Foodies Guide To F&B Industry

Photo by @amelia.rizky

12 Masakan Ibu Paling Legendaris Sepanjang Masa

December 19, 20196 min readInside Stories

Saat kita merantau atau sudah tidak tinggal dekat lagi dengan Ibu, kita pasti akan merindukan masakan Ibu. Ya, seenak apapun makanan di restoran, rasa masakan Ibu tidak akan tergantikan. Mungkin karena sejak kecil, lidah kita terbiasa dengan racikan bumbu Ibu yang khas.

Kebersihan dan kualitas bahannya pun terjaga berkat kelihaian tangan Ibu memilih bahan-bahan terbaik untuk membuat masakan buat anak tercinta. Mungkin kita bisa saja mendapatkan jenis masakan yang sama dengan makanan favorit kita yang dimasak Ibu, tapi bisa dipastikan, rasanya pasti berbeda. Jauh lebih enak punya Ibu!

Meski tampak sederhana, semua masakan Ibu selalu melekat di hati. Menjelang Hari Ibu seperti ini, kerinduan kita pada masakan Ibu pasti semakin menjadi. Kalau saat ini kalian belum bisa kembali ke rumah untuk merayakan hari Ibu, bersabar ya.

Nah, untuk menghibur kalian yang jauh dari ibu, bagaimana kalau sekarang kita simak dulu jenis masakan buatan Ibu paling legendaris sepanjang masa berikut ini.

1. Sayur Sop

Photo source: @gina.yuliana

Sayur sop merupakan masakan sejuta umat yang mudah dibuat di rumah karena bahannya sederhana, cara memasaknya tidak membutuhkan waktu lama, kandungan nutrisinya padat, dan pastinya enak. Sayur ini juga menjadi jenis masakan Ibu yang paling ngangenin.

Meski bisa mendapatkannya di berbagai restoran, karakter sop buatan Ibu nggak ada duanya. Karena banyak sedikitnya merica, garam, dan penyedap rasa bisa mempengaruhi kelezatannya lho. Belum lagi, setiap Ibu punya bahan spesial untuk melengkapi sayur sopnya, bisa berupa daging sapi, telur puyuh, sosis, bakso, kacang merah, dan sebagainya. Itulah yang membuat sayur sop buatan Ibu tetap di hati sepanjang masa.

2. Tempe Goreng

Photo source: @jennynovembria

Lauk sederhana khas Indonesia ini pasti selalu ada di meja makan saat kita pulang ke rumah Ibu. Terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi, tempe mudah ditemukan di pasar atau tukang sayur. Harganya pun cukup murah dengan rasa yang enak. Itulah kenapa tempe goreng tak pernah absen menjadi lauk setia dari masakan apapun.

Tempe bisa digoreng hanya dengan bumbu garam, atau bisa juga digoreng dengan mencampurnya ke bahan yang lebih kompleks, seperti adonan tepung dan daun bawang, sehingga menjadi tempe mendoan yang sulit untuk ditolak.

3. Sayur Bening

Photo source: @xanderskitchen

Sayur bening alias sayur bayam juga jadi masakan andalannya Ibu. Makanan yang berbahan dasar sayur bayam, jagung pipil atau potongan jagung, gula, garam, bumbu kunci yang digeprek, serta penyedap rasa ini bisa membuat kita merasa segar seketika. Di beberapa kota tertentu, sayur bening biasanya ditambahkan potongan labu siam yang membuat menu ini semakin sehat.

4. Sambal

Photo source: @lemburkuringjakarta

Ini dia masakan Ibu yang paling dirindukan banyak orang, yaitu sambal. Kamu pasti setuju dong kalau beda tangan, beda pula rasa sambal yang akan kita rasakan. Beda kota, beda juga karakter sambalnya. Kalian bisa baca jenis sambal di Indonesia yang sering diburu para foodies di artikel berikut ini. Meski sambal-sambal yang kita temukan di kota perantauan itu enak, racikan sambal ala Ibu sudah pasti jadi sambal terbaik yang pernah kita cicipi.

Sambal bisa menjadi menu pelengkap yang membuat cita rasa masakan lain, seperti sayur asam, ayam goreng, ikan goreng, atau tempe goreng, makin terasa sedap dan juga bikin kita tidak sadar menambah nasi terus menerus sampai kenyang.

5. Tahu Tempe Kecap

Photo source: @dapur_susmi

Kalau tadi di atas kita menyinggung sedikit tentang tempe goreng yang nikmatnya tak lekang waktu, kalian juga harus tahu masakan Ibu yang satu ini. Adalah tahu tempe kecap yang mempersatukan dua jenis olahan kacang kedelai yang berbeda dalam satu wajan. Tidak sulit untuk membuat menu ini karena biasanya Ibu hanya menggunakan tahu dan tempe yang dipotong kecil, duo bawang, garam, gula, serta siraman kecap yang membuat rasanya makin legit. Menu sederhana ini sangat enak lho saat dimakan bersama nasi pulen hangat.

6. Ikan Goreng

Photo source: @eunice_euston

Kalau bicara ikan goreng, pasti banyak restoran seafood atau warung nasi di dekat tempat kalian berada yang menawarkan menu ini. Tapi kalau kalian terbiasa makan ikan goreng buatan Ibu, pasti kalian akan menemukan perbedaan yang signifikan dari rasa ikan goreng yang ada di rumah makan. Entah itu terletak pada bumbunya atau kualitas ikannya, ikan goreng buatan Ibu selalu menjadi yang paling enak.

7. Nasi Goreng

Photo source: @kualihelena

Masih ingat momen masa kecil di mana kita selalu dibuatkan nasi goreng oleh Ibu setiap sarapan? Kangen sekali ya jika mengingat masa-masa itu. Sekarang memang sudah semakin banyak inovasi nasi goreng yang enak-enak dan menarik perhatian. Tapi, kalau boleh jujur, nasi goreng Ibu tetap jadi nomor satu di hati.

Racikan bumbu sederhananya dengan telur ceplok yang menemani hidangan ini sungguh amat bikin rindu, khususnya saat kita sedang super sibuk dan tidak sempat untuk sarapan.

8. Ayam Goreng

Photo source: @byviszaj

Ayam goreng yang disajikan dengan sambal menjadi duo masakan Ibu yang sangat bikin ketagihan. Ayam goreng Ibu tentu tidak sama dengan ayam goreng lain. Para Ibu biasanya menyajikan ayam goreng dengan bumbu ungkep yang membuat rasanya sangat menyerap sampai ke dalam daging. Belum lagi terdapat bumbu-bumbu rempah yang ikut tergoreng dan membuat menu ini makin nendang.

Ayam goreng buatan Ibu juga pastinya lebih sehat karena beliau sudah pasti selalu menggunakan minyak goreng yang sehat dan higienis.

9. Sayur Asem

Photo source: @friel_sit

Segar dan gurih, itulah yang akan kalian rasakan saat mencicipi sayur asem. Makanan sehat ini mungkin tidak kita sukai waktu kita kecil karena biasanya anak kecil menghindari sayur. Tapi saat sudah dewasa, pasti kangen kan dengan masakan Ibu yang satu ini?

Sayur yang biasanya digunakan dalam seperti sayur asam adalah kacang panjang, jagung, labu siam, melinjo, dan kacang tanah.

10. Sayur Lodeh

Photo source: @luis_widarto

Selain sayur asam, sayur sop, dan sayur bening, sayur lodeh juga menjadi masakan Ibu kecintaan anak-anak perantau. Kuah santan yang dicampur dengan nangka muda, kacang panjang, dan tempe terasa makin mantap jika disantap dengan sambal.

Memang kita bisa dengan mudah menemukan sayur lodeh di warung nasi langganan, tapi rasanya pasti tidak sama dengan buatan Ibu.

11. Opor

Photo source: @fuji.fanna

Opor merupakan hidangan istimewa yang biasanya disajikan saat Lebaran. Rasanya selalu sedap apalagi jika dibuat oleh Ibu dengan sepenuh cinta. Bahan dasarnya sendiri padat kalori karena terdiri dari ayam, telur, dan kentang. Kuahnya berupa kuah santan dengan bumbu kunyit dan rempah lainnya. Meski terkenal mengundang kolesterol, tapi tak apa sesekali memanjakan perut dengan opor yang lezat.

12. Rawon

Photo source: @luis_widarto

Buat para perantau yang berasal dari Jawa Timur pasti sering merindukan masakan Ibu yang satu ini. Masakan yang satu ini memang cukup unik. Kuah rawon berwarna hitam yang berasal campuran kluwek yang dihaluskan. Kalau kalian mau tahu lebih lanjut tentang serba-serbi rawon, kalian bisa membaca artikel berikut ini.

Isi rawon biasanya terdiri dari potongan daging landung semur yang gurih. Biasanya rawon makin enak disantap bersama telur asin, taoge, dan sambal. Berhubung mencari kluwek tidak mudah, cukup sulit menemukan makanan yang satu ini di luar Jawa Timur.

Ada yang makin kangen dengan masakan Ibu setelah membaca artikel di atas? Yuk segera agendakan untuk bisa pulang ke rumah dan menikmati masakan Ibu tercinta.

Related Articles

Connect with Nibble