Foodies Guide To F&B Industry

Photo by hillshiresnacking

Alasan Sehatnya Snacking Time Setiap Hari

February 20, 20205 min readHealthy Foodie

Saat sedang diet, kita cenderung menghilangkan snacking time sepanjang hari demi menurunkan berat badan. Padahal, cara tersebut tidak tepat lho. Sehatnya snacking atau ngemil justru mendukung niat kita menurunkan berat badan. Saat kita dengan sengaja tidak ngemil, itu justru akan membuat berat badan kita bertambah.

Tapi memang ada aturan tersendiri jika kita ingin snacking tiap hari. Salah satunya adalah memilih snack sehat, menjaga porsi snack, dan tahu kapan waktu yang tepat untuk snacking.

Buat yang masih ragu buat ngemil, simak deh beberapa alasan sehatnya snacking time setiap hari berikut ini.

1. Mencegah Kita Makan Berlebihan

Photo source: Diane 555 - Getty Images

Sesi ngemil sepanjang hari akan membantu kita merasa tidak terlalu lapar di sela-sela sesi makan besar. Saat kita terlalu lapar, kita akan cenderung makan berlebihan yang akhirnya membuat berat badan naik drastis. Jadi jika kalian merasa lapar di beberapa jam sebelum makan besar, jangan tunda untuk ngemil. Sah-sah saja kok untuk snacking, yang terpenting, pilih cemilan sehat. Kalian bisa mencoba untuk mengombinasikan snack yang kaya karbohidrat, seperti whole grains, buah, atau sayur, dengan cemilan berprotein tinggi, seperti kacang-kacangan atau produk susu dan turunannya.

2. Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil

Photo source: jillianmichaels

Sehatnya snacking akan sangat dirasakan oleh para penderita diabetes. Pasalnya, sesi ngemil akan membuat kadar gula darah kita tetap stabil sepanjang hari. Penurunan kadar gula darah yang drastis sangat tidak baik untuk tubuh karena dapat menyebabkan resistensi insulin, diabetes tipe 2, obesitas, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

3. Memberikan Nutrisi untuk Tubuh

Photo source: popsugar

Selama kita memilih cemilan yang sehat, snacking juga dapat membantu memberikan asupan nutrisi untuk tubuh kita. Namun, ngemil snack yang tidak sehat sesekali pun tidak akan menjadi masalah kok, asalkan kalian lebih sering memilih snack sehat seperti buah, sayuran, whole grains, susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan seeds sebagai cemilan.

4. Ngemil Bisa Bikin Kurus

sehatnya snacking

Photo source: nbcnews

Alasan yang satu ini mungkin terdengar kontradiktif, tapi nyatanya memang benar, sehatnya snacking bisa membantu kita menurunkan berat badan. Ini bisa terjadi saat kita mengubah pola makan kita. Jika biasanya kita makan 3 kali sehari dalam porsi yang cukup besar, kita bisa mengubah frekuensi makan jadi beberapa kali, namun dalam porsi yang kecil. Hal ini membuat jumlah asupan makanan konsisten dan bikin kita nggak overeating.

5. Menekan Rasa Lapar

sehatnya snacking

Photo source: timesofindia

Seperti yang sudah kita tahu, kadar gula darah biasanya turun sekitar 3-5 jam setelah makan. Nah, ngemil sepanjang hari bisa meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh dan menjaga kestabilan gula darah. Jika kita menahan lapar, ini akan membuat proses metabolisme berjalan lebih lambat dan bikin berat badan lebih mudah naik. Tubuh kita butuh cemilan seperti buah, sayur, kacang-kacangan, susu low-fat, atau whole grains yang kaya nutrisi, dan sebaiknya, hindari cemilan manis

6. Ngemil Membuat Mood Lebih Baik dan Jadi Brain Boosters

sehatnya snacking

Photo source: tessafanshawe

Snack itu ibarat bahan bakar. Snack yang tidak sehat, seperti permen atau cemilan manis layaknya bahan bakar yang mudah panas dan mudah terbakar dengan cepat. Makanan-makanan tersebut memberikan tubuh kita lonjakan energi yang membuat kita berujung pada kondisi yang lebih buruk, seperti makin lapar, cranky, ngantuk, dan sulit berkonsentrasi.

Lain halnya dengan snack sehat yang diibaratkan sebagai bahan bakar yang butuh waktu lama untuk terbakar, sehingga membuat kita tetap terjaga sepanjang hari. Saat memilih cemilan sehat, sesi snacking justru bisa mengusir kantuk. Cemilan berprotein, seperti ikan, susu, daging, telur, keju, atau tahu bahkan bisa menjadi mental booster karena mengandung asam amino yang meningkatkan produksi neurotransmiter, pengatur konsentrasi dan kewaspadaan di otak.

Tips Agar Sehatnya Snacking Bisa Kita Rasakan

sehatnya snacking

Photo source: cspdailynews

Proses memilih cemilan itu sangat penting agar manfaat sehatnya snacking bisa kita rasakan. Kuncinya, pilih snack yang tepat, ngemil di waktu yang tepat, dan awasi porsi cemilan yang kita makan. Agar tidak salah langkah, simak yuk penjelasan lengkapnya berikut ini.

A. Pilih Cemilan Padat Nutrisi

Cemilan seperti buah dan sayuran dapat membantu kadar gula darah tetap stabil. Lebih baik, hindari makanan yang terbuat dari tepung dan gula yang bisa meningkatkan gula darah secara drastis .

B. Hitung Kalorinya

Pastikan kalori cemilan yang kalian konsumsi mengandung sekitar 150 – 200 kalori. Untuk itu, kalian harus rajin membaca catatan dalam kemasan snack. Sebaiknya, hindari ngemil langsung dari kemasan snack, tapi bagilah snack menjadi beberapa porsi. Dengan belajar membagi porsi, kita bisa mengontrol kalori yang masuk ke dalam tubuh, dan ini jelas bisa membantu kita menurunkan berat badan.

C. Waktu Snacking Adalah Segalanya

Kita bisa memulai hari dengan sarapan yang bergizi. Lalu sesi ngemil pertama bisa dilakukan sekitar jam 10 pagi. Selanjutnya, kita bisa makan siang antara pukul 12 sampai 1 siang. Lalu ngemil lagi di jam setengah 3 sampai setengah 4 sore. Sebaiknya makan malamlah sebelum pukul 6 sore. Jika ingin snacking di malam hari, pilih yang sehat, dan hindari cemilan berlemak.

D. Pilih Lokasi untuk Ngemil

Kita harus mindful selama ngemil. Jadi hindari ngemil sambil nonton tv atau kerja karena ini akan membuat kita ngemil berlebihan. Sebaiknya ngemillah di tempat yang tenang, di mana kita bisa duduk nyaman, mengunyah makanan dengan mindful, dan menikmati sehatnya snacking yang sesungguhnya.

Terbukti bukan, sehatnya snacking ternyata benar-benar bermanfaat buat tubuh kita? Yuk mulai biasakan snacking setiap hari.

Related Articles

Connect with Nibble