Recipe

Resep Tahu Bulat Kopong dan Anti Gagal

by Danang Lukmana | June 21, 2021

Resep Tahu Bulat Kopong dan Anti Gagal
“Tahu bulat digoreng dadakan” begitulah kira-kira lantunan suara yang sering dikumandangkan pedagang jajanan ini. Jenis tahu asal Tasikmalaya ini memang populer belakangan ini sebagai camilan dan jajanan yang digemari berbagai kalangan. Seperti jargon para penjualnya yakni ‘digoreng dadakan’, tahu bulat memang biasanya dijual dalam keadaan yang masih panas karena baru selesai digoreng. Makanan ini cukup unik karena memiliki tekstur lembut dengan bagian dalamnya kosong alias kopong. Rasanya juga sangat gurih dan nikmat. Selain itu, tahu bulat juga dijual dengan harga yang terjangkau, gak heran banyak orang menyukainya. Tapi jajanan ini bisa lho kalian buat sendiri di rumah. Cara dan resep tahu bulat cukup mudah dan sederhana untuk dipraktikkan sendiri. Lumayan kan, kalian gak perlu nungguin penjualnya lewat depan rumah kalau mau mencicipi makanan ini. Yuk simak cara dan resep tahu bulat yang garing dan kopong yang dirangkum dari Cookpad berikut ini!

Resep Tahu Bulat Kopong

1.      Siapkan Bahan-Bahannya

bahan resep tahu bulat

source: freepik

Cara pertama untuk membuat tahu bulat adalah dengan mempersiapkan dahulu semua bahan-bahan yang diperlukan. Untuk membuat satu porsi tahu bulat untuk diri sendiri, kira-kira ini bahan yang kalian butuhkan:
  • Tahu Putih ukuran besar.
  • 1 butir telur ayam .
  • 1 sendok teh baking soda.
  • Minyak goreng.
  • Garam serta kaldu bubuk secukupnya.

2.      Cuci dan Peras Tahunya

resep tahu bulat putih

source: istockphoto

Jika bahan-bahan pembuatan tahu bulat sudah kalian persiapkan semuanya, cara berikutnya yang harus kalian lakukan adalah mencuci tahunya dahulu hingga bersih. Cuci tahu menggunakan air yang mengalir ya. Setelah tahu tersebut bersih, kalian hancurkan dan peras tahunya hingga kering. Supaya menghancurkan dan memerasnya lebih mudah, kalian bisa potong-potong tahunya hingga kecil terlebih dahulu. Setelah tahunya dihancurkan, selanjutnya diperas menggunakan kain kasa supaya lebih optimal. Peras hingga benar-benar gak ada lagi kandungan airnya ya. Cara ini penting supaya tahu bulat bisa jadi kopong dan garing saat dimasak.

3.      Uleni Adonan Tahu dan Bumbu

Setelah tahu selesai diperas hingga kering, tahap berikutnya adalah mencampur semua bahan yang disediakan. Campurkan telur, baking soda, garam, dan kaldu penyedap secukupnya ke dalam sebuah wadah. Selanjutnya masukkan tahu yang sudah diperas tadi, lalu uleni hingga tercampur merata. resep tahu bulat-bulat

source: @batambungkus

Setelah tercampur rata, kemudian kalian ambil sedikit demi sedikit untuk dibentuk bulat-bulat kecil. Bentuk semua adonan hingga habis gak bersisa.

4.      Simpan di Kulkas Terlebih Dahulu

Jika semua adonan sudah kalian bentuk jadi bulat-bulat, sebaiknya jangan langsung kalian goreng. Agar hasilnya lebih garing dan mengembang optimal, adonan tadi kalian dinginkan terlebih dahulu di kulkas. Kurang lebih bisa disimpan selama tiga jam atau lebih sampai dingin.

5.      Goreng Tahu Hingga Mengembang

source: @arimadione

Setelah bahan tahu bulat sudah kalian dinginkan di dalam kulkas, selanjutnya tinggal persiapkan peralatan menggorengnya. Panaskan minyak yang cukup banyak di atas wajan. Hal tersebut karena menggoreng tahu bulat akan lebih optimal dengan menggunakan teknik deep fried. Teknik tersebut adalah dengan menggoreng tahu hingga terendam dalam minyak panas, sehingga dapat mengembang secara optimal. Kalian bisa meniru teknik menggoreng para pedagangnya, dengan membolak-balikkan dan agak ditekan-tekan tahunya di atas minyak yang panas. Hal itu untuk memastikan tahu tergoreng secara merata dan dapat mengembang. Kalau digoreng secara benar-benar matang, maka tahu nggak akan cepat menciut dan kempes saat sudah diangkat.

6.      Sajikan

resep tahu bulat kecap

source: @yantiliaw

Setelah matang, tinggal kalian sajikan dengan dilengkapi bumbu yang disuka. Kalian bisa menikmatinya langsung dengan kecap dan irisan cabai rawit, atau mau mengikuti para pedagangnya yang menggunakan taburan bubuk barbeque, keju, atau balado. Semua balik lagi ke selera masing-masing. Nah gimana, mudah dan simpel kan cara dan resep tahu bulatnya? Selamat mencoba ya!