Foodies Guide To F&B Industry

Photo by theconversation.com

Cegah Corona dengan Makanan Peningkat Imunitas Ini

March 4, 20204 min readFoodie Trends

Belakangan, sebuah penyakit baru menjadi fenomena di segala penjuru dunia. Penyakit yang akrab dikenal dengan nama virus corona ini dalam waktu singkat menjadi sebuah wabah yang menyebar ke seluruh dunia meskipun berbagai tindakan sudah dilakukan untuk cegah corona semakin meluas.

Salah satu anjuran yang dikeluarkan oleh pihak-pihak terkait untuk mencegah virus corona semakin menyebar adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh. Mereka menyebut bahwa virus corona tidak akan berkembang jika manusia berada dalam kondisi yang sehat dan fit 100%.

Bingung mencari makanan yang mampu meningkatkan imunitas tubuh? Tenang, Nibble.id sudah menyiapkan rekomendasinya dalam artikel berikut ini!

Bawang Putih

cegah corona

Photo source: webmd.com

Sering dibandingkan dengan bawang merah, bawang putih merupakan salah satu bahan makanan yang paling sering ditemukan di berbagai masakan. Makanan yang satu ini selain menambahkan rasa dalam masakan ternyata juga memiliki kandungan lain yang berfungsi untuk cegah corona masuk ke dalam tubuh manusia.

Bawang putih mengandung senyawa antioksidan yang mencegah radikal bebas untuk berkembang di tubuh manusia. Selain itu, bawang putih juga mengandung allicin di bagian kulitnya. Selain memberikan aroma yang khas, allicin juga memiliki kemampuan untuk membunuh kuman dan bakteri.

Acai Beri

Photo source: britannica.com

Beri memiliki banyak jenis yang hidup dan berkembang di alam bebas. Rata-rata beri disukai karena warnanya yang beranekaragam dan memiliki rasa yang manis. Jika bicara makanan untuk cegah corona, acai beri adalah salah satu jawabannya.

Acai berry adalah buah berukuran kecil yang memiliki warna ungu kehitam-hitaman dan berasal dari negara-negara di kawasan Amerika Selatan. Buah-buahan yang memiliki warna gelap seperti acai beri memiliki antosianin. Antosianin memiliki kandungan antioksidan mencegah radikal bebas berkembang di dalam tubuh manusia. Selain itu, antosianin meningkatkan kadar imunitas di dalam tubuh.

Jahe

Photo source: Getty Image

Jahe sejak zaman dulu sering digunakan di dalam berbagai kuliner karena memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Selain rasanya yang cukup tajam, jahe juga disukai karena mudah ditemukan di pasar tradisional maupun pusat perbelanjaan lainnya. Harganya pun cukup murah jika dibandingkan dengan berbagai kandungan senyawa yang dimilikinya.

Bosan mengonsumsi jahe hanya dengan mencampurnya ke dalam minuman? Bagaimana jika kalian mencoba mencampurkan jahe ke dalam cake, menjadikannya sebagai saus untuk chicken wings, atau mencampurkan jahe untuk me-marinasi daging?

Bunga Lawang

cegah corona

Photo source: tasteofhome.com

Bunga lawang? Apakah nama bahan makanan yang satu ini masih jarang kalian dengar? Wajar jika kalian masih asing dengan nama bunga lawang. Ini dikarenakan bunga lawang lebih familiar digunakan dalam salah satu bumbu tradisional Tiongkok, yaitu ngo hiong. Baunya yang cukup kuat menjadikan bunga lawang salah satu penyedap rasa yang tepat untuk masakan kalian.

Selain dijadikan penyedap rasa, bunga lawang juga ternyata memiliki beberapa manfaat bagi tubuh manusia. Manfaat yang paling sering disebut adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan dan melancarkan saluran sendi. Namun, ternyata bunga lawang juga mengandung asam shikimat yang sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar utama obat anti flu. 

Bayam

Photo source: thespruceeats.com

Siapa yang tidak menyukai bayam? Sayang sekali jika kalian tidak menyukai bayam hanya karena memiliki rasa yang hambar. Bayam ternyata masuk ke dalam kategori makanan superfood karena memiliki banyak kandungan zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Bayam dipercaya mengandung vitamin A, vitamin C, magnesium, dan zat besi di dalam setiap helainya. 

Namun, ternyata selain berbagai zat di atas, bayam juga kaya akan antioksidan dan betakaroten yang sangat membantu sistem imun tubuh manusia untuk berjuang melawan zat-zat jahat yang berasal dari luar. Tentu saja untuk tetap membuat bayam mengandung berbagai manfaat ini adalah dengan memasaknya seminimal mungkin.

Brokoli

Photo source: thespruceeats.com

Jika bayam sering dihindari oleh orang dewasa, lain halnya dengan brokoli. Makanan yang satu ini biasanya dihindari oleh anak kecil. Padahal, banyak sekali kandungan zat dalam brokoli yang sangat dibutuhkan oleh manusia dalam tahap pertumbuhannya. 

Zat-zat ini di antaranya adalah vitamin C, potassium, magnesium, zinc, dan zat besi. Selain itu, vitamin B yang cukup lengkap (B1, B2, B3, dan B6) juga dimiliki oleh brokoli. Semua vitamin dan mineral ini membantu sistem imun untuk selalu bekerja dalam kualitas tertingginya. 

Sama seperti bayam, masaklah brokoli dengan cara yang seminimal mungkin. Bahkan, jika perlu, kalian bisa memakan langsung brokoli tanpa harus diolah lagi agar menjaga berbagai kandungan di dalamnya.

Almond

cegah corona

Photo source: IStock

Musim hujan yang tiba berbarengan dengan viralnya penyebaran virus corona ini menyebabkan kita harus pintar-pintar mengonsumsi makanan yang bisa menjaga kita tetap sehat di antara kedua kondisi di atas. Untuk mencegah demam ketika hujan menyerang, vitamin C lah jawabannya. Namun, jika untuk meningkatkan imunitas cegah korona, vitamin E lah juaranya.

Kacang-kacangan mengandung kedua jenis vitamin ini. Salah satu kacang-kacangan terbaik jatuh kepada almond. Almond kaya akan vitamin E yang mengandung lemak baik bagi tubuh manusia. Lemak baik ini berfungsi untuk menyerap berbagai zat-zat buruk yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Ternyata, makanan yang efektif untuk meningkatkan imunitas guna cegah corona bisa didapatkan dengan mudah di berbagai pusat perbelanjaan. Yuk cari berbagai makanan di atas!

Related Articles

Connect with Nibble