Foodies Guide To F&B Industry

Photo by news.italianfood.net

8 Gaya Pizza Italia yang Wajib Banget Kalian Tahu!

January 2, 20205 min readInside Stories

Pizza saat ini menjadi salah satu jenis makanan yang paling sering dikonsumsi di dunia. Beragam jenis pizza, mulai dari gaya Amerika Serikat hingga gaya pizza Italia, saling bersaing untuk menjadi makanan idola dari masyarakat.

Bicara tentang pizza Italia, selain beberapa jenis pizza yang masuk 8 jenis pizza paling populer ini, ternyata masih ada banyak gaya pizza Italia yang masih jarang diketahui banyak orang. Bahkan di Indonesia saja mungkin kita akan kesulitan mencari beberapa jenisnya.

Penasaran dengan gaya apa saja yang kami maksud? Cari tahu dalam artikel ini!

Napoletana (Neapolitan)

gaya pizza italia

Photo source: stellaculinary.com

Varian pizza Italia yang satu ini adalah yang paling populer dan dikenal sebagai bentuk dasar dari Pizza. Berbentuk bulat dengan diameter tertentu, pembuatan pizza napoletana selalu mengikuti aturan yang telah berlaku sejak zaman dulu dan tidak pernah diubah. Aturan ini di antaranya adalah ketebalan, suhu oven, dan bahan baku.

Sesuai namanya, napoletana berasal dari kota Naples. Hampir di setiap sudut kota kalian akan dengan mudah menemukan penjual pizza napoletana. Napoletana margherita dan napoletana marinara adalah varian pizza napoletana yang paling dicari oleh pecinta pizza di seluruh dunia.

Siciliana

Photo source: closetcooking.com

Cara paling mudah untuk mengenali tipe pizza Italia yang satu ini adalah bentuknya yang kotak. Bahkan, di Amerika Serikat, nama siciliana terkadang disamakan dengan square atau kotak. Nama siciliana mulai dikenal setelah dibawa oleh imigran asal Sisilia masuk ke Amerika Serikat. Bahkan, banyak pendapat yang mengatakan siciliana adalah nenek moyang dari varian pizza yang muncul di Amerika Serikat.

Siciliana juga dikenal dengan istilah sfincione. Pada zaman dulu, siciliana hanya berupa saus tomat, rempah, dan sedikit keju. Siciliana lebih sering dijual di toko roti dibandingkan di restoran yang menjual pizza. Ini dikarenakan siciliana lebih dikenal sebagai cemilan dibandingkan makanan berat.

Pizza Fritta

Photo source: vocedinapoli.it

Beberapa hari belakangan ini di media sosial ramai diperbincangkan adanya seorang penjual pizza di Bekasi yang sepi pengunjung. Penjual tersebut menulis bahwa yang ia jual adalah pizza, tapi banyak orang bertanya mana ada pizza yang berbentuk kecil seperti pastel. Padahal, kenyataannya, itulah salah satu bentuk dari pizza fritta.

Cerita unik di balik lahirnya pizza fritta berawal di akhir Perang Dunia II. Pada masa itu, harga keju dan kayu untuk oven meningkat tajam. Untuk mengakali hal tersebut, para pembuat pizza di Naples memutuskan untuk menggoreng adonan pizza dan mengisinya dengan berbagai macam bahan yang biasanya menjadi topping pizza.

Pizza al Pala

Photo source: italyfoodandwinetours.com

Pizza alla pala lahir di Roma ketika toko roti mencari cara untuk memanfaatkan sisa adonan roti yang tidak digunakan. Adonan tersebut dibuat memanjang dan kemudian ditaburi dengan berbagai topping segar. Sesuai namanya, pizza alla palla bisa diatur untuk memiliki ukuran tertentu hingga satu meter, sesuai dengan jumlah orang yang memakannya. Nantinya, pizza alla palla ini dipotong berbentuk kotak.

Berbeda dengan pizza napoletana, pizza alla palla memiliki kandungan air yang cukup besar dalam adonannya, yaitu bisa sampai 80%. Nantinya pizza alla palla terlebih dahulu dipanggang dalam oven elektrik selama 10-12 menit sebelum dipindahkan ke dalam panggangan tradisional yang dikenal dengan nama palla.

Pizza Tonda Romana

Photo source: agrodolce.it

Ibu kota Italia, Roma, tentunya tidak ingin ketinggalan untuk memiliki varian pizza spesial kotanya. Ada dua gaya pizza Italia asal Roma yang paling terkenal, salah satunya adalah pizza tonda romana. Uniknya, pemuja pizza romana tonda menilai bahwa pizza tonda romana merupakan salah satu bukti bahwa bumi itu datar.

Pizza tonda romana sendiri memiliki bentuk yang bulat dengan tingkat ketebalan yang sangat tipis. Tipisnya roti di pizza tonda romana bahkan membuatnya sangat renyah ketika digigit. Banyak yang menyebut bahwa memakan pizza tonda romana tidak akan membuat perut terasa kenyang karena tipisnya roti ini.

Pizza al Taglio

gaya pizza italia

Photo source: comosolo.wordpress.com

Gaya pizza Italia asal Roma lain yang paling populer adalah pizza al taglio. Salah satu perbedaan antara kedua pizza ini adalah pizza al taglio dipanggang pada suhu yang lebih rendah dari pizza tonda romana. Selain itu, bentuk dari pizza al taglio juga kotak besar, bukan bulat seperti pizza tonda romana.

Pizza al taglio dalam bahasa Indonesia memiliki arti pizza yang dipotong. Nama ini diberikan karena pizza al taglio biasanya langsung dibuat dalam ukuran yang cukup besar. Nantinya, pembeli bisa memilih sendiri ukuran potongan pizza yang diinginkan. Harganya biasa dihitung berdasarkan berat pizza yang pembeli pilih.

Pizza al Padellino

Photo source: pinterest.com

Selain terkenal dengan klub sepakbola Juventus dan Torino, kota Turin juga memiliki gaya pizza Italia yang tidak kalah dengan kota lain. Pizza yang memiliki nama pizza al padellino ini memiliki bentuk yang kecil dan sepertinya hanya cukup untuk mengenyangkan satu orang setiap porsinya, berbeda dengan pizza lain yang memiliki ukuran besar.

Padellino sendiri memiliki arti wadah memanggang kecil. Meskipun begitu terkenal di Turin, pizza yang satu ini sebenarnya datang dari daerah Tuscany. Meskipun sekilas mirip dengan pizza napoletana, pizza al padellino memiliki bentuk yang lebih tipis dan crispy

Trapizzino

gaya pizza italia

Photo source: trapizzino.it

Trapizzino adalah sensasi baru di jalanan Kota Roma. Lahir di tahun 2008 lalu di tangan seorang Stefano Callegari, makanan yang satu ini menjadi fenomena di kalangan pecinta pizza di Roma. 

Trapizzino adalah gabungan antara dua buah makanan, yaitu tramezzino dan pizza. Tramezzino adalah sandwich klasik khas Italia yang seringkali dengan muda dijumpai di berbagai kedai makanan. Memiliki tekstur yang garing di luar, bagian dalam trapizzino sangat lembut. Yang menarik, alih-alih menggunakan isian keju atau tomat, trapizzino memiliki isian beragam makanan khas Roma klasik, seperti artichoke, babat, dan buntut sapi.

Tidak semua gaya pizza Italia ini bisa kalian temukan di Indonesia. Tentu, untuk dapat mencicipinya kalian harus berkunjung ke Italia. Yuk menabung untuk liburan ke sana!

Related Articles

Connect with Nibble