Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Befren.com

9 Kuliner Halal di Mangga Besar Paling Top Markotop

January 9, 20205 min readFoodie Trends

Selama ini yang kita tahu, Mangga Besar terkenal sebagai kawasan kuliner yang penuh dengan masakan Chinese non-halal. Padahal jika kalian menelusuri kawasan ini, kuliner halal di Mangga Besar itu ternyata tidak sulit ditemukan kok.

Kepopuleran dan kelezatan makanan yang ditawarkan oleh restoran-restoran tersebut juga tak kalah mantap dibandingkan dengan tempat makan yang non-halal. Terus restoran halal di Mangga Besar mana saja yang paling top? Ini dia daftarnya!

1. Bakso Akiaw 99

Photo source: @ajakmakan

Kuliner halal di Mangga Besar pertama yang harus kalian coba adalah Bakso Akiaw 99. Pilihan bakso halus, bakso urat, kikil, babat, dan daging sapinya sangat nikmat rasanya. Ada sensasi gurih, rasa manis dari daging sapi, serta segarnya daun wan sui yang berlimpah. Agar makin kenyang, kalian bisa menyantap Bakso Akiaw dengan pilihan mie, seperti kwetiau, bihun, atau mie kuning. Harga seporsinya sekitar Rp40.000 – Rp50.000. Memang cukup mahal, tapi worth it.

Lokasi: Jl. Raya Mangga Besar No.2B, Taman Sari, Jakarta Barat.

2. Bubur Ayam Mangga Besar 1

Photo source: @ajakmakan

Untuk kalian yang ngidam makan bubur ala Chinese panas-panas, tapi bingung mencari tempat yang halal, kalian bisa singgah di Bubur Ayam Mangga Besar 1. Rasa bubur di sini tidak pernah mengecewakan, selalu pas, dan menghangatkan tubuh. Tekstur buburnya cukup kental, bahkan bisa dimakan dengan sumpit lho.

Menurut kami, bubur disini paling enak dimakan dengan ayam rebus, telur asin, serta telur pitan. Apalagi saat ayam rebusnya diberi parutan jahe serta celupan soy sauce, kalian pasti akan ketagihan. Buat penggemar bubur, simak yuk 12 Bubur Ayam di Jakarta yang Paling Bikin Ngiler.

Lokasi: Jl. Mangga Besar I No. 46A, Mangga Besar, Jakarta Barat.

3. Kwetiaw Sapi 78 Mangga Besar

Photo source: @kulinerbintang

Kwetiau Sapi 78 sudah terkenal sebagai salah satu kuliner halal di Mangga Besar. Saat ke sini, cicipilah Kwetiau Goreng buatan mereka. Rasanya juara karena hadir dengan tekstur yang lembut dan kenyal, serta penuh dengan topping daging sapi dan babat yang berlimpah.

Jika kalian lebih suka yang berkuah, kalian bisa memesan Kwetiau Siram yang dihidangkan dengan kuah kental super panas.

Lokasi: Jl. Mangga Besar Raya No. 78 D, Mangga Besar, Jakarta Barat.

4. Kwetiau Sapi Aciap

Photo source: @chitraria

Satu lagi tempat makan kwetiau halal di Mangga Besar, yaitu Kwetiau Sapi Aciap. Aroma kwetiau yang harum akan menyapa kalian saat masuk ke restoran ini. Kwetiau Goreng menjadi menu yang paling sering dipesan di sini. Harganya sekitar Rp48.000, mahal memang, tapi kalian tidak akan rugi karena porsinya cukup banyak.

Tumpukan kwetiau dengan warna kecokelatan akan memuaskan perut kalian dengan topping daging sapi, usus, jeroan, dan sayuran yang nggak pelit.

Lokasi: Jl. Raya Mangga Besar No.35, Mangga Besar, Jakarta Barat.

5. Suisse Bakery

Photo source: @anakjajan

Spot kuliner halal di Mangga Besar yang satu ini memiliki risol dengan rasa yang tak ada duanya. Nostalgia dengan rasa klasik yang tak lekang waktu akan menempel di pikiran kalian saat mencicipinya. Terdapat beberapa jenis risol, seperti risol sayu, risol ragout, dan risol mayo, yang siap menghipnotis kalian dengan kelezatannya.

Jika ingin mencobanya, pastikan untuk datang ke tempat ini pagi-pagi karena biasanya persediaan risol akan semakin menipis menjelang siang.

Lokasi: Jl. Hayam Wuruk, Blok A No. 6 - 8, Hayam Wuruk, Jakarta Barat.

6. Henis

Photo source: @jktfoodead

Makanan khas Bogor, seperti Soto Mie juga punya nama di Jakarta. Henis adalah salah satu tempat makan Soto Mie paling terkenal yang tidak boleh kalian lewatkan saat mencari kuliner halal di Mangga Besar.

Harga satu porsi Soto Mie di sini sekitar Rp45.000. Meski  terbilang tidak murah, kalian pasti puas dengan porsi dan isi yang disajikan. Potongan daging di dalam menu ini nggak main-main banyaknya. Selesai makan, jangan lupa untuk bawa pulang Roti Henis isi Baso Ayam yang legendaris.

Lokasi: Jl. Mangga Besar No. 27, Mangga Besar, Jakarta Barat.

7. Warung Ayam H. Mardun

Photo source: @dad_dish

Tempat makan ayam goreng di Jakarta memang tidak langka, tapi jika kalian mencari yang enak, kalian harus coba Warung Ayam H. Mardun. Mereka menggunakan ayam kampung dengan tekstur yang empuk.

Ayam gorengnya tidak dimasak sampai garing, tapi tetap saja rasanya tidak bisa membohongi lidah. Yang membuatnya unik adalah tambahan bumbu kacang dan asinan timun sebagai pelengkap menu istimewa ini.

Lokasi: Jl. Mangga Besar Raya No. 90A, Mangga Besar, Jakarta Barat.

8. Gado Gado Taman Sari

Photo source: @i.eat.i.rate

Bangunan warung gado-gado ini sangat sederhana dan tersembunyi. Namun, siapa sangka, mereka sudah melayani pembeli sejak tahun 1960 dan sering mendapatkan predikat sebagai salah satu gado-gado enak di Jakarta. Hal tersebut dibuktikan dari padatnya pembeli yang mengantre setiap saat. Biarpun banyak yang mengeluh harga gado-gadonya yang mahal, tempat ini tidak pernah ditinggalkan. Maklum saja, rasa gado-gadonya memang juara, sayurannya segar, dan bumbu kacangnya berlimpah.

Lokasi: Jl. Taman Sari 8 No. 71B, Mangga Besar, Jakarta Barat.

9. Bakmi Boy

Photo source: @cnlulaby

Nggak semua bakmi yang ada di Mangga Besar itu non-halal. Di taman Sari, kalian bisa menemukan Bakmi Boy yang namanya sudah legend banget di kalangan foodies. Biarpun tidak menggunakan babi, rasa gurihnya boleh diadu. Jenis mie yang ditawarkan juga beragam khas restoran bakmi ala Chinese. Ada mie besar, mie kecil, bihun dan kwetiau. Jangan lupa untuk menyantap bakmi ayam dengan side dish seperti pangsit dan bakso biar makin nendang.

Lokasi: Jl. Taman Sari X No. 45, Mangga Besar, Jakarta Barat.

Sudah siap bertualang kuliner halal di Mangga Besar? Kalau kalian butuh referensi tempat makan lebih banyak lagi, simak yuk 7 Restoran di Mangga Besar Yang Paling Legendaris.

Related Articles

Connect with Nibble