kalian memesan di kedai signature-nya agar tidak ngedumel sendiri nantinya.

Kopi Daong kami rekomendasikan untuk kalian yang ingin refreshing sejenak dari penatnya pekerjaan. Nongkrong ramai-ramai dengan teman akan terasa cukup seru di sini, just take a day off dan berangkat deh. Selamat bolos!

Related Articles

Connect with Nibble