Nibble'S Guide

10 Nasi Ayam Hainan di Jakarta 2021. Gurihnya Bikin Nagih

by Danang Lukmana | September 13, 2021

10 Nasi Ayam Hainan di Jakarta 2021. Gurihnya Bikin Nagih
Nasi Ayam Hainan memang dikenal sebagai salah satu sajian khas Chinese yang disukai masyarakat Indonesia. Bahkan makanan ini sudah jadi hidangan nasional kebanggaan masyarakat Singapura lho. Beda dengan masakan nasi uduk atau nasi lemak yang berbumbu santan, nasi Hainan dimasak menggunakan rebusan kaldu ayam atau babi. Teksturnya yang lembut dengan cita rasa yang super gurih, membuat yang mencicipinya pasti ketagihan. Nah, untuk kamu yang ada di Ibukota, berikut pilihan tempat makan nasi ayam Hainan terbaik di 2021 yang wajib dicoba.

1.      Wee  Nam Kee

Seperti sudah disinggung sebelumnya, nasi ayam Hainan adalah hidangan nasional Singapura. Nah, brand “chicken rice” yang terkenal di sana yaitu Wee Nam Kee juga hadir di Jakarta. Kualitas rasanya sih gaperlu diragukan, bahkan ini disebut salah satu resto nasi ayam terbaik se-Asia Tenggara. Satu set-nya sudah dilengkapi dua pilihan ayam yakni yang dimasak tim dan panggang.

Source: @weenamkee_jkt

Alamat:
  • Grand Indonesia, Jl. M.H. Thamrin No.1, Kb. Melati, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.
  • Pacific Place Jakarta, Jl. Jend. Sudirman No.52-53, Gelora, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Pusat.

2.      Mandarin Chicken Rice

Salah satu penyaji hidangan nasi Hainan dengan taste ala Singapura lainnya adalah Mandarin Chicken Rice. Ada beberapa cabang resto ini di Jakarta, tapi salah satu yang enak berlokasi di RS Siloam, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Di sini tentunya juga diberikan pilihan ayam tim/rebus atau ayam panggang, serta telur kecap yang lezat. Meskipun nasinya masih terlihat cukup putih, tapi dijamin gurih tasty yang nagih.

Source: @rizculinary

Alamat:  Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jl. Raya Perjuangan Kav. 8, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

3.      Apollo Nasi Ayam Hainam

Restoran yang sudah sangat terkenal dalam menyajikan menu nasi ayam di Jakarta adalah Apollo Nasi Ayam Hainam. Harga yang ditawarkan di resto ini memang pricey, tapi sebanding dengan kualitas rasa dan lauk yang komplit. Di sini memang terkenal khusus menyediakan daging ayam kampung sebagai bahan utamanya. Sehingga rasanya pun berbeda dan jadi lebih gurih. Satu set nasi hainamnya disediakan dengan ayam kampung rebus, babi merah, ati ampela, dan telur kecap.

Source: @ga.brenti.ngunyah

Alamat: Jl. Pluit Karang Sari XV Blok D7 Timur No. 98, Muara Karang, Penjaringan, Jakarta Utara.

4.      Kedai Kenanga

Selain terkenal dengan menu nasi campur babi-nya, Kedai Kenanga juga punya menu nasi Hainan yang gak kalah enaknya. Bahkan banyak orang yang merekomendasikan kedai ini sebagai salah satu ayam Hainan paling enak di Jakarta. Satu porsinya sudah dilengkapi lauk seperti roasted pork belly yang empuk dan crunchy, sate babi, daging babi merah, ngohiong, serta telur.

Source: @today_i_had

Alamat: Pondok Indah Plaza 2, Blok BA No. 9, Jl. Metro Pondok Indah, Pondok Indah, Jakarta Selatan.

5.      Jia Jia

Tempat makan yang berlokasi di Pasar Mall of Indonesia (MOI) ini sudah terkenal dengan menu nasi Hainan yang cita rasanya mirip dengan yang ada di Singapura. Dalam satu set porsinya, kamu bisa memilih lauk antara lain ayam tim, ayam panggang, chasio ayam, dan sayur pokchoy. Nasi di sini terbuat dari beras impor yang diracik dengan berbagai macam bumbu. Meski begitu, harga yang dipatok nggak bakal bikin kantong kamu kering kok.

Source: @cillasilalahi

Alamat: Mall of Indonesia, Lantai Lower Ground, Pasar MOI, Jl. Boulevard Barat Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

6.      Kopi Es Tak Kie

Siapa sih yang gak kenal sama kedai kopi legendaris yang ada di Gang Gloria Glodok ini. Tapi di kedai Kopi Es Tak Kie gak cuman menjual kopi maupun es kopi saja. Di sini juga menjual beragam makanan ala Chinese lainnya di antaranya nasi campur biasa (babi) dan nasi campur Hainan. Satu porsi nasi campur Hainan terdiri dari nasi, ayam rebus, telur, daging babi merah (charsiu). Semakin nikmat dengan adanya siraman saus yang sangat cocok dipadukan dengan irisan daging ayam yang lembut.

Source: @daisynat1214

Alamat: Jl. Pintu Besar Selatan III Gang Gloria No. 4 - 6, Glodok, Jakarta Barat.

7.      RM Yense

Rumah makan Yense yang berlokasi di Muara Karang, Jakarta Utara, ini juga pilihan tepat bagi kamu yang mencari menu nasi hainam maupun nasi campur. Style nasi campur hainam di sini lebih bergaya ala Medan yang penuh sajian lauk-pauk. Salah satu menu unggulannya adalah nasi hainam 3 kombinasi. Isiannya banyak lho, ada ayam panggang, babi panggang siobak, babi merah casiu, kentang balado, dan telur. Dijamin kenyang deh.

Source: @chitraria

Alamat: Jl. Pluit Karang Jelita I Blok T4 Selatan No. 14A, Muara Karang, Penjaringan, Jakarta Utara.

8.      Kaca Mata

Kalau kamu mencari tempat makan nasi campur Hainam yang buka selama 24 jam, datang saja ke Kaca Mata. Mereka sendiri punya kurang lebih 5 cabang di area Jakarta Raya. Kamu bisa pilih menu nasi campur dengan nasi putih maupun nasi hainam yang sudah berasa gurih. Untuk pilihan lauknya yang terkenal adalah chasio garing madu yang manis, garing, dan gurihnya sangat spesial. Selain itu tersedia juga pilihan ayam tim dan ayam panggang.

Source: @nasicampurkacamata

Alamat:
  • Boulevard Raya Blok TT2 No. 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.
  • Grand Wijaya Center, Blok C No. 4, Jl. Wijaya II, Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

9.      Bubur Ayam Mangga Besar 1

Meskipun di sini menu bubur ayam yang jadi spesialisasinya, tapi menu nasi Hainan di sini wajib banget untuk dicoba. Nasi Hainan di Bubur Ayam Mangga Besar 1 ini dinikmati dengan ayam rebus/panggang, ati ampela, telur, cakwe atau udang bumbu pedas. Yah, sebetulnya itu juga topping bubur ayam tapi sangat pas berpadu dengan nasi Hainan yang gurih. Akan semakin nikmat kalau sudah disiram sama minyak bawangnya.

Source: @buburayammanggabesar1

Alamat: Jl. Mangga Besar I No. 46A, Mangga Besar, Jakarta Barat.

10.   Wancan

Mau menikmati nasi ayam Hainan yang halal dan berlokasi di Fatmawati, Jakarta Selatan? Datang saja langsung ke Wancan. Tempatnya cukup kecil sehingga kurang pas dan leluasa untuk makan beramai-ramai. Nah, menu utama di sini hanya ada 2 yakni Poached Chicken Rice set dengan ayam rebus dan Roasted Chicken yakni nasi Hainan ayam panggang. Untuk ayam rebusnya punya tekstur daging yang sangat lembut sehingga kamu gak perlu capek mengunyah. Sedangkan ayam panggangnya sangat tasty dan penuh bumbu.

Source: @wancan.jkt

Alamat: Komplek Golden Plaza, Blok E No. 26, Jl. RS Fatmawati No. 15, Fatmawati, Jakarta Selatan. Banyak bukan pilihan nasi ayam Hainan di Jakarta 2021 yang bisa kamu pilih? Pastinya kamu akan dibuat tergiur dengan gurih dan harumnya aroma nasi Hainan tersebut. Terlebih dengan sajian lauk-pauknya yang diiris serta ditata dengan cantik dan rapih.