Healthy Foodie

Awas! Salad Buah Bikin Gemuk Kalau Pakai Bahan Ini

by Danang Lukmana | July 06, 2021

Awas! Salad Buah Bikin Gemuk Kalau Pakai Bahan Ini
Nibblers, tahu nggak salad buah bikin gemuk lho kalau kalian menggunakan bahan-bahan yang salah. Sayangnya bahan-bahan tersebut sangat umum digunakan dalam meracik salad baik dalam salad buah maupun sayur. Salad buah memang merupakan pilihan kudapan sehat yang bisa mendukung program diet kalian. Namun, ternyata nggak semua pilihan bahan dalam salad buah tersebut menyehatkan dan mendukung program diet lho. Meskipun bahan utamanya adalah buah-buahan yang mengandung berbagai nutrisi, ternyata beberapa bahan lain yang ada dalam salad justru berkebalikan dan membuat kalian malah bertambah gemuk. Bahan dalam salad buah yang justru bikin kalian gemuk umumnya berasal dari bahan-bahan tambahannya. Nah, apa saja sih bahan-bahan tambahan yang bikin kalian gagal diet tersebut? Yuk simak penjelasannya di bawah ini ya.

Bahan Salad Buah yang Justru Bikin Gemuk

source: pexels

Tips menurunkan berat badan sebetulnya sederhana kok, cukup kurangi saja asupan makanan yang tinggi kandungan gula dan lemaknya. Tanpa sadar, untuk bikin salad buah menjadi lebih enak, kita malah menambahkan bahan tinggi gula dan lemak tersebut. Ketika bahan-bahan tersebut dicampur menjadi satu, kandungan serat yang ada pada buah-buahannya jadi nggak bekerja secara maksimal. Bukannya mensukseskan diet, bahan dalam olahan salad buah di bawah ini malah akan membuat kalian tambah gemuk.

1.      Susu Kental Manis

source: istockphoto

Sering banget kita jumpai salad buah yang menambahkan susu kental manis di dalamnya untuk membuat rasanya manis legit berselera. Padahal, dikutip dari Healthline, susu kental manis mengandung jauh lebih banyak gula dibanding manfaat susunya sendiri. Bayangkan saja, satu takaran sendok makan susu kental manis atau sekitar 30 ml mempunyai lebih dari 15 gram kandungan gula. Sedangkan susu biasa saja cuma mengandung gak lebih dari 3 gram gula. Selain itu, juga dalam satu takarannya sudah mengandung 90 kalori. Cukup tinggi untuk sekedar bahan tambahan suatu sajian kudapan.

2.      Keju Parut

salad buah bikin gemuk pake keju parut

source: istockphoto

Selain susu kental manis, sering juga dijumpai salad buah yang ditambahkan parutan keju di dalamnya. Sejatinya keju bukanlah bahan makanan yang buruk untuk topping salad karena mengandung tinggi kalsium dan protein. Masalahnya ada pada takaran kejunya itu sendiri. Jika kalian ingin hasil diet yang maksimal, mulailah dengan kurangi takaran dalam penambahan parutan keju sebagai topping salad. Keju mengandung 150 kalori dan tinggi juga kandungan lemak jenuhnya.

3.      Cream Cheese

source: istockphoto

Pilihan olahan keju lainnya yang digunakan sebagai topping salad adalah keju krim atau cream cheese. Bahan ini dibuat dari susu dan krim yang dipanaskan dalam proses pasteurisasi lalu ditambahkan asam laktat yang membuat rasanya sedikit asam. Dua sendok makan cream cheese menghasilkan 99 kalori serta memiliki kadar lemak jenuh yang terbilang cukup tinggi. Kalau ingin menurunkan berat badan, kalian mungkin harus mengurangi takarannya atau bahkan lewatkan saja bahan yang satu ini sebagai campuran salad buah.

4.      Mayones

source: istockphoto

Mayones sebetulnya nggak begitu buruk kok untuk digunakan, mengingat kandungan nutrisi beragam yang dimilikinya, seperti vitamin E dan K. Tapi memang banyak anggapan kalau mayones adalah pilihan dressing salad yang termasuk paling buruk. Dalam satu sendok makannya mengandung sekitar 90 kalori dan 10 gram lemak yang disebabkan oleh minyak yang menjadi bahan pembuatannya. Mayones juga mengandung hampir 50% kebutuhan sodium harian yang dibutuhkan tubuh. Bahan makanan ini cukup menggemukkan hanya untuk sekedar tambahan. Karena itu, konsumsi mayones berlebihan tentu nggak disarankan untuk kalian yang sedang diet rendah kalori. Gantilah dengan pilihan bahan lain yang lebih rendah kalori.

5.      Buah Kalengan

source: pixabay

Buah kalengan memang praktis. Namun, menambahkannya pada salad buah juga bisa bikin cepat gemuk lho. Buah kalengan diberi gula tambahan untuk membuat rasanya lebih manis. Selain itu, terkadang buah seperti cherry dalam kaleng juga ditambahkan pewarna buatan saat proses produksi. Dengan kombinasi gula, lemak dan kalori di dalamnya, campuran bahan-bahan di atas untuk salad buah, tentu nggak efektif bagi kalian yang menjalani program diet. Kombinasikan saja bahan-bahan makanan yang segar dan mudah dicerna supaya salad buah nggak bikin gemuk.