Foodies Guide To F&B Industry

Resep Bolu Pisang Moist dan Anti Bantat

October 5, 20214 min readRecipe

Resep bolu pisang -- Punya pisang di rumah yang terlalu matang? Jangan dibuang, sayang. Kamu bisa mengolahnya jadi kudapan sore yang enak banget, yaitu bolu pisang.

Aneka jenis pisang

Pisang termasuk buah yang tumbuh subur di wilayah beriklim tropis seperti Indonesia. Beragam jenis pisang bisa kita temukan. Namun sebelum mulai mengolah pisang, sebaiknya kamu tahu jenis pisangnya. Karena ada dua golongan pisang berdasarkan cara menikmatinya, yaitu pisang meja dan pisang olah atau pisang masak.

Pisang meja adalah pisang yang dapat dinikmati langsung seperti buah pada umumnya. Beberapa jenis pisang yang termasuk pisang meja adalah pisang cavendish, pisang susu, dan pisang ambon.

Sedangkan pisang olah adalah pisang yang cocok dijadikan bahan baku olahan aneka makanan. Hal ini karena rasa dan aroma pisang olah akan lebih keluar setelah melalui proses pemasakan. Jenis pisang olah dapat dimasak menjadi bolu, keripik, pancake, kue basah seperti nagasari, atau cukup digoreng dan dikukus saja. Yang termasuk dalam jenis pisang olah adalah pisang tanduk, pisang kepok, dan pisang klutuk.

Resep Bolu Pisang

Olahan pisang yang akan dapur Nibble buat kali ini adalah bolu pisang. Bukan bolu pisang biasa, bolu pisang Nibble teksturnya ringan dan lembut dengan rasa pisang yang rich dan beraroma. Langsung yuk simak resep berikut!

Loyang ukuran 20 x 10 cm

Untuk 8-10 potong

Bahan :

  • 3 buah pisang yang sudah sangat matang
  • 3 butir telur
  • 75 gr gula pasirBahan kering
  • 60 gr tepung terigu protein sedang
  • 1 sdt bubuk kayu manis
  • 1 sdt baking soda

    Campurkan dan ayak bahan kering, sisihkan.

  • Cokelat meses
  • Pumpkin seed
  • Kismis

Cara Membuat :

  1. Lumat pisang hingga halus. Kamu bisa memakai garpu atau menumbuknya. Sisihkan.

  2. Kocok telur dan gula menggunakan mixer dengan kecepatan maksimal hingga kental, mengembang, pucat, berjejak, dan mencapai ribbon stage.

    Tanda jika adonanmu telah mencapai ribbon stage adalah saat pengaduk mixer diangkat, adonan yang menetes gak langsung  jatuh tenggelam tetapi meninggalkan jejak. Coba buat love sign, jika terlihat seperti foto maka adonanmu sudah siap.

  3. Siapkan bahan kering yang telah diayak, masukkan ke dalam adonan telur secara bertahap

    Pada saat tepung dimasukkan, adonan akan telur akan sedikit turun/kempes. Karena itu cukup gunakan mixer dengan kecepatan rendah dan jangan terlalu lama mengaduk agar adonan tidak bantat.

  4. Masukkan pisang lumat, aduk dengan teknik aduk balik menggunakan spatula.

  5. Tambahkan aneka isian atau topping seperti coklat mese, biji-bijian, kismis sesuai selera. Aduk secukupnya

    Kamu bisa memakai bahan tambahan lain sebagai isian. Pastikan kalau kamu sudah mencincang/memotongnya kecil agar isiannya gak tenggelam di dasar adonan.

  6. Siapkan loyang yang sudah dioles margarin dan ditaburi tepung. Masukkan adonan ke dalam loyang lalu hentakkan 2-3x untuk mengeluarkan udara yang terjebak.
  7. Panggang kue di suhu 180°C selama kurang lebih 40 menit.
  8. Selesai, bolu pisangmu sudah jadi.

Ribbon Stage

Seperti dilansir oleh Cooksinfo, ribbon stage adalah salah satu istilah dalam dunia baking yang menunjukkan bahwa adonan telur dan gula telah terkocok dengan baik. Adonan yang telah mencapai ribbon stage ditandai dengan teksturnya yang mengental tapi menjadi lebih ringan dari sebelumnya. Warna adonan juga menjadi lebih pucat.

Ribbon stage dapat tercapai karena gula telah larut sempurna dan ada cukup udara yang masuk menyatu dalam adonan. Kedua faktor inilah yang membuat adonan jadi ringan dan kental. Ketika dipanggang, adonan yang telah mencapai ribbon stage menjadi lebih stabil, mengembang dengan baik, ringan, dan lembut. Karenanya mengocok adonan hingga ribbon stage diperlukan dalam pembuatan kue sejenis sponge cake.

Tips bolu pisang anti bantat

Supaya bolu pisangmu mengembang sesuai harapan, pastikan beberapa poin berikut kamu ikuti:

  • Gunakan peralatan yang bersih dan benar-benar bebas minyak.
  • Gunakan bahan-bahan bersuhu ruang.
  • Mengaduk terlalu lama dapat menyebabkan adonanmu split. Tanda adonan yang split yaitu jika kamu miringkan wadah adonan, terlihat ada cairan di bagian bawah. Adonan yang sudah begini gak bisa diperbaiki.
  • Panaskan oven 5 -10 menit sebelum adonan dimasukkan.

Kalau kamu mengikuti semua langkah dan arahan di atas, dijamin bolu pisang idamanmu segera mendarat di samping secangkir tehmu. Selamat mencoba!

Photos by : Cista Laksono, Nibble

Related Articles

Connect with Nibble