Food

Deretan Jenis Sosis Jerman Paling Khas

by Danang Lukmana | June 29, 2021

Deretan Jenis Sosis Jerman Paling Khas
Apa yang terlintas di pikiranmu kalau ngomongin soal Jerman? Mungkin masyarakat awam di Indonesia masih belum banyak yang mengenal kuliner dari negara yang sempat ditinggali oleh Presiden ke empat kita, Alm. B.J. Habibie ini. Ya, memang bangsa Jerman jauh lebih tersohor di bidang produk teknologi dibanding kulinernya. Bahkan ada lelucon di Eropa sendiri yang mengatakan “Biarkan mereka (orang Jerman) membuat mobil, tapi jangan suruh mereka memasak.” Lelucon berbau stigma tersebut terkesan kurang adil karena sebetulnya negara ini juga banyak kok variasi kulinernya. Sebut saja Pretzel, roti hitam (Schwarzbrot), Schnitzel, dan acar kubis Sauerkraut. Tapi di antara menu-menu tersebut, ada satu lagi makanan yang sangat digemari warga lokal, yakni sosis Jerman atau Wurst.

Sosis: Makanan Favorit Warga Jerman

Daging menjadi komponen penting dalam pola makan mereka. Dan sosis menjadi olahan daging yang paling sering disantap orang Jerman, baik pagi, siang, maupun malam. Gak heran deh, bangsa mereka memiliki ukuran tubuh yang tinggi besar. Wujud kecintaan mereka terhadap sosis, dibuktikan dengan banyaknya jenis dan variasi sosis khas negara produsen BMW ini. Daging babi dan sapi menjadi bahan utama dalam membuat menu-menu sosis ala Jerman. Supaya kalian lebih mengenal lagi ragam jenis sosis Jerman, yuk simak daftarnya yang sudah Nibble rangkumkan dari laman Deutsche Welle;

1.      Bratwurst

sosis jerman bratwurst

source: Pixabay

Ini mungkin jenis sosis Jerman yang populer dan dikenal luas di seluruh dunia. Di negerinya sendiri, Bratwust memiliki 50 jenis varian berbeda tergantung ukuran, tekstur, dan bumbunya. Banyak yang mengira nama Brat berasal dari kata kerja “braten” yang artinya menggoreng. Padahal asal kata tersebut berasal dari bahasa Jerman kuno “Brät” yang memiliki arti cincangan daging halus. Bratwurst dibuat dengan mencampurkan cincangan halus daging babi dan sapi dan dilengkapi rempah seperti bawang putih, oregano, jintan dll. Selanjutnya sosis tersebut akan dipanggang bukan digoreng.

2.      Nürnberger Rostbratwurst

sosis jerman nuremberg

source: Pixabay

Nürnberger Rostbratwurst memiliki arti Bratwurst panggang asal kota Nuremberg (Nürnberg) di wilayah Franconia. Sosis ini memiliki ukuran yang kecil-kecil sebesar jari. Karena kecil, mereka bisa disajikan berjumlah 6 sekaligus di atas piring lengkap dengan sauerkraut, mustard dan kentang. Mereka juga bisa dimasukkan sebanyak 3 buah sekaligus ke dalam roti sandwich.

3.      Frankfurter (Frankfurter Würstchen)

sosis frankfurt jerman

source: istock

Sesuai namanya “Würstchen” yang berarti sosil kecil, jenis ini memiliki bentuk yang panjang namun ramping. Berasal dari kota Frankfurt am Main, ukurannya saat ini menjadi standar pembuatan sosis di pabrik dan hot dog di Amerika. Secara tradisional, sosis Frankfurt terbuat dari daging babi yang dibungkus dengan usus domba. Sebelum disajikan, ia dimasak dengan direbus menggunakan air panas. Baru deh sosis ini bisa dinikmati bersama roti, mustard, dan asinan lobak.

4.      Weiβwurst

sosis jerman putih

source: Pixabay

Weiβwurst (dibaca: weisswurst) memiliki arti sosis putih dan menjadi kebanggaan orang Bavaria (Bayern). Seperti namanya, tampilan sosis ini benar-benar putih dan dibuat dari daging sapi muda dan babi. Selanjutnya ia dibumbui menggunakan bawang bombay, jahe, kapulaga, peterseli, lemon, dan biji pala. Sosis putih ini hanya disajikan dengan direbus tanpa terlebih dulu diawetkan dengan pengasapan. Oleh karena itu, ia mudah sekali rusak atau basi dan harus segera dimakan. Ia lebih umum dijadikan menu sarapan pagi sebelum lonceng gereja siang berbunyi.

5.      Knackwurst

source: Pixabay

Berlanjut ke sosis berikutnya yakni Knackwurst, yang berasal dari wilayah Holstein di Jerman Utara. Dikutip dari The Spruce Eats, sosis ini memiliki bentuk yang pendek dan gempal serta terbuat dari daging sapi yang dibumbui bawang putih. Nama “Knack” tersebut berasal suara retakan selebung sosisnya yang pecah ketika digigit. Knackwurst yang montok ini cocok disajikan bersama sauerkraut dan kartoffelsalat alias salad kental.

6.      Blutwurst

source: Pixabay

Blutwurst merupakan sosis darah merupakan jenis sosis tertua yang dikenal banyak orang. Jenis ini serupa dengan Black Pudding khas Inggris, yang berwarna hitam dan terbuat dari darah dan lemak babi yang kemudian ditambahkan garam, lada, oatmeal, dan berbagai macam bumbu. Awal berkembangnya agama Kristen, makanan ini sempat dilarang karena berhubungan dengan tradisi masyarakat pagan penyembah berhala. Saat ini di daerah Rhineland, sosis darah ini disajikan bersama kentang tumbuk dan saus apel dan menu tersebut diberi nama “Himmel und Erde” (langit dan bumi). Di Berlin dan Jerman Timur, sosis ini dinikmati dengan digoreng bersama kentang dan sauerkraut serta dikenal dengan sebutan “Tote Oma” (Nenek Mati). Tapi itu hanya nama kok, bukan berarti mereka membunuh seorang nenek.

7.      Currywurst

sosis jerman currywurst

source: Pixabay

Currywurst atau sosis kari merupakan jajanan paling populer kalau kalian berkunjung ke kota Berlin. Jajanan ini berupa sosis Bratwurst yang digoreng kemudian dipotong-potong serta ditaburi dengan saus tomat dan bubuk kari. Currywurst biasanya disantap bersama dengan dengan kentang goreng french fries ataupun roti kecil alias Brötchen. Pola penyajian wurst ini pertama kali ditemukan di Berlin pada tahun 1949 oleh seorang perempuan bernama Herta Heuwer, yang memiliki kios jajanan (imbiss). Ia bereksperimen menggunakan saus tomat dan bubuk kari yang didapat dari seorang tentara Inggris hasil barter dengan minuman beralkohol. Nah, itu tadi Nibblers 7 sosis Jerman yang paling populer. Selain dikenal karena ilmu pengetahuan dan teknologinya, negeri yang sudah empat kali juara Piala Dunia ini juga sangat cinta terhadap sosis. Kalau kalian paling ingin coba sosis yang mana nih? Share di kolom komentar ya!