Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pexels

10 Madu Asli Indonesia Berdasarkan Asal Pohonnya

August 2, 20215 min readHealthy Foodie

Sudah pada kenal belum dengan jenis madu asli Indonesia? Ada ratusan jenis madu di seluruh dunia yang diambil dari sumber dan tempat berbeda-beda. Indonesia sendiri mempunyai puluhan jenis madu asli yang berkualitas. Semuanya hasil dari alam negeri kita yang memang sangat kaya.

Sejak dulu madu sering dikonsumsi langsung sebagai obat atau penambah rasa pada makanan. Madu yang memiliki rasa manis ini punya banyak kandungan alami, seperti antioksidan dan nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh. Bahkan sebagai bahan makanan, madu asli dikenal gak akan bisa basi atau kedaluwarsa.

Jenis-Jenis Madu Asli Indonesia

Nah, bagi pencinta madu, wajib banget nih untuk coba jenis-jenis madu yang asli dari bumi Indonesia. Berikut ini pilihan madu asli Indonesia yang alami dan bermanfaat, dirangkum dari SariAgri dan GNFI.

1.      Madu Hutan Sumbawa

Setiap madu asli Indonesia punya ciri khasnya masing-masing. Madu hutan Sumbawa ini contohnya dengan tekstur yang pekat dan kadar air paling rendah dibandingkan dengan jenis madu lainnya.

source: istockphoto

Hal tersebut karena dipengaruhi oleh kondisi alam daerah Pulau Sumbawa yang kering dan cukup panas. Madu ini dihasilkan dari lebah yang mengambil sumber nektarnya di pohon bidara atau Ziziphus mauritiana. Rasanya cenderung manis dan cocok untuk dikonsumsi langsung.

2.      Madu Hutan Sumatera

Kalau kalian mengaku sebagai penggemar madu dari daerah Indonesia, harusnya sih sudah kenal bahkan pernah mencoba madu yang satu ini. Ya, pasalnya madu hutan Sumatera adalah jenis madu asli di Tanah Air yang paling populer. Banyak madu asli yang dijual di pasaran berasal dari hutan Pulau Sumatera.

Biasanya madu ini dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh, menjaga stamina, dan mengoptimalkan proses pemulihan dari penyakit. Menjelang bulan Ramadan dan Idulfitri juga banyak yang menyerbu madu ini untuk memperkuat daya tahan tubuh.

source: pexels

3.      Madu Rambutan

Seperti namanya, madu ini memiliki rasa dan aroma mirip dengan cita rasa buah rambutan. Hal itu karena jenis madu ini memang sengaja diternakkan di sekitar kebun rambutan. Meskipun begitu, jenis ini punya rasa yang gak terlalu manis jika dibandingkan jenis madu hutan.

Ciri tampilan madu ini adalah warna kuning tetapi gak begitu keruh seperti madu kebanyakan. Mengonsumsi madu asli Indonesia ini bisa membantu mengoptimalkan kinerja ginjal, melancarkan kencing, mengatasi sakit pinggang, dan lain sebagainya.

4.      Madu Kopi

Kalau dari namanya saja pasti kalian sudah bisa menebak asal dari jenis madu yang satu ini. Ya, madu kopi adalah madu yang diambil dari lebah yang menghisap nektar bunga pohon kopi.

source: istockphoto

Hal tersebut membuat aromanya sangat khas dan terasa lebih spesial dibandingkan dengan madu Indonesia lainnya. Madu kopi ini bisa dikonsumi secara langsung maupun ditambahkan pada berbagai jenis masakan.

5.      Madu Kelengkeng

Sama seperti jenis-jenis sebelumnya, dari namanya madu kelengkeng ini sudah pasti bisa ditebak asalnya dari mana. Memang jenis ini dihasilkan dari lebah-lebah yang berada di kawasan hutan atau perkebunan yang didominasi oleh pohon lengkeng.

Jenis madu ini punya ciri rasa manis yang khas dan lebih gurih dibanding macam madu lainnya. Madu dengan rasa enak ini punya banyak khasiat bagi kesehatan, yaitu asam amino, zinc, zat besi, dan kalium. Selain itu juga ada beragam fitonutrien seperti vitamin B1, B2, B6, dan B3.

6.      Madu Tawon Gung

Nama madu ini berasal dari sebutan dalam bahasa Jawa terhadap lebah jenis Apis dorsata. Dinamakan Tawon Gung karena lebah ini besar dan galak sehingga cukup sulit dibudidayakan.

source: istockphoto

Lokasi sarangnya pun biasanya sulit dijangkau karena berada di tempat yang sangat tinggi atau di dalam hutan. Gak heran jika madu jenis ini dijual dengan harga yang mahal. Meskipun begitu, cita rasanya sangat kaya karena tawon gung gak hanya menghisap satu jenis tanaman alias multiflora.

7.      Madu Klanceng (Trigona)

Jenis madu ini dihasilkan dari jenis lebah klanceng atau trigona yang hidup di hutan-hutan. Sama seperti tawon gung, lebah ini banyak menghisap aneka nektar sehingga karakteristiknya pun multiflora. Rasa madu ini dominan manis dan asam yang keras, bahkan kadang sedikit pahit.

Harganya cukup mahal karena belum banyak peternak lebah yang membudidayakan madu ini. Meskipun harganya mahal, khasiat yang ditawarkan oleh madu ini pun sangat beragam, mulai dari menjaga stamina hingga meredakan berberapa penyakit.

source: pixabay

8.      Madu Hutan Timor

Wilayah Indonesia bagian timur memang punya hasil alam yang luar biasa. Salah satunya adalah madu asli hutan Timor di Nusa Tenggara Timur yang dikenal sebagai madu terbaik ke-3 di dunia setelah Yunani dan Australia. Soal kualitasnya dan khasiatnya, gak perlu diragukan lagi deh.

9.      Madu Randu

Jika kalian kurang menyukai atau bosan dengan madu yang rasanya sangat manis, sepertinya kalian harus coba madu yang satu ini. Sebabnya jenis madu randu punya rasa manis tapi lebih dominan ke rasa asam, sehingga cukup segar di mulut. Madu yang dihasilkan oleh lebah penghisap bunga pohon randu ini punya ciri khas warna cokelat terang.

source: istockphoto

10.  Madu Kaliandra

Madu kaliandra berasal dari lebah yang menghisap nektar bunga kaliandra sehingga punya rasa manis yang khas. Jenis ini adalah salah satu madu Indonesia yang paling populer. Kepopulerannya ada pada warnanya yang kuning cerah sehingga kerap disebut madu kuning. Jenis kaliandra biasanya dikonsumsi untuk alasan kesehatan seperti susah buang air besar dan mengobati tekanan darah tinggi maupun rendah.

Nah, itu tadi 10 madu asli Indonesia yang alami dan berkhasiat. Kalau kalian sudah pernah cobain yang mana nih?

Related Articles

Connect with Nibble