Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Istockphoto

7 Pilihan Makanan Penghilang Stres yang Bisa Kalian Coba

June 3, 20214 min readHealthy Foodie

Ngomongin soal makanan penghilang stres, terkadang kita terjebak dalam anggapan bahwa cara menghilangkan stres adalah dengan makan beragam cemilan. Hormon stres atau kortisol memang marangsang sensasi ngidam yang bikin kita ingin makan makanan bergula dan berkalori tinggi. Padahal semakin banyak makanan berkalori dan gula tinggi yang rendah nutrisi justru bikin mood semakin berantakan.

Makanan memang punya dua sisi, dia bisa jadi sahabat penghilang stres atau justru memperburuk keadaan. Jumlah dan kualitas nutrisi yang kalian konsumsi dapat berpengaruh pada kontrol emosi dan suasana hati. Pola makan yang gak sehat bisa meningkatkan stres dan berpotensi pada resiko masalah kesehatan yang lebih besar ke depannya.

Nah, kalian gak ingin kan asal-asalan menghilangkan stres yang menerpa? Yuk simak makanan penghilang stres apa saja yang bisa kalian pilih berikut ini.

  1. Teh Herbal Hangat

source: pexels

Minum secangkir teh hangat adalah salah satu cara untuk membantu diri kalian supaya merasa lebih tenang. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa dengan memegang dan menghirup aroma teh hangat dapat meningkatkan rasa nyaman dan relaks.

Selain faktor psikologis, beberapa kandungan alami dalam teh herbal seperti teh hijau dan chamomile mampu meredakan tingkat stres. Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak chamomile mengurangi kadar kortisol saliva sebagai biang dari meningkatkan gejala kecemasan dan depresi. Kandungan flavonoid dalam teh hijau juga mampu menjaga kesehatan saraf otak.

  1. Cokelat Hitam atau Dark Chocolate

source: istockphoto

Cokelat hitam dalam makanan dapat mengurangi stres melalui dua cara, yaitu melalui kandungan nutrisi di dalamnya dan kedua melalui dampak emosionalnya. Secara psikologis, makan cokelat akan membuat perasaan kita senang dan nyaman.

Cokelat hitam, yang kaya antioksidan, juga bisa membantu mengurangi stres dengan menurunkan kadar hormon kortisol dalam tubuh. Tapi pastikan dulu cokelat yang kalian pilih dari jenis cokelat hitam berkualitas tanpa tambahan pemanis dan lemak yang berlebihan ya.

  1. Ubi Jalar

source: istockphoto

Nah, siapa sangka makan ubi bisa juga membantu menghilangkan tingkat stres kalian lho. Mengkonsumsi sumber karbohidrat kaya nutrisi seperti ubi jalar bisa membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol.

Dikutip dari Healthline, 8 orang responden yang menjalani diet dengan mengganti karbohidrat mereka ke ubi, juga menunjukkan penurunan kadar hormon penyebab stres di dalam tubuh mereka. Ubi jalar juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin C dan potasium.

  1. Alpukat

source: freepik

Buah alpukat gak cuma enak dibuat jadi jus atau diiris untuk ditambahkan ke salad. Buah ini juga mengandung asam alfa-linolenat dalam bentuk lemak omega-3, yang bisa mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan suasana hati.

Buah hijau yang legit ini juga mengandung lutein, beta karoten, vitamin E, dan folat yang lebih banyak dari buah lainnya. Kalian bisa memilih alpukat yang segar dan matang sempurna agar mendapat efek positif yang lebih besar.

  1. Susu Hangat

source: istockphoto

Minum susu hangat bisa memberikan efek relaksasi pada tubuh secara psikologis. Bagi orang yang tumbuh besar dengan minum susu hangat sebelum tidur, rutinitas tersebut bisa memberikan sinyal pada tubuhnya bahwa sudah waktunya untuk istirahat dan tidur.

Susu dan makanan olahan susu lainnya yang tinggi kalsium dan tambahan vitamin D dapat membantu otot rileks serta menstabilkan suasana hati. Selain itu, bagi kalian yang cewek, minum susu hangat juga bisa meredakan gejala sindrom pra-menstruasi.

  1. Ikan

source: istockphoto

Ingatlah pesan dari mantan Menteri Perikanan, Ibu Susi Pudjiastuti supaya rajin makan ikan kalau gak mau ditenggelamkan. Gemar makan ikan juga mampu meredakan gejala stres sekaligus melindungi diri dari ancaman penyakit jantung. Ikan yang tekstur dagingnya berlemak adalah pilihan yang baik untuk jantung.

Kandungan omega-3 di dalamnya dapat membantu meringankan depresi karena mudah berinteraksi dengan molekul otak yang berhubungan dengan suasana hati. Nah, makanya jadikan ikan sebagai makanan penghilang stres kalian, ya!

  1. Jeruk

Jeruk adalah buah yang memiliki kandungan vitamin C yang besar. Vitamin C terbukti juga memiliki manfaat yang jauh lebih banyak, tak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh tapi juga ampuh mengurangi efek fisik dan psikologis akibat tekanan stres.

Mereka yang mengkonsumsi 500 miligram vitamin C per hari ditemukan memiliki kadar tingkat stres yang lebih rendah dibanding yang tidak. Banyak variasi jenis jeruk yang bisa kalian coba.

Semoga tips-tips berikut bisa membantu kalian mengurangi kadar stres, selamat mencoba!

Related Articles

Connect with Nibble