Tips & Tricks

7 Alat Masak yang Wajib Dimiliki Anak Kost. Checklist Yuk!

by Kristal Pancarwengi | April 15, 2021

7 Alat Masak yang Wajib Dimiliki Anak Kost. Checklist Yuk!
Kalian anak kost yang lagi berusaha keras berhemat? Coba mulai dengan memasak sendiri. Selain bisa menekan bujet bulanan, masak sendiri juga lebih terjamin sehat dan higienis karena kalian tahu sendiri prosesnya. Untuk itu, kalian mesti punya alat masak yang proper nih biar bisa menghasilkan sajian-sajian favorit. Alat masak anak kost gak harus selengkap seperti yang dipunyai ibu-ibu di rumah, kok. Asal kreatif, kalian bahkan bisa memanfaatkan satu piranti masak buat berbagai macam proses memasak. Nah, berikut daftar perabot dapur yang wajib dimiliki anak kost.
  1. Rice cooker

Rice cooker adalah alat masak pertama yang wajib banget dipunyai setiap anak kost. Gak cuma buat menanak nasi, rice cooker juga bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan memasak lho. Mulai dari menumis, membuat sayur, menggoreng, sampai baking, semua bisa kalian lakukan dengan rice cooker! Di internet ada banyak banget ide memasak praktis dengan rice cooker yang bisa kalian coba. Jadi, kalian gak perlu khawatir kehabisan ide nantinya. Pastikan kalian sudah punya alat masak serbaguna yang satu ini, ya.  
  1. Panci

Setelah rice cooker, anak kost yang pengen berhemat juga kudu punya panci nih. Alat masak yang satu ini nantinya bisa kalian fungsikan untuk memasak sajian-sajian yang sederhana, misalnya mie instan. Ingat, pilih jenis panci dengan handle karet yang bisa dipakai untuk memasak macam-macam, ya.
  1. Panci listrik

Panci listrik juga termasuk jenis alat masak listrik yang gak boleh kalian lewatkan. Perabot ini bisa kalian manfaatkan untuk banyak hal, mulai dari memasak air hingga membuat mi instan. Panci listrik ini biasanya jadi andalan tiap anak kost karena kepraktisannya, lho. Tinggal colok di stop kontak dan tunggu beberapa menit, masakan pun matang.
  1. Kulkas mini

Sering bingung menyimpan bahan makanan yang gak awet berada dalam suhu ruang? Artinya kalian butuh kulkas. Nah, kulkas mini bisa jadi alternatif oke buat anak kost sepertimu yang belum mampu membeli kulkas berukuran besar. Selain harganya lebih murah, kulkas mini juga membutuhkan daya yang kecil. Fungsinya juga kurang lebih sama seperti kulkas biasa, kok. Kalian bisa memanfaatkannya untuk menyimpan bahan makanan, minuman, atau bahkan skincare sekalipun. Asyik banget, kan?
  1. Kompor listrik

Hayo, siapa yang hobi masak tapi malas berurusan dengan bongkar pasang tabung gasnya? Kalau begitu, kompor listrik bisa jadi solusi. Namanya juga kompor listrik, artinya kalian nggak butuh gas untuk memakainya. Tapi perlu diingat nih kalau kompor listrik ini butuh watt yang cukup besar. Jadi, konsultasikan dulu sama pemilik kost biar gak terjadi insiden listrik anjlok ya!
  1. Cobek dan ulekan

Cobek dan ulekannya masuk dalam daftar alat masak yang wajib dipunya setiap anak kost. Gak cuma dipakai buat bikin sambal, cobek dan ulekan juga penting untuk menghaluskan bumbu tumis. Bumbu yang dihaluskan manual pastinya lebih sedap dibandingkan dengan yang diblender, kan?
  1. Pisau dan talenan

Yang terakhir kalian wajib punya pisau beserta talenannya. Bayangkan kalian sudah punya alat masak lengkap dengan bahan-bahannya. Eh, ternyata pisau saja gak ada. Dipastikan kalian bakal gagal eksekusi dapur. Hihi... Jadi, pastikan kalian punya pisau dan talenan, ya! Bila perlu, beli juga gunting untuk memotong bungkus produk atau sesuatu yang gak bisa dipotong dengan pisau. Nah, Nibblers, itu dia beberapa alat masak yang wajib dimiliki anak kost. Kira-kira mana saja nih yang sudah kalian punya? Checklist yuk biar aktivitas memasakmu makin seru!