Foodies Guide To F&B Industry

Photo by @madewedastra

6 Burung Goreng yang Paling Gurih di Jakarta

January 7, 20204 min readFoodie Trends

Daging ayam atau daging sapi menjadi menu mainstream yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Jadi wajar jika kita bosan menyantap makanan yang itu-itu saja. Ada pilihan sumber protein alternatif lain yang juga tidak kalah enak, yaitu burung goreng.

Tidak Sembarang Burung Bisa Digoreng

Photo source: @sallysetia

Menu spesial ini ternyata bukanlah menu asli Indonesia. Konon burung goreng merupakan makanan yang diadaptasi dari makanan Chinese. Jenis burung yang bisa digunakan juga tidak sembarangan.

Tercatat ada 3 jenis burung yang sering digunakan untuk menu spesial ini, yaitu:

A. Burung dara

Burung yang biasanya menjadi hewan peliharaan ini ternyata terasa enak dan gurih saat digoreng. Makin enak lagi jika burung dara yang digunakan masih muda. Selain rasanya yang enak, burung dara ini juga memiliki beragam manfaat kesehatan karena rendah lemak.

B. Burung Puyuh

Selama ini kita mungkin lebih mengenal telur puyuh untuk dikonsumsi. Siapa sangka, burung puyuh juga enak untuk digoreng lho. Sayangnya, burung puyuh memiliki bau amis yang khas sehingga butuh teknik masak yang tepat agar hasilnya makin nikmat.

C. Burung Belibis

Burung air dengan ukuran cukup besar dari burung pada umumnya ini ternyata laris manis saat digoreng. Tak heran, rasanya yang gurih memang tidak bohong. Selain dagingnya yang enak, kulit dan ati ampela belibis juga kerap diolah menjadi sate.

D. Burung Punai

Menu burung punai goreng mungkin tak lazim kita temukan di Pulau Jawa karena makanan ini asli dari Medan. Tekstur punai sangat lembut dan ada sensasi manis dari dagingnya saat dikunyah.

Spot Recommended Menikmati Burung Goreng di Jakarta

Nah, setelah mengenal jenis burung yang biasanya diolah menjadi menu burung goreng, kini saatnya kita berburu burung goreng di Jakarta. Mau tau di mana saja yang recommended?

1. Puyuh Goreng Bang Qodir

Photo source: @andri_jangkoeng

Buat kalian yang sering melewati daerah Mampang, ada Puyuh Goreng Bang Kodir yang bisa menjadi destinasi saat ngidam burung goreng. Harganya murah meriah, hanya sekitar Rp22.000 per porsi dan menu andalan di sini adalah puyuh goreng. Ada sederet puyuh yang bisa dipesan, seperti puyuh goreng dengan sambal terasi, sambal nanas, sambal petis, sambal mangga, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jl. Tegal Parang Sel. No.38, RT.2/RW.2, Tegal Parang, Jakarta Selatan.

2. Dapur Puyuh 82

Photo source: @lianacen

Sesuai dengan namanya, Dapur Puyuh 82 punya burung goreng yang menggiurkan. Dagingnya empuk dan rasanya mantap saat dimakan pakai sambal. Jangan lupa untuk tambah tahu dan tempe goreng juga ya untuk memaksimalkan kenikmatan menu ini.

Lokasi: Jl. Poris Indah Raya No.860 B, RT.002/RW.004, Cipondoh, Tangerang.

3. Warung Sangrai

Photo source: @warungsangrai

Ada yang bilang kalau Warung Sangrai merupakan pelopor puyuh di Indonesia. Burung gorengnya memang tidak pernah mengecewakan. Apalagi dipadu dengan 10 varian sambal juara yang pedasnya bisa bikin bibir terbakar. Serunya lagi, ragam nasi yang dihidangkan bersama puyuh goreng bukan hanya nasi hangat biasa.

Kalian bisa menikmati burung goreng dengan nasi kebuli, nasi tutug  oncom, nasi timbel, atau nasi cikur. Lengkap sekali, bukan?

Lokasi: Ruko Citra Garden 6 Sixth Avenue Westland, Blok H06 A/18,Kalideres, Jakarta Barat.

4. Bebek BKB

Photo source: @thefoodshunter

Mau makan burung goreng tengah malam? Bisa banget! Datang saja ke Bebek BKB di Benhil. Tempat makan ini buka selama 24 jam lho. Meski judul restorannya adalah ‘bebek’, kalian juga bisa menemukan burung goreng saat makan di sini.

Burung gorengnya juga nggak kaleng-kaleng, digoreng dengan tingkat kematangan yang pas sehingga dagingnya lembut, tapi bagian luarnya tetap crispy. Kami sangat merekomendasikan sambal mangga di sini. Rasa pedas dan asamnya akan membuat kalian merem melek.

Lokasi: Jl. D. Tondano No.3, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

5. Mie 55

Photo source: @vincentius_kuori

Beralih ke daerah Tomang, ada Mie 55 yang bisa kalian sambangi untuk mendapatkan burung goreng enak. Tempat makan ini merupakan cabang dari Depot Mie 55 yang ada di Surabaya. Makanan yang ditawarkan sebagian besar adalah makanan oriental klasik yang rasanya tak lekang dengan waktu.

Banyak yang bilang, menu favorit di sini adalah Nasi Capcay. Namun, menurut kami, burung dara goreng di sini yang terbaik. Burung dara di sini selalu digoreng kering sehingga membuat kita makin semangat melahapnya. Meski begitu, bagian dagingnya tetap terasa lembut lho dan bumbunya itu meresap banget.

Lokasi: Letjen S. Parman St No.109, RT.12/RW.3, Tomang, Jakarta Barat.

6. Medan Baru

Photo source: @mgdalenaf

Kalau ditanya burung goreng terenak di Jakarta, Medan Baru pasti menjadi salah satu tempat makan yang paling direkomendasikan. Burung punai goreng khas Medan di sini paling jago bikin lidah lemas karena rasanya lezat. Hidangan ini makin terasa lengkap saat dinikmati bersama sayur daun singkong, dendeng, dan kuah kari khas makanan Minang.

Lokasi: Jl. Krekot Bunder Raya No.65, RT.1/RW.6, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Sudah makin siap berburu burung goreng di Jakarta? Ceritain juga yuk spot yang paling recommended untuk mencicipi menu ini.

Related Articles

Connect with Nibble