Foodies Guide To F&B Industry

Photo by KAYA KULINER

6 Bakmi Jawa Enak di Jakarta yang Bikin Rindu Kampung

February 18, 20205 min readFoodie Trends

Bakmi Jawa menjadi sebuah varian mie yang saat ini begitu digemari. Bermula di Yogyakarta, saat ini sudah banyak kedai bakmi Jawa enak yang dibuka di Jakarta. Rasanya pun tidak kalah autentik dengan kedai bakmi Jawa aslinya di Yogyakarta.

Namun, siapa yang menyangka, sajian ini pada awalnya diberi nama Bakmi Jawa agar dapat membedakannya dengan bakmi asal Tiongkok. Selain itu, makanan ini juga merupakan sebuah suguhan wajib untuk acara selamatan, termasuk pengajian kematian. Bakmi Jawa menjadi simbol ucapan terima kasih untuk orang-orang yang telah membantu seluruh kegiatan.

Lagi nyari bakmi Jawa yang recomended di Jakarta? Kami sudah siapkan daftarnya dalam artikel berikut ini!

Bakmi Jogja Mas Tok

bakmi jawa enak

Photo source: DetikFOOD

Bakmi Jawa yang satu ini berada di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan dan hampir selalu menjadi bakmi Jawa rekomendasi pertama di berbagai laman website. Meskipun tidak setua bakmi Jawa lain di Jakarta, Bakmi Jogja Mas Tok sangat dikenal karena rasanya yang begitu autentik.

Hampir sama dengan kedai bakmi Jawa lainnya, Bakmi Jogja Mas Tok memiliki menu bakmi godog, bakmi goreng, bihun goreng, hingga magelangan yang merupakan perpaduan nasi dan mie. Setiap menu dari kedai bakmi satu ini menggunakan ayam kampung sebagai pelengkapnya. Selain itu, jika kalian ingin meminta tambahan bagian ayam lainnya, Bakmi Jogja Mas Tok juga menyediakan sayap, paha, hingga kepala ayam.

Yang unik, Bakmi Jogja Mas Tok juga menyediakan menu teh poci di kedainya. Menu yang akrab dikenal dengan nama nasgithel (panas, legit, kenthel) ini didatangkan langsung dari Yogyakarta. Teh yang lebih pekat dibandingkan teh biasa ini memiliki rasa yang kental dan cocok untuk dinikmati setelah menyantap makanan berat.

Lokasi: Jl. Warung Buncit Raya No.448, Pancoran, Jakarta Selatan.

Bakmi Jawa Mbah Putih

Photo source: pergikuliner

Kedai yang satu ini mengambil nama dari ciri khas penjualnya. Penjual di kedai ini memiliki rambut yang berwarna putih karena dipenuhi dengan uban. Itulah kenapa nama Bakmi Jawa Mbah Putih akhirnya dikenal oleh banyak pengunjung.

Berbeda dengan kedai bakmi Jawa enak lain, kedai Bakmi Jawa Mbah Putih hanya memiliki 2 pilihan menu, yaitu bakmi godog dan bakmi goreng. Bakmi Jawa di kedai satu ini dikenal memiliki porsi yang banyak. Setiap porsinya diisi dengan mie, suwiran ayam yang berukuran besar, sawi, dan bawang goreng. Kuahnya dibuat sangat kental karena juga dicampur dengan telur. Telurnya sendiri bisa dipilih antara telur ayam atau telur bebek.

Lokasi: Jl. Danau Limboto No.98 10 4, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Bakmi Jape Methe

bakmi jawa enak

Photo source: matkiding @youtube.com

Bakmi Jape Methe berada di salah satu pusat kuliner Jakarta, yaitu Tebet. Aksesnya yang cukup mudah ditambah dengan kedainya yang menempati sebuah ruko cukup luas membuat Bakmi Jape Methe menjadi salah satu kedai bakmi Jawa yang harus kalian kunjungi di Jakarta.

Yang membedakan bakmi Jawa di kedai ini dengan kedai lainnya adalah tekstur kuahnya yang lebih encer dan bening. Mienya juga memiliki tekstur yang cukup lembut tetapi tidak lembek. Tambahan bawang putih semakin membuat sajian di kedai ini terasa begitu gurih. 

Jika Bakmi Jogja Mas Tok memiliki menu nasgithel, Bakmi Jape Methe memiliki minuman khas Yogyakarta lainnya, yaitu wedang uwuh. Minuman yang jika diartikan ke bahasa Indonesia memiliki pengertian minuman sampah ini terdiri dari campuran berbagai rempah yang memiliki khasiat baik bagi tubuh manusia.

Lokasi: Jl. Tebet Timur Dalam Raya No.77, Tebet, Jakarta Selatan.

Bakmi Jawa Pak Haji Minto

Photo source: myeatandtravelstory.wordpress.com

Bakmi Jawa Pak Haji Minto adalah salah satu kedai bakmi Jawa legendaris di Jakarta. Kedai ini telah mulai berjualan sejak tahun 1964. Namanya yang sudah melegenda ini membuat kursi di Bakmi Jawa Pak Haji Minto selalu terisi penuh sejak dibuka pada pukul 16:30.

Bakmi godog yang berkuah kental keruh menjadi ciri khas dari Bakmi Jawa Pak Haji Minto. Kuah kental ini terasa begitu gurih di lidah karena campuran bawang putih yang digunakan. Letaknya yang berada tepat di depan Stasiun Gongdangdia membuat kedai satu ini dapat dengan mudah dikunjungi menggunakan moda transportasi kereta api.

Lokasi: Jl. Cut Mutia No.1, Kebon Sirih, Menteng, Kota Jakarta Pusat.

Bakmi Jogja Mbah Surip

Photo source: pergikuliner

Bakmi Jogja Mbah Surip tidak kalah legendarisnya dibandingkan dengan Bakmi Jawa Pak Haji Minto. Kedai bakmi Jawa enak yang satu ini sudah mulai berjualan di Jakarta sejak 23 tahun lalu, tepatnya pada tahun 1997. Yang menarik, Bakmi Jogja Mbah Surip tetap mempertahankan cara memasak bakmi Jawa yang sejak dahulu sudah mereka gunakan.

Menggunakan anglo dalam memasak bakmi tentu akan membuat waktu tunggu matangnya sajian ini lebih lama. Namun, penantian tersebut akan terbayar lunas dengan kualitas makanan yang disajikan. Dengan menggunakan anglo ini bumbu yang digunakan sebagai bahan tambahan bakmi akan semakin keluar rasanya. Selain itu, mie-nya pun akan terasa lebih kenyal dan nikmat di lidah.

Sebagai pelengkap bakmi di kedai ini, juga tersedia menu tempe dan tahu bacem yang tidak kalah enaknya. Bumbu bacem membuat kedua makanan ini memiliki rasa manis yang unik. Selain itu, menu wedang jahe juga tersedia untuk dipesan untuk melegakan tenggorokan setelah menyantap seporsi bakmi Jawa.

Lokasi: Jl. Ampera Raya No. 99 A, Cilandak, Jakarta Selatan.

Bakmi Jawa Mas Wahyu

bakmi jawa enak

Photo source: kumparanfood

Sama seperti Bakmi Jogja Mbah Surip, Bakmi Jawa Mas Wahyu juga menggunakan anglo sebagai alat memasaknya. Itulah kenapa sajian bakmi Jawa di kedai satu ini juga begitu digemari oleh banyak orang.

Memiliki menu yang hampir sama dengan kedai bakmi Jawa lainnya, yang membedakan Bakmi Jawa Mas Wahyu adalah pilihan side dish yang cukup beragam. Mereka memiliki pilihan uritan, ati ampela, kepala, hingga brutu dari ayam kampung. Selain itu, mereka juga memiliki menu krengsengan yang terdiri dari kepala, leher, paha, dan sayap ayam yang disiram kuah cokelat.

Seperti Bakmi Jape Methe, Bakmi Jawa Mas Wahyu juga memiliki menu wedang uwuh yang bisa kalian pesan. Rempah-rempah yang digunakan untuk meracik minuman ini didatangkan langsung dari Yogyakarta sehingga rasanya begitu autentik.

Lokasi: Jl. Abdul Majid Raya No.3, Cilandak, Kota Jakarta Selatan.

Jadi pengen makan malam pakai bakmi Jawa gak nih?

Related Articles

Connect with Nibble