Foodies Guide To F&B Industry

Photo by happyhappyjoyjoy.asia

7 Cara Restoran Tetap Ramai Selama Darurat COVID-19

March 18, 20205 min readTips & Tricks

Menjaga restoran tetap ramai dikunjungi pengunjung di masa-masa merebaknya pandemi virus seperti saat ini merupakan sebuah tantangan besar. Tak sedikit restoran yang merugi besar karena sepinya pengunjung. Belum lagi bahan baku yang harus dibuang karena tidak bisa dimasak keesokan harinya.

Memang susah gampang menjaga restoran tetap beroperasi di masa sulit seperti sekarang. Namun, jika kalian menemukan trik yang tepat, dijamin restoran kalian akan tetap bisa beroperasi dengan normal.

Yuk cari tahu tips dari Nibble.id untuk menjaga restoran tetap ramai dalam artikel berikut ini!

Pastikan Kebersihan Terjaga

restoran tetap ramai

Photo source: pinterest.com

Kebersihan sebuah restoran adalah salah satu poin utama yang dilihat masyarakat sebelum akhirnya memutuskan untuk makan di sebuah restoran. Terlebih di saat sebuah wabah tengah menyebar luas seperti saat ini, pastinya akan ada penilaian lebih yang diberikan kepada restoran yang mampu menjaga kebersihannya.

Kebersihan yang dimaksud di sini menyangkut segala hal, mulai dari kebersihan dalam area makan, area memasak, kebersihan bahan baku, hingga kebersihan dari setiap pegawai restoran. 

Salah satu cara terbaik untuk menunjukkan restoran ini bersih adalah dengan menyiapkan hand sanitizer di setiap meja. Benda yang satu ini belakangan menjadi concern utama dari banyak orang, apalagi setelah anjuran rajin membersihkan tangan dilakukan. Selain itu, siapkan masker bagi setiap pegawai yang berhubungan langsung dengan makanan yang disajikan.

Berlakukan Social Distancing

Photo source: inquirer.com

Social distancing merupakan sebuah gerakan yang baru-baru digaungkan untuk mencegah pandemi COVID-19 ini semakin menyebar. Sebenarnya, social distancing ini sudah lama dibuat, tetapi banyak orang yang belum paham.

Gerakan ini sebenarnya merupakan sebuah kegiatan yang simpel, di mana setiap orang harus meminimalisir kegiatan sosial di luar ruangan. Kalaupun harus keluar ruangan, mesti ada jarak minimal 1 meter di antara dua orang untuk mencegah menyebarnya setiap hal buruk yang mungkin terjadi.

Bentuk social distancing yang bisa diterapkan di dalam restoran adalah dengan memberikan ruang lebih antara meja dan kursi. Tentu saja ini pasti akan membuat kapasitas restoran berkurang, tetapi justru di sisi lain akan mengangkat citra baik restoran tersebut di masyarakat. Lagipula, dengan mengurangi kapasitas pengunjung akan membuat seakan restoran tetap ramai dari luar ruangan.

Tambahkan Menu Penguat Imun

restoran tetap ramai

Photo source: pexels

Imun menjadi senjata utama yang sering disebut dapat menangkal virus COVID-19 ini bisa masuk ke dalam tubuh manusia. Beruntung, banyak makanan peningkat imunitas yang bisa didapat dengan mudah di Indonesia. Mulai dari jahe, bawang putih, hingga bayam memang sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Membuat menu baru yang memanfaatkan makanan-makanan ini tentunya akan membuat banyak orang tertarik untuk mencoba. Ke-”kepo”-an masyarakat Indonesia akan hal-hal baru tentunya juga dapat dimanfaatkan untuk membuat restoran tetap ramai di tengah kekacauan belakangan ini.

Jangan Gunakan Bahan Aneh

Photo source: @willythuan

Meskipun membuat menu baru memang menjadi sebuah keharusan bagi sebuah restoran untuk tetap dapat bertahan, tetapi tetap harus memperhatikan beberapa hal. Salah satu hal yang harus diperhatikan dengan baik adalah pemilihan bahan baku yang digunakan dalam menu tersebut.

Banyak restoran yang mencoba bereksperimen membuat menu baru dengan cara menggabungkan sebuah masakan yang sudah ada sebelumnya dengan campuran bahan baru. Salah satunya adalah penggunaan berbagai bagian tubuh hewan. Padahal, menurut beberapa penelitian, salah satu alasan kenapa COVID-19 bisa dengan cepat menyebar di Tiongkok adalah melalui hewan.

Untuk itulah jangan coba untuk bereksperimen menggunakan bahan baku yang belum terjamin, terutama di masa wabah tengah meluas seperti saat ini.

Batasi Waktu Buka

Photo source: pexels

Salah satu anjuran yang tengah dilakukan oleh pemerintah saat ini untuk menekan penyebaran virus adalah dengan membatasi jam buka dari pusat keramaian. Tentu kita semua tahu jika kebanyakan restoran berada di pusat keramaian, seperti mall, taman bermain, atau ruang terbuka hijau.

Dengan membatasi waktu buka ini tentunya akan berakibat banyak, terutama bagi restoran. Dari sisi restoran, pegawai akan memiliki jam kerja yang lebih sedikit sehingga akan mampu memberikan pelayanan prima kepada pengunjung. Pengunjung yang mendapatkan pelayanan prima tentunya akan senang dan biasanya akan mengabarkan ke teman-teman.

Ingat, salah satu kunci restoran tetap ramai dari waktu ke waktu di zaman sekarang adalah sosial media. Tak jarang kalian bisa menemukan satu restoran yang biasanya sepi bisa tiba-tiba ramai hanya karena posting-an positif di sosial media.

Semprotkan Desinfektan Secara Berkala

Photo source: lensaindonesia.com

Adanya pembatasan jam buka juga membuat restoran dapat melakukan kegiatan penyemprotan desinfektan lebih sering. Desinfektan di-klaim ampuh dalam mematikan virus yang berada di ruangan. Semakin sering desinfektan ini disemprotkan, maka akan semakin kecil peluang virus dapat berkembang.

Kembali lagi, posting-lah kegiatan penyemprotan ini di sosial media untuk dapat menunjukkan bahwa restoran kalian rajin menjaga kebersihan. Tentunya setiap orang yang merasa aman akan semakin sering untuk berkunjung ke restoran kalian.

Berikan Promo Menarik

restoran tetap ramai

Photo source: pixabay

Siapa sih yang tidak menyukai promo? Semua orang di berbagai belahan dunia manapun akan selalu menjadi yang terdepan jika mendengar kata promo atau potongan harga. Tidak memandang usia, jenis kelamin, atau pekerjaan, setiap orang rela mengantre untuk mendapatkan promo, apalagi promo di restoran.

Selain memberikan promo yang bisa didapat jika mengunjungi restoran, kalian juga bisa memancing pengunjung dengan memberikan promo melalui ojek daring. Cara yang satu ini sudah terbukti ampuh untuk memikat pengunjung. Jangan lupa untuk sajikan fasilitas tambahan untuk driver ojek daring yang sudah mengantre lama ketika promo diberikan, ya.

Tips-tips di atas hanya sedikit dari banyak tips lain yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga restoran tetap ramai di keadaan saat ini. Kalian punya tips lain yang lebih ampuh?

Related Articles

Connect with Nibble