Nibble'S Guide

10 Bakso di Bandung Paling Kenyal dan Bikin Ketagihan

by Danang Lukmana | September 09, 2021

10 Bakso di Bandung Paling Kenyal dan Bikin Ketagihan
Bukan perkara sulit menemukan tempat makan bakso di Bandung yang rasanya nikmat. Cuaca Kota Kembang yang sejuk dingin saat hujan atau malam hari rasanya menjadikan ngebakso jadi salah satu pilihan yang pas. Sajian bola-bola daging ini akan semakin sedap dengan siraman kuah kaldu yang gurih bikin nagih. Simak yuk pilihan tempat makan bakso di Bandung yang rasanya paling juara.

1.      Mie Bakso Akung

Terkenal dengan porsinya yang lumayan banyak, Mie Bakso Akung jadi salah satu kedai bakso paling laris di Kota Kembang. Mie yang disajikan di sini sangat lembut dan kenyal, apalagi dipadu dengan bakso serta kuah gurihnya. Selain bakso, menu andalan lainnya adalah mie yamin dengan topping daging ayam yang gak kalah lezat rasanya.

Source: @mdnfoodstory

Alamat: Jl. Lodaya No.123, Burangrang, Kec. Lengkong, Kota Bandung.

2.      Bakso Rusuk Samanhudi

Lokasinya yang ada di daerah Dago membuat kedai Bakso Rusuk Samanhudi selalu ramai oleh pengunjung. Di sini menyajikan menu bakso urat, telor, urat tanggung, rudal, dan mercon buat kamu yang suka masakan pedas. Nah, yang paling juara kalau ke sini adalah rusuk sebagai tambahan menu utamanya. Makin mantap deh!

Source: @menumakanenak

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.342b, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

3.      Bakso Enggal Malang

Pilihan berikutnya yang juga tersohor di Bandung adalah Bakso Enggal Malang. Di sini kamu dipersilakan mengambil dan memilih menu baksonya sendiri sesuai selera. Kamu juga bebas mengambil kuah kaldu sendiri, lho. Pilihan bakso yang ditawarkan cukup banyak, mulai dari bakso halus sampai bakso urat. Seperti halnya bakso Malang, tersedia pilihan gorengan seperti pangsit goreng, lumpia, bakso goreng, dan siomay goreng.

Source: @mymom_lenaningsih

Alamat:
  • Burangrang No.12, Burangrang, Kec. Lengkong, Kota Bandung.
  • Dr. Djunjunan No. 61, Pasteur, Bandung.

4.      Bakso Cuanki dan Batagor Serayu

Banyak yang bilang kata ‘cuanki’ adalah singkatan dari ‘cari uang jalan kaki’, soalnya usaha ini berawal dari gerobak keliling. Dalam satu mangkuk, lengkap berisi kuah kaldu bening, pangsit rebus, pangsit goreng, bakso rebus dan goreng. Gak lupa juga dengan isian tahu putih dan tahu aci di dalamnya. Bukan hanya menu bakso cuanki saja tapi juga ada batagor yang gak kalah enak dan seger kuahnya.

Source: @miss_kuliner

Alamat: Jl. Serayu Nomor 2, Cihapit, Bandung.

5.      Bakso So’un & Mie Ayam Lodaya

Sebetulnya Bakso So'un & Mie Ayam Lodaya ini bukan berlokasi di Jalan Lodaya. Tapi karena cabang pertamanya ada di jalan tersebut, makanya nama "Lodaya"-nya masih dipakai sampai kini. Seperti namanya, di sini baksonya dilengkapi dengan soun bukannya bihun ataupun mie kuning. Kalau bosan dengan bakso, tinggal pilih saja mie ayam yang juga tersedia.

Source: @duniakulinerbdg

Alamat: Jl. Veteran No.3, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

6.      Bakso Mantep Gunung Giri Solo

Berikutnya pilihan yang gak kalah mantap sesuai namanya adalah Bakso Mantep Gunung Giri Solo. Tempat makan ini menyajikan bakso berukuran besar/sedang dan kecil dengan kuah yang gurih. Semakin mantap lagi dengan tambahan tahu, tetelan dan kacang atom atau pilus. Pilihan mienya ada mie kuning dan putih.

Source: @mftravelling

Alamat:  Jl. Aceh No.22A, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

7.      Mie Baso Bintang Avon

Salah satu pilihan tempat makan bakso yang cukup legend di Bandung adalah Mie Baso Bintang Avon. Kalau di sini juaranya adalah mie yaminnya yang porsinya cukup besar dan bikin kenyang. Apalagi ditaburi ayam, daun bawang dan bawang goreng, wah mantap. Kamu juga bisa pesan tambahan lainnya seperti, pangsit, babat, ceker, tahu, siomay.

Source: @nessy_layla

Alamat: Jl. Jendral Ahmad Yani No.29 A, Bandung.

8.      Bakso Rudal Anggrek

Sudah berdiri sejak tahun 1992, Bakso Rudal yang berlokasi di Jalan Anggrek ini tetap terjaga kualitas rasanya. Tempat ngebakso ini menyajikan bakso dengan isian daging dan urat sapi cincang dari yang ukurannya standar hingga jumbo. Selain bakso biasa, Mie Baso Rudal Anggrek juga menyajikan bakso yamin.

Source: @baksoclubid

Alamat: Jl. Anggrek No.69, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

9.      Baso Arief

Meskipun sederhana saja, tapi pelanggan dari Baso Arief sangatlah banyak dan setia. Pelanggannya banyak karena memang ada banyak jenis bakso yang bisa dicicipi di sini. Mulai dari bakso jamur, bakso urat, bakso keju, hingga bakso goreng. Bakso kejunya juga ada yang direbus, ada yang digoreng dan yang digoreng itu merupakan incaran utama para pelanggan setianya.

Source: @lets.go.eat

Alamat: Jl. Wira Angun Angun No.20 RT.02, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

10.  Bakso Semar

Pilihan yang terakhir adalah Bakso Semar yang buka24 jam. Jadi kamu bisa makan di sini kapan saja sepanjang hari. Salah satu menu istimewa di sini adalah bakso dengan tulang rusuk sapi. Ada sensasi tersendiri saat menikmati tulang dengan irisan daging yang masih menempel, apalagi sambil menikmati kuah panasnya yang gurih.

Source: @the.lucky.belly

Alamat: Jl. Cihampelas No.68, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung. Nah itu dia pilihan tempat makan bakso di Bakso yang paling recommended di Bandung. Yuk kulineran dan ngebakso di kota yang dijuluki Parisnya Pulau Jawa ini!