Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Istockphoto

5 Pilihan Buah Pencuci Mulut yang Segar Usai Makan

July 14, 20214 min readHealthy Foodie

Buah pencuci mulut setelah makan sering jadi perdebatan di masyarakat terkait pola makan yang sehat. Memakan buah setelah makan dinilai akan sia-sia, karena dainggap nggak akan terserap optimal kandungan nutrisi di dalamnya. Bahkan banyak ahli gizi menyarankan untuk makan buah sebelum makan berat.

Akan tetapi, secara turun-temurun kita sudah terbiasa menikmati segarnya buah sebagai penutup setelah makan berat. Terlebih kesegaran di dalam buah bisa sebagai pencuci mulut yang ideal. Tapi tenang saja, melansir Healthline, makan buah setelah makan nggak berpengaruh banyak kok pada kehilangan nutrisi di dalamnya. Tubuh kita sudah didesain untuk siap menyerap kandungan nutrisi dalam buah-buahan, baik sebelum maupun sesudah makan.

Oleh karena itu, nih Nibble beri kalian rekomendasi buah pencuci mulut apa saja yang cocok dinikmati setelah makan.

Pilihan Buah Pencuci Mulut

Hampir semua buah memiliki kandungan nutrisi, mineral, air, dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, pilihan buah-buahan yang pas dan cocok digunakan sebagai pencuci mulut adalah yang memiliki kandungan air cukup tinggi sehingga segar di mulut.

Dari bermacam jenis buah yang ada, berikut rekomendasinya.

1.      Buah Semangka Segar Pencuci Mulut

Buah dengan kulit hijau keras dan daging dalam yang berair, umumnya berwarna merah, memang sudah sering digunakan sebagai menu penutup hidangan. Bernama Inggris watermelon, buah ini memang terkenal akan kandungan airnya yang banyak. Jadi pas dan sangat segar untuk membersihkan dinding mulut setelah makan-makanan yang gurih dan berminyak.

source: istockphoto

Kalian bisa langsung menikmati buah semangka secara langsung karena sudah sangat menyegarkan. Tapi bisa juga dikreasikan sebagai sorbet atau dibuat jus.

Selain kandungan airnya yang tinggi untuk menghidrasi tubuh, buah ini juga punya manfaat kesehatan. Salah satunya adalah kandungan  karotenoid yang bisa mencegah pengerasan dinding arteri jantung dan vena.

2.      Melon Buah yang Segar dan Manis Alami

Saudara semangka dari suku labu-labuan atau Cucurbitaceae, juga sama memiliki kandungan air yang tinggi sehingga cocok dijadikan pencuci mulut. Selain kandungan airnya yang tinggi, buah melon juga memiliki rasa manis alami yang pastinya menyegarkan mulut sehabis makan. Kalian bisa menikmatinya langsung dengan dipotong-potong, dibuat jus, maupun dijadikan salad buah.

source: istockphoto

Selain segar tentunya melon juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh kalian. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam melon termasuk kalium, asam folat, protein, beta-karoten, dan magnesium. Melon juga merupakan satu di antara sumber vitamin, seperti vitamin A, C, E, dan K.  Memperbanyak konsumsi melon sangat disarankan bagi kalian yang ingin menjalani pola hidup sehat.

3.      Kiwi Termasuk Buah Superfood Menyehatkan

Buah yang berasal dari Tiongkok dan populer di Selandia Baru ini masuk dalam kategori superfood lho. Kiwi punya rasa asam segar dengan kandungan air yang cukup tinggi sehingga cocok membersihkan mulut setelah makan. Bisa disantap langsung, dibuat salad buah, maupun dijadikan topping buah dalam cake dessert menjadi cara menikmati buah segar ini.

source: istockphoto

Kandungan nutrisi yang paling menonjol dari buah ini adalah vitamin C yang sangat tinggi. Sehingga sangat cocok untuk kalian yang ingin meningkatkan imun tubuh. Serat di dalamnya juga tinggi untuk melancarkan pencernaan.

4.      Buah Pepaya Sebagai Pencuci Mulut dan Melancarkan Pencernaan

Buah pepaya yang lazim tumbuh di daerah tropis ini juga sangat cocok dijadikan pencuci mulut setelah makan. Rasanya yang manis segar dengan tekstur lunak, membuatnya nyaman untuk dikunyah dan diterima saluran cerna kita. Paling enak makan buah ini secara langsung agar lebih mendapat sensasi rasa dan teksturnya.

source: istockphoto

Daging buahnya yang berwarna oranye cerah ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh.Seperti contohnya vitamin C, A, B1, B5, B3, K, E, serat, kalsium, folat, magnesium, dan asam folat. Kandungan vitamin E, C, dan A pada buah pepaya mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh di kala pandemi seperti sekarang Kandungan serat dan enzim papainnya dikenal mampu melancarkan BAB dan merawat saluran pencernaan.

5.      Buah Naga yang Segar Berair

Kulit buahnya yang seolah membentuk naga dalam mitologi Tiongkok, memang jadi ciri khas buah yang berasal dari Meksiko ini. Terdapat dua pilihan warna daging yang umum, yakni merah dan putih dengan biji-biji kecil berwarna hitam di dalamnya yang bisa dimakan. Rasanya sangat segar dengan kandungan air yang tinggi sehingga cocok untuk dijadikan pencuci mulut dan salad buah.

source: pexels

Buah naga dikenal rendah kalori namun tinggi nutrisi seperti vitamin B dan C, fosfor, protein, kalsium, serat, captin, dan antioksidan. Ia bermanfaat dalam mendukung program diet dan detoksifikasi tubuh. Kandungan air dan seratnya yang tinggi bisa melancarkan BAB dan mengeluarkan racun-racun dari tubuh.

Nah, itu dia Nibblers 5 pilihan buah pencuci mulut yang bisa jadi rekomendasi kalian. Jangan khawatir akan kehilangan nutrisinya, baik makan buah sebelum dan sesudah makan berat sama bagusnya, kok.

Related Articles

Connect with Nibble