Foodies Guide To F&B Industry

Resep Sambal Kluwek yang Enak dan Legit

September 2, 20213 min readRecipe

Sudah pernah dengar kalau kluwek ternyata bisa dijadikan sambal yang nikmat? Intip cara membuatnya di resep sambal kluwek dari Nibble berikut ini!

Apa Itu Kluwek?

Keluak atau kluwek merupakan bumbu dapur yang berasal dari tanaman buah kepayang. Dari buah yang sudah matang, akan diambil bijinya lalu diproses dan difermentasi. Proses panjang tersebut diperlukan untuk menghilangkan kandungan racun dan membuat isi biji kluwek menjadi hitam pekat.

Biji kluwek yang masih muda dan berwarna coklat muda kekuningan dapat diolah sebagai tumisan atau aneka masakan lain. Sementara biji yang sudah matang dan terfermentasi hingga berwarna hitam, dijadikan bumbu untuk beragam masakan nusantara.

Kluwek atau yang juga kerap disebut pucung/picung/pangi bisa ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Karenanya tak heran jika tiap daerah memiliki masakan khas yang menggunakan kluwek sebagai bumbu utamanya. Sebut saja rawon Jawa Timur, brongkos Yogya, nasi gandul Pati, pindang Kudus, pucung gabus khas Betawi, sop konro dan pallu kaloa Sulawesi, dan banyak lagi.

Nah, selain bumbu untuk menu utama, ternyata kluwek juga dapat diolah menjadi sambal hitam yang mampu menambah selera makan. Keistimewaan sambal kluwek dibanding dengan sambal lainnya adalah rasa gurih dari kluwek serta aroma khasnya. Rasa sambal hitam kluwek yang legit membuatnya cocok sebagai pendamping ayam goreng, bebek goreng, bahkan sekadar telur ceplok mata sapi.

Tertarik membuatnya? Ini resepnya.

Resep Sambal Kluwek Enak dan Legit

Bahan:

  • 6 biji kluwek
  • 100 gr cabai rawit
  • 10 siung bawang putih
  • 15 siung bawang merah
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula merah

Cara membuat:

1. Pecahkan biji kluwek dan ambil isinya. Agar tidak terpental, bungkus biji kluwek menggunakan serbet lalu pukul dengan ulegan atau benda tumpul keras lainnya. Kerok isinya memakai sendok.

2. Rendam kluwek dengan air panas selama kurang lebih 2 jam.

3. Siapkan cabai, bawang merah, dan bawang putih. Cuci bersih, tirikan.

4. Goreng cabai, bawang merah, bawang putih, dan kluwek. Angkat dan tiriskan.

5. Haluskan semua bahan. Kamu bisa memakai blender atau mengulegnya.

6. Siapkan minyak secukupnya, panaskan lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Jika akan menyimpan sambal kluwek, pastikan minyak cukup banyak merendam semua sambal agar sambal tahan lama.

7. Masak sambal dengan api sedang sambil diaduk-aduk. Untuk memperkuat rasa, kamu boleh menambahkan air rendaman kluwek.

8. Tambahkan garam dan gula. Koreksi rasa dan sesuaikan.

9. Setelah tercium aroma sedap, sambal mulai tampak lebih pekat, dan kandungan air menyusut, artinya sambal sudah matang.

10. Simpan di wadah bersih, kering, dan tertutup. Garam, gula, dan minyak bersifat mengawetkan sambal secara alami. Sambal kluwek dan matang sempurna yang tersimpan dengan baik dapat bertahan selama 2 minggu di suhu ruang dan 1 bulan di dalam kulkas.

Selesai... Sambal hitam kluwek yang enak dan legit siap menemani jam makanmu. FYI, resep di atas menghasilkan sambal kluwek sekitar 200ml ya, Nibblers.

Tips Memilih Kluwek yang Bagus

Sebelum eksekusi resep sambal kluwek di atas, pastikan kamu memilih yang benar-benar bagus ya. Kluwek yang segar berdasarkan penampakan luarnya memang bukan hal yang mudah. Tak jarang kluwek yang kita beli ternyata sudah kering, berjamur, beraroma asam, atau terasa pahit. Berikut adalah tips yang bisa dicoba:

  1. Pilih kulit yang tampak tak terlalu kering dan tak berjamur
  2. Goncang-goncangkan biji kluwek. Jika bagian dalamnya koplok, kemungkinan besar kluwek masih segar.

Sedangkan kriteria kluwek yang berkualitas baik, adalah:

  • Bagian batok dan bagian dalam biji tidak berjamur. Adanya jamur indikasi yang jelas bahwa biji kluwek sudah kadaluarsa.
  • Daging kluwek berwarna hitam pekat, tekstur agak kenyal, dan tidak kering. Kluwek yang tidak demikian masih dapat dipakai, asalkan tidak terasa asam atau pahit.

Jangan ragu mencicipi kluwek sebelum kamu memasaknya. Sebab kluwek yang tidak segar atau pahit dapat merusak seluruh masakan yang kamu buat. Sayang kan? Nah, semoga resep sambal kluwek dan tips memilih kluwek ini bermanfaat buat kamu ya!

Photos by: Cista Laksono, Nibble

Related Articles

Connect with Nibble