Foodies Guide To F&B Industry

Photo by mainmain.id

8 Angkringan di Jogja yang Paling Legend

January 21, 20205 min readFoodie Trends

Bicara tentang kuliner di Kota Yogyakarta tentu tidak akan lepas dengan yang namanya angkringan. Angkringan di Jogja sudah menjadi sebuah objek wisata yang sayang untuk dilewatkan jika kalian berkunjung ke sana. Harganya yang murah ditambah dengan variasi lauk yang beragam membuatnya tidak pernah membosankan untuk didatangi.

Selain harganya yang murah, jam buka angkringan yang bertahan hingga lewat tengah malam menjadikannya sebagai tempat nongkrong favorit bagi para kalongers. Tak sedikit pula komunitas sengaja berkumpul pada malam hari di setiap angkringan yang tersebar di penjuru Kota Yogyakarta ini.

Beberapa angkringan bahkan sudah menjadi sebuah legenda di Jogja. Penasaran angkringan mana saja yang masuk ke dalam daftar ini? Simak bocorannya dalam artikel ini!

Angkringan Lek Man

Photo source: gudeg.net

Mungkin inilah angkringan yang paling legendaris di Yogyakarta. Bahkan, banyak yang menyebut jika angkringan yang sudah buka sejak tahun 1950-an ini adalah salah satu angkringan pertama di Kota Jogja. Hampir semua orang pastinya memberikan arahan untuk datang ke angkringan satu ini jika kalian sedang berada di Jogja. Angkringan Lek Man yang berada di utara Stasiun Tugu ini juga salah satu tempat pertama yang mengenalkan hype kopi joss kepada masyarakat luas.

Lokasi: Jalan Wongsodirjan, Gedong Tengen, Sosromenduran, Kota Yogyakarta.

Angkringan Wijilan

Photo source: traveltodayindonesia.com

Kawasan Wijilan di Kota Jogja ini sebenarnya sudah lama dikenal sebagai salah satu sentra dari penjualan makanan khas Yogyakarta lainnya, gudeg. Namun, ternyata di kawasan ini juga berdiri sebuah angkringan yang sudah melegenda. Bahkan, saking melegendanya, angkringan ini selalu dipenuhi pengunjung meski sudah memiliki kedai yang luas dan bertingkat. Lauk yang bisa kalian pilih di angringan Jogja satu ini juga cukup banyak, mulai dari bacem, sate, hingga aneka lauk pedas lain.

Lokasi: Jalan Wijilan, Panembahan, Kraton, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta.

Angkringan Pak Jabrik

Photo source: kaskus.co.id

Angkringan di Jogja yang satu ini juga dikenal dengan nama Angkringan KR karena terletak di depan kantor milik koran Kedaulatan Rakyat. Tempatnya yang tidak terlalu jauh di Tugu Jogjakarta membuatnya ramai didatangi pengunjung di malam hari setelah berswafoto di area Tugu. Pilihan nasi kucing di angkringan Pak Jabrik cukup banyak, seperti nasi oseng tempe, nasi ati ayam, oseng jamur, atau nasi oseng saus tomat. Jangan heran jika banyak komunitas yang menghabiskan akhir pekan di angkringan satu ini.

Lokasi: Jalan Pangeran Mangkubumi, Gowongan, Jetis, Kota Yogyakarta.

Angkringan Pendopo Ndalem

angkringan di jogja

Photo source: gudeg.net

Jika angkringan lain biasanya berada di pinggir jalan dan hanya memiliki gerobak kecil sebagai tempat menjajakan aneka nasi kucing dan lauk, hal berbeda bisa kalian dapatkan di Angkringan Pendopo Ndalem. Angkringan yang juga dikenal dengan nama Angkringan JAC ini memiliki tempat yang sangat berkelas. Ini dikarenakan Angkringan yang satu ini bertempat di pendopo sebuah rumah bangsawan Jawa yang masih berada di area Keraton Yogyakarta. Angkringan Pendopo Ndalem juga disukai oleh anak muda karena menyediakan fasilitas wifi. Kalian juga bisa menemukan makanan khas Jawa yang mulai hilang di Angkringan Pendopo Ndalem, seperti semar mendem, lupis, dan jadah manten

Lokasi: Jalan Sompilan Ngasem No.12, Kadipaten, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta.

Angkringan Nganggo Suwe

Photo source: anishidayah.com

Sedikit melipir dari pusat Kota Jogja, tepatnya di dekat Makam Raja Kesultanan Yogyakarta, kalian juga bisa menemukan angkringan yang tidak kalah melegenda. Angkringan Nganggo Suwe yang sudah berjualan sejak tahun 1990-an ini selalu dipenuhi oleh pengunjung pada malam hari,. Saking ramainya, kalian harus bergantian untuk bisa makan sambil duduk di tempat ini. Itulah mengapa angkringan ini diberi nama Nganggo Suwe yang memiliki arti pakai lama. Jangan lupa untuk mencoba nasi belut, tongseng keong, atau wedang asem panas ketika datang ke sini, rasanya unik!

Lokasi: Jl. Pramuka No.106, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Angkringan Klebengan

angkringan di jogja

Photo source: yogyakarta.panduanwisata.id

Angkringan di Jogja satu ini menjadi pilihan utama bagi mahasiswa UGM dan UNY karena lokasinya yang masih berada di sekitar lokasi kedua kampus besar di Yogyakarta ini. Bahkan, tak sedikit alumni kedua kampus ini yang sengaja datang ke Kota Jogja hanya untuk merasakan lagi rasa makanan di Angkringan Klebengan. Angkringan Klebengan juga terkenal akan lauknya yang manis. Ini dikarenakan jika kalian sudah memilih satu lauk di angkringan ini dan ingin dipanaskan lagi kalian akan mendapatkan tambahan kecap setiap kali makanan itu dihangatkan.

Lokasi: GOR Klebengan, Jalan Gambir Deresan, Caturtunggal, Sleman, Kabupaten Sleman.

Angkringan Pak Jack

Photo source: paketwisatajogja75.com

Tempatnya yang berada dekat dengan Jembatan Gondolayu membuatnya selalu diramaikan oleh pengunjung. Maklum, Jembatan Gondolayu merupakan salah satu spot hangout favorit dari masyarakat Kota Yogyakarta. Tak cuma sekedar nasi kucing biasa, Angkringan Pak Jack juga memiliki menu nasi kuning yang sayang untuk dilewatkan. Sama seperti Angkringan Lek Man, Angkringan Pak Jack juga memiliki menu kopi joss.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.44, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta.

Angkringan Bonbin

Photo source: paketwisatajogja75.com

Angkringan di Jogja satu ini terletak dekat dengan kebun binatang, itulah mengapa nama Bonbin mereka gunakan. Angkringan Bonbin begitu dikenal dengan nasi kucingnya yang selalu hangat. Biasanya nasi ini akan selalu diperbarui persediannya setiap jam selama mereka buka. Ini tentunya berbeda dengan angkringan lain yang memiliki nasi yang cenderung dingin. 

Lokasi: Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta.

Ada rencana untuk berwisata ke Kota Yogyakarta dalam waktu dekat? Jangan sampai tidak mengunjungi salah satu angkringan di atas ya!

Related Articles

Connect with Nibble